Arung Jeram dan Bagaimana Anda Menikmatinya

Apa itu Arung Jeram? Apa yang membedakan Arung Jeram dengan olahraga air yang lain? Banyak yang masih bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Tentu jika Anda tertarik untuk mencoba Arung Jeram, Anda terlebih dahulu harus mengetahui informasi mengenai olahraga ini. Jangan khawatir jika Anda masih belum mengetahui apapun mengenai olahraga air ternama satu ini. Santai sejenak dan mulailah membaca.

Satu hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda ketika seseorang menyebut Arung Jeram adalah adrenalin. Mengapa adrenalin? Karena olahraga air satu ini memang cocok untuk Anda yang gemar menantang nyali, dimana Anda akan beradu dengan derasnya arus sungai yang harus ditaklukan.

Arung Jeram/Rafting adalah kegiatan olahraga rekreasi yang memadukan petualangan, kekompakan tim, dan edukasi dengan cara menavigasi arus sungai yang deras dan jeram. Aktifitas yang dikenal dengan bahasa kerennya rafting ini cukup beresiko, namun jika Anda mengikuti ketentuan yang diberikan pemandu dan menggunakan pelindung tubuh dengan baik maka akan aman dilakukan. Selain dibutuhkan nyali, rafting juga membutuhkan kondisi fisik yang fit atau prima.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Rafting

Untuk mengarungi alur sungai yang jeram, dibutuhkan media seperti boat karet, kayak, dayung, dan kano. Sebagian besar terbuat dari karet tebal dan keras sehingga tidak mudah pecah. Jumlah dayung yang menempel pada rakit tergantung pada seberapa besar dan berapa banyak orang yang bisa muat di dalamnya. Orang-orang yang melakukan perjalanan menyusuri arus sungai ini harus memakai alat pelindung seperti rompi pelampung dan helm.

Arung Jeram Sungai Serayu Banjarnegara

Dimana Anda bisa menikmati olahraga Arung Jeram?

Ada banyak destinasi Arung Jeram di Indonesia yang patut anda coba. Berikut daftar sungai yang direkomendasikan untuk spot rafting bagi pemula ataupun profesional.

  1. Sungai Progo
    Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Tengah, Jogja dan sekitarnya, Anda patut mencoba jeramnya Sungai Progo. Sementara sungai ini terbagi menjadi 2 bagian, Progo atas dan Progo bawah. Sungai Progo atas memiliki grade III yang reltif aman dan cocok untuk yang baru pernah mencicipi Arung Jeram. Sungai Progo bawah memiliki grade V yang memang ditujukan bagi profesional atau mereka yang sudah berpengalaman.
    Untuk lokasi sungai ini terdapat di dekat obyek wisata Candi Borobudur.
  1. Sungai Pekalen
    Sungai ini berada di pegunungan dan memiliki jeram pada grade III-V. Untuk rute pengarungan mempunyai jarak sejauh 29 km yang meliputi 3 area yakni Pekalen Atas, Pekalen Tengah, dan Pekalen Bawah. Lokasinya berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
  1. Sungai Ayung
    Lokasi yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Sungai ini memiliki jalur pengarungan sepanjang 12 km yang kurang lebih bisa ditempuh salam 2 jam. Lokasinya berada di daerah Ubud, Bali. Terkenal dengan pesona keindahannya, sungai Ayung menyuguhkan pemAndangan berupa ukiran batu sepanjang trek dan air terjun kecil.

Masih banyak tempat yang patut Anda coba untuk olahraga Arung Jeram. Apalagi di Indonesia yang memiliki banyak kekayaan dan keindahan alam. Yang terpenting adalah tetap berhati-hati dan enjoy!

Leave a Reply