Keseruan Sandboarding Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Olahraga satu ini mirip dengan Snow Boarding, dimana Anda akan berdiri di papan dan meluncur bebas. Yang membedakan adalah Anda akan meluncur di permukaan bukit pasir bukan pegunungan yang tertutup salju. Kedua kaki Anda akan diikat ke papan, namun biasanya beberapa sandboarder menggunakan papan tanpa ikatan.

Sandboarding adalah perpaduan antara selancar, skateboard, dan snowboarding. Sandboarding masih kurang dikenal dibandingkan dengan snow boarding, salah satu faktornya karena sulitnya membangun lift ski mekanis di gundukan pasir, yang menyebabkan Anda harus berjalan atau naik kendaraan khusus untuk kembali ke puncak bukit pasir.

Sandboarding di berbagai belahan dunia

Aktivitas satu ini sudah banyak di praktekan di banyak negara, bahkan sudah cukup banyak kompetisi dan acara untuk meramaikannya seperti, Sandboarding World Championship, Sand Master Jam, Pan-American Sandboarding Chalenge, dan Sand Sports Super Show. Beberapa destinasi sandboarding di berbagai negara, seperti:

  • Sandboarding di Cape Town, Africa
  • Sandboarding di Australia (Pulau Kanguru, Australia Selatan)
  • Sandboarding di Namibia (Swakopmund dan Walvis Bay)
  • Sandboarding di Mesir (Great Sand Sea, Gurun Barat Mesir, dan masih banyak yang lainnya)
  • Sandboarding di Amerika (Sand Master Park)

Untuk di Indonesia sendiri, terdapat beberapa lokasi Sandboarding yang Anda patut coba. Di Yogyakarta, lebih tepatnya di Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya dekat dengan Pantai Parangtritis, tidak jauh dari gerbang kawasan wisata Pantai Parangtritis. Untuk penyewaan papan seluncurnya sejumlah 70.000 rupiah dan Anda bisa menggunakan sepuasnya.

Papan Sandboarding
Papan Sandboarding

Peralatan Sandboarding

Dasar papan sandboard jauh lebih sulit daripada snowboard, dan dibuat dengan bahan dasar khusus. Untuk meluncur di pasir, papan bawah sering dilebur, biasanya dengan lilin sandboard parafin. Setelah itu, bagian bawah papan memiliki tampilan yang diampelas dengan ringan. Sebagian besar medan sandboard terdiri dari kayu lapis, sedangkan full-size papan termasuk kayu, kaca serat, dan komposit plastik.

Panduan dalam bermain Sandboarding

Jika Anda ingin mencoba sandboarding, ikuti langkah berikut:

  1. Dapatkan sandboard yang cocok bagi anda dan perlengkapan pelindung yang tepat
  2. Temukan permukaan gundukan pasir yang panjang dengan tekstur yang halus di bagian kemiringannya
  3. Penting bagi Anda untuk berkenalan dengan para sandboard yang sudah berpengalaman untuk memberikan Anda tips-tips dan memandu Anda dalam bermain
  4. Lakukan seluncur dengan jarak pendek dan pelajari cara berhenti yang tepat
  5. Menurni bukit pasir di tumit Anda untuk melatih keseimbangan Anda, lakuka secara berulang-ulang
  6. Kembali lakukan steps diatas kemudian naiki bukit curam
  7. Bila Anda sudah merasa nyaman, bereksperimen dengan mencoba gerakan 360 derajat dan backflips

Dalam sandboarding, kualitas permainan tidak hanya tergantung pada dune yang curam tapi juga pada kualitas dan jenis pasir. Peralatan yang Anda gunakan juga penting.

Leave a Reply