Cara Membuat Sabun Cair Cuci Piring

Cara membuat sabun cair cuci piring bisa kita temukan dengan mudah ketika kita mencarinya di situs pencarian online. Sabun cuci piring menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi wanita atau kaum ibu rumah tangga. Ibu-ibu rumah tangga memang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan mencuci piring setiap harinya.

Anda akan bisa mencuci piring dengan cepat dan bersih apabila anda menggunakan sabun cuci piring yang tepat. Sayangnya beberapa sabun cuci piring dijual dengan harga yang mahal. Penggunaan yang sering tentu membuat anda harus selalu membeli sabun cuci piring yang baru.

Kini anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menghemat lebih banyak uang anda dengan membuat sabun untuk cuci piring sendiri di rumah. Anda bisa mencoba membuat sabun dari buah lerak. Bagaimana cara membuatnya?

Siapkan Bahan untuk Sabun Cuci Piring

Cara membuat sabun cair cuci piring dari buah lerak sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Anda tentu perlu menyiapkan terlebih dahulu buah leraknya. Buah lerak dipakai karena bahan ini sangat ramah lingkungan.

Dimana anda bisa mendapatkan buah lerak? Buah lerak bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional. Berapa banyak buah lerak yang anda butuhkan untuk membuat sabun cuci piring? Anda hanya perlu menggunakan 50 gram buah lerak atau anda perlu membeli 6 sampai dengan 7 buah lerak. Buah lerak biasanya dijual dengan harga Rp. 5000 saja per 100 gramnya. Dengan biaya Rp. 5000 anda bisa membuat 3 botol sabun cuci piring.

Langkah Membuat Sabun Lerak

Bagaimana cara membuat sabun dari buah lerak? Cara untuk membuatnya sangat mudah. Anda perlu merebus buah lerak ini terlebih dahulu dengan air sebanyak 400ml. Anda perlu menunggu hingga airnya mendidih lalu anda harus mendinginkan terlebih dahulu. Setelah air rebusan buah lerak ini dingin, anda bisa menyaringnya dan kemudian anda bisa memasukkan ke dalam botol penyimpan sabun.

Untuk pemilihan botol sabun sebaiknya anda menggunakan jenis botol pump agar memudahkan dalam memakai sabunnya. Sabun cuci piring dari buah lerak ini sendiri tidak kental seperti sabun cuci piring yang kebanyakan dijual di pasaran.

Anda yang ingin membuat sabun cuci piring dengan tambahan aroma tentu saja bisa menambahkan dua atau tiga tetes minyak essential yang mempunyai wangi lavender, serai, lemon, jeruk dan wangi lainnya. Anda juga bisa menambahkan soda kue. Soda kue ini sangat efektif untuk membersihkan piring yang berlemak. Dengan tambahan soda kue, piring anda akan mudah bersih dan kesat.

Anda bisa mulai menggunakan sabun lerak ini untuk mencuci piring dan jangan lupa membilas sampai bersih. Ternyata sabun lerak ini tidak hanya efektif untuk mencuci piring namun bisa digunakan untuk mencuci pakaian dan membersihkan lantai rumah anda. Anda bisa mencoba sekarang juga cara membuat sabun cair cuci piring.

Leave a Reply