Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Menjadi mahasiswa memang jadi impian banyak orang setelah lulus SMA. Apalagi jika kamu bisa menjadi mahasiswa lantaran mendapat beasiswa. Tentu saja kamu akan senang dan gembira, dan akan lebih senang lagi jika beasiswa yang kamu dapat adalah beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Sudah pasti kamu akan senang bukan kepalang dan orang tua mu akan bangga mempunyai anak sepertimu.

Namun, sebelum kamu mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, kami akan memberikan beberapa tips untuk membantumu mendapatkan peluang menjadi mahasiswa luar negeri semakin besar. Sehingga impian kamu selama ini bisa segera kamu dapatkan.

1. Harus Yakin

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan adalah kamu harus yakin bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Yakin adalah modal awal yang akan membuat kamu teguh dan tidak goyah di terjang segala hadangan dan rintangan yang menghambat jalan mu mendapatkan beasiswa.

Kamu harus buang jauh-jauh perasaan ragu dan rasa rendah diri. Katakan pada dirimu bahwa kamu pantas mendapat beasiswa. Dengan memiliki keyakinan, maka segala langkahmu akan terasa lebih mudah karena tidak ada tekanan sama sekali.

2. Tentukan Universitas

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menentukan universitas dan jurusan apa yang akan kamu ambil. Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah memilih jurusan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginanmu.

Kamu juga bisa konsultasi kepada orang tua atau kawanmu. Kamu minta jejak pendapat dari mereka semua, dan pendapat mereka bisa kamu jadikan sebagai landasan pertimbangan dalam memilih dan menentukan jurusan perkuliahan nantinya.

3. Melengkapi Persyaratan

Hal berikutnya adalah melengkapi berkas persyaratan. Kamu harus melengkapi dokumen-dokumen penting yang menjadi persyaratan dalam pengajuan beasiswa. Secara umum, beberapa persyaratan dalam pengajuan beasiswa adalah CV, surat referensi, motivation letter, dan lain-lain. Dokumen tersebut menjadi yang paling penting dalam pengajuan beasiswa ke luar negeri.

Dokumen motivation letter berisi tentang cara kamu dalam meyakinkan pihak penyedia beasiswa bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa. Kamu harus pandai merangkai kata dan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar untuk membuat kalimat yang mampu meyakinkan pihak penyelenggara beasiswa. Dengan membuat motivation letter yang menarik dan memikat perhatian pihak penyelenggara tentu saja kamu akan memiliki peluang besar mendapatkan beasiswa tersebut.

4. Kirim Pengajuan

Setelah semua dokumen kamu lengkapi, langkah selanjutnya yaitu mengirim pengajuan beasiswa pada lembaga yang berwenang. Ada banyak sekai lembaga-lembaga baik berasal dari pemerintah maupun swasta yang membuka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Kamu bisa pilih salah satu yang menurutmu paling sesuai dengan keinginanmu.

Atau kamu bisa kirim dokumen-dokumen tersebut kepada semua lembaga beasiswa dengan harapan salah satu bisa diterima. Yang terpenting setelah kamu melengkapi segala dokumen persyaratan maka kamu harus segera mengirimkan pengajuan beasiswa tersebut.

5. Mengikuti Seleksi

Sebelum ada informasi dari lembaga tersebut apakah kamu di terima dan masuk ketahapan berikutnya, hal yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian dan tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Kamu harus belajar dengan serius agar bisa lolos tahap seleksi dan tes tersebut. Pelajari semua hal yang berkaitan dengan tes tersebut. Memang kamu tidak mengetahui dengan pasti apa yang akan di ujikan ketika seleksi nanti. Namun kamu masih bisa mencari tahu apa saja sekiranya yang bakal di tes ketika seleksi nanti melalui internet.

Kamu bisa mencari di forum dan berbagai platform lain contoh soal yang pernah digunakan dalam ujian seleksi masuk beasiswa luar negeri. Bisa juga kamu bertanya kepada teman mu yang pernah mengikuti seleksi, sehingga waktu seleksi kamu sudah siap untuk mengerjakan semua soal yang diberikan pihak penguji.

Nah itulah beberapa tips agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Memang untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri tidaklah gampang. Meski begitu, tidak ada hal yang mustahil di dunia ini jika kamu serius mencobanya. Jadi, tetap semangat dan jika gagal coba lagi tahun berikutnya.

Leave a Reply