Keunikan Jenis Sugar Glider Yang Mirip Tupai

Banyak sekali dari jenis sugar glider atau yang memiliki Bahasa Latin petaurus breviceps ini yang bisa Anda ketahui dengan berbagai keunikannya. Sugar glider sendiri merupakan seekor hewan pengerat yang berasal dari Papua dan Australia.

Hewan ini jika dilihat memiliki kemiripan dengan tupai yang bisa melompat dari satu pohon ke pohon lainnya dengan cepat dan terlihat seperti mereka sedang beterbangan. Ukurannya yang kecil, sehingga sangat lucu ketika hewan kecil tersebut sedang berlompat-lompatan dengan gesitnya. Sugar glider diketahui adalah hewan pemakan segala atau omnivora yang menjalani aktivitasnya pada malam hari.

Apa Saja Jenis Sugar Glider?

Ada beberapa jenis sugar glider yang dapat Anda kenali, baik dari warnanya maupun dari wajahnya. Berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Sugar Glider White Face

Sugar Glider White Face
Sugar Glider White Face ( via: kuyahejo.com )

Anda dapat melihat di bagian wajahnya yang terdapat warna putih. Jenis ini memiliki kemiripan dengan sugar glider Classic Grey. Namun pada wajah sugar glider White Face lebih putih dibandingkan dengan Classic Grey.

2. Sugar Glider Classic Grey

Sugar Glider Classic Grey
Sugar Glider Classic Grey ( via: sugargliderdaily.blogspot.com )

Sugar glider Classic Grey memiliki rambut yang berwarna abu-abu gelap dan kadang-kadang juga berwarna coklat dan memiliki garis hitam dari punggung hingga kepala. Sugar glider Classic Grey pun sangat mudah untuk ditemukan dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

3. Sugar Glider Albino

Sugar Glider Albino
Sugar Glider Albino ( via: Pinterest/Naluri Nasution )

Jenis ini menjadi jenis yang sulit untuk ditemukan dan sangat langka keberadaannya. Sehingga tak heran jika harganya sangatlah mahal. Tubuh dan rambut dari sugar glider Albino adalah berwarna putih dan memiliki mata yang berwarna merah.

4. Sugar Glider Leucistic

Sugar Glider Leucistic
Sugar Glider Leucistic ( via: www.duniaq.com )

Jenis ini memiliki kemiripan dengan sugar glider jenis Albino yang berwarna putih. Yang membedakan dari keduanya adalah terletak pada matanya. Jika jenis Albino memiliki warna mata merah, sugar glider Leucistic memiliki mata berwarna hitam.

Keunikan Yang Dimiliki Sugar Glider

Apa sih yang membuat sugar glider digemari? Keunikan apa saja yang dimilikinya?

1. Tubuh yang Kecil Mungil

Sugar glider memiliki panjang tubuh yang berukuran 12 hingga 16 cm, sedangkan panjangnya dari hidung ke ekor berukuran 24 hingga 30 cm. Ukuran sugar glider jantan dan betina pun memiliki perbedaan. Di mana yang jantan memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan yang betina. Untuk yang jantan biasanya memiliki berat tubuh sekitar 140 gram, sedangkan betina memiliki berat sekitar 115 gram.

2. Mempunyai Kantong

Tidak hanya kanguru yang memiliki kantong di perutnya, sugar glider pun juga memilikinya. Kantong yang berada di perutnya berguna untuk merawat anaknya ketika masih kecil. Bahkan untuk menyusui pun dilakukan di dalam kantong tersebut.

3. Mempunyai Sayap

Yang menjadi keunikan dari hewan ini adalah adanya sayap yang akan terlihat melebar ketika sedang melakukan lompat dalam jarak yang cukup jauh.

4. Suka Bersosialisasi

Kerjasama dari hewan ini patut untuk diacungi jempol. Mereka akan saling membantu untuk mempertahankan sarang dan daerah mereka dan juga saling merawat di antara sugar glider. Bahkan mereka dapat hidup berkelompok dengan jumlah di atas 7 ekor.

Hewan nokturnal ini secara langsung memang memiliki kemiripan dengan tupai, namun tetap mereka adalah berbeda. Bahkan beberapa keunikan dari sugar glider tak dimiliki oleh tupai. Jadi, jenis sugar glider mana yang Anda pilih?

Leave a Reply