Pengertian Animasi 3D

Di jaman sekarang ini pasti orang-orang sudah tidak asing dengan kalimat animasi 3D. Mereka biasanya mengartikan animasi 3D sebagai kartun, film, video klip dan lain-lain. Tapi, apa sih pengertian yang sebenarnya dari animasi 3D? Pasti ingin tahu kan apa pengertian animasi 3D? Yuk, simak di ulasan berikut ini ya!

Definisi Singkat dari Animasi 3D

Animasi 3D merupakan sebuah penciptaan gambar yang bergerak di dalam ruang digital 3 dimensi. Animasi 3D juga bisa disebut sebagai objek animasi yang ada di ruang 3D. Animasi 3D sendiri memiliki beberapa prinsip dalam pembuatannya seperti solid drawing, squash and stretch, anticipation, staging, slow in dan slow out, straight ahead dan pose to pose, arch, serta penentuan waktu atau timing.

Jenis-Jenis Animasi 3D

Setelah mengetahui tentang pengertian animasi 3D secara singkat, kita sebaiknya juga mengetahui tentang jenis-jenis dari animasi 3D itu sendiri. Apa saja jenis-jenisnya? Berikut ini adalah pembahasannya!

  1. Animasi Pixilasi
  2. Animasi Model
  3. Animasi Boneka
  4. Animasi 3 Dimensi Penuh
  5. Animasi 3 Dimensi & Live Shoot

Fungsi Animasi 3D

Selanjutnya yang perlu diketahui dari animasi 3D adalah fungsinya. Fungsi animasi ada beberapa yang paling utama. Di bawah ini adalah fungsi-fungsi tersebut:

1. Media Hiburan
Animasi 3D memiliki fungsi sebagai media hiburan yaitu untuk menghibur pengguna maupun penonton animasi tersebut sehingga memberikan kepuasan serta perasaan senang. Beberapa produk animasi yang digarap untuk menghibur penonton seperti film, video klip, games dan lain-lain.

2. Media Iklan
Dalam hal ini, animasi akan dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian penonton atau pengguna untuk membeli dan menggunakan produk yang diiklankan dengan animasi 3D ini.

3. Media Presentasi
Animasi 3D sebagai media presentasi sendiri memiliki fungsi lainnya seperti, untuk mempercantik tampilan dari presentasi, untuk lebih menarik perhatian audiens karena adanya gambar dan suara, untuk memudahkan susunan dari bahan presentasi, serta memudahkan dalam penggambaran materi yang dipresentasikan.

Perbedaan Animasi 3D dengan Animasi 2D

Animasi 3D dan animasi 2D tentunya memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui. Hal itu agar kita sebagai orang yang tidak begitu mengenal tentang animasi dapat mengerti sedikit tentang hal itu. Lalu, apa perbedaan dari animasi 3D dan 2D? Inilah penjelasannya:

1) Animasi 2D biasanya disebut juga sebagai kartun, yang memiliki arti gambar yang lucu. Sedangkan Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D, dimana karakter yang ditampilkan akan tampak seperti nyata, hidup dan mendekati aslinya.

2) Animasi 2D dikembangkan dengan 2 sumbu yaitu X dan Y. Namun, animasi 3D dikembangkan dengan 3 sumbu (dimensi) yaitu X, Y dan Z.

3) Animasi 3D memiliki efek kedalaman sedangkan animasi 2D tidak memilikinya.

Demikianlah pembahasan tentang animasi 3D yang dimulai dari pengertian animasi 3D hingga perbedaannya dengan animasi 2D. Semoga dengan adanya pembahasan di atas tentang animasi 3D dapat lebih menambah pengetahuan kita tentang hal tersebut.

Leave a Reply