Jenis – Jenis Website Yang Paling Sering Digunakan

Seiring perkembangan teknologi, saat ini media online pun dimanfaatkan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan. Baik untuk bisnis atau hanya untuk tujuan sosial saja. Salah satu media teknologi yang mengalami perkembangan yang cukup besar adalah website. Bahkan, kini website memiliki beranekaragam jenis. Jenis-jenis website ini pun, ada yang familiar indra pendengaran kita dan banyak pula yang terdengar cukup asing.

Masing-masing website memiliki fungsi dan pengertiannya sendiri. Satu jenis website belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan website lainnya. Untuk itu, kamu perlu memahami pengertian website beserta dengan fungsinya masing-masing. Khususnya untuk website yang sering kamu temui atau bahkan sering kamu gunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari di dunia maya.

Namun sebenarnya, apakah kamu sering mengakses website? Jika iya, website seperti apa yang sering kamu akses dalam kegiatan berselancar di dunia maya? Lalu, apa pengertian dan fungsi dari website tersebut? Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan mengenai jenis-jenis website yang sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari tanpa sadar berikut ini.

1. Social Networking

Sosial networking adalah website yang digunakan untuk menjalin pertemanan online. Ada banyak social networking yang terus mengalami perkembangan. Dimulai dari Facebook yang berkembang sampai saat ini, Twitter, Instagram dan berbagai jenis sosial networking lainnya.

2. Search Engine

Website yang sering kita akses dan gunakan selanjutnya adalah search engine atau yang dalam Bahasa Indonesia lebih terkenal dengan nama mesin pencari. Search engine atau mesin pencari, merupakan sejenis website yang khusus dibuat untuk mengumpulkan beragam database website – website yang ada di internet.

Umumnya daftar website akan urut sesuai index data pencarian tertinggi sesuai dengan keyword atau kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencarian. Ada banyak jenis website yang masuk dalam kategori search engine ini. Beberapa jenis search engine yang sudah sangat familiar, yaitu Google Search, Bing, Yahoo Search, Duckduckgo, dan berbagai macam mesin pencari lainnya.

3. Wiki

Tak hanya sosial networking dan search engine saja yang menjadi website paling populer. Ada pula website Wiki yang sering kamu temukan ketika melakukan pencarian via search engine. Website Wiki atau yang lebih terkenal dengan nama Wikipedia merupakan salah satu jenis website yang paling terkenal untuk saat ini. Hal ini disebabkan wiki mengizinkan siapa pun untuk menulis artikel dan mengeditnya sesuka hati, asalkan sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah ditentukan.

Selain itu, wiki juga memiliki editor khusus yang bertugas untuk mengecek artikel-artikel yang di upload. Apakah artikel-artikel tersebut sesuai untuk website wiki atau tidak? Sebab saat ini wiki sering digunakan sebagai referensi utama. Namun meski memiliki banyak informasi yang menarik, sayangnya informasi dalam website ini belum tentu 100% akurat. Jadi, berhati-hatilah bila menggunakan jenis-jenis website sebagai referensi.

4. Marketplace dan Toko Online

Sesuai dengan namanya, marketplace dan toko online adalah website yang digunakan untuk berjualan secara online. Sebagai seorang pedagang online, mereka bisa memasang produk jualannya di marketplace, maupun membuat website toko online sendiri. Di Indonesia sendiri terdapat tiga marketplace besar yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

5. Crowdfunding

Website crowdfunding adalah website yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari para donatur, dimana para donatur akan mentransfer sejumlah uang ke website tersebut, kemudian uang yang terkumpul dari para donatur akan disalurkan ke lembaga atau pihak pihak yang sedang membutuhkan bantuan. Di Indonesia, website crowdfunding yang paling terkenal adalah kitabisa.com.

Leave a Reply