Perbedaan Save dan Save As

Dalam perangkat lunak PC pada komputer ataupun laptop, tentu saja kamu sering menjumpai sejumlah menu, misalnya Save dan Save As. Nah, tahukah kamu perbedaan akan menu keduanya? Tulisan kali ini akan membahas seputaran perbedaan Save dan Save As. Mari simak ulasan di bawah!

Sejatinya, setiap menu pada Tool Bar memiliki fungsi dan kegunaan masing masing yang terdapat pada program komputer maupun laptop milikmu. Begitu pula halnya dengan menu Save dan Save As yang kerap kali kamu gunakan setiap kali habis menyelesaikan sebuah file atau dokumen kerja.

Menu Save dan Save As sendiri mempunyai fungsi untuk menyimpan suatu dokumen atau pun file lembar kerja yang sudah kamu kerjakan. Namun, jika dikaji lebih jauh lagi rupanya kedua menu ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan antara Save dan Save As sendiri berada pada sejumlah hal hal mendasar. Misalnya fungsi yang spesifik, short cut atau jalan pintas yang bisa dimanfaatkan, menentukan tempat penyimpanan, dan terakhir format penyimpanan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca 4 perbedaan kedua menu tersebut berikut ini:

1. Perbedaan Terletak Pada Fungsi

Perbedaan pertama terletak pada fungsi. Save mempunyai fungsi sebagai perintah guna menyimpan hasil perubahan file, dimana file ini telah sudah tersimpan sebelumnya di program komputer kamu. Save hanya akan menyimpan setiap perubahan dari isi file kamu, tanpa harus merubah format penyimpanan. Dalam arti kata, kamu masih tetap mengotak atik isi file dan menyimpan perubahannya.

Sedangkan fungsi Save As ialah bekerja sebagai perintah menyimpan hasil perubahan dari file atau dokumen pada sebuah file baru, dimana file ini akan diubah nama serta formatnya.

2. Perbedaan Pada Short Cut

Perbedaan Save dan Save As selanjutnya terletak pada jalan pintas atau pun Short Cut. Jika ingin menyimpan dengan menu Save, maka silahkan tekan tombol CTRL + S. Akan tetapi, apabila kamu ingin menyimpan file atau lembar kerja dengan menu Save As, maka silahkan tekan tombol CTR + ALT + S pada keyboard komputermu.

3. Perbedaan Saat Menentukan Lokasi Penyimpanan

Perbedaan berikutnya terdapat pada penentuan lokasi penyimpanan. Jika menggunakan menu Save, maka file atau dokumen kerja kamu masih akan tetap tersimpan di tempat yang sama dengan nama yang sama pula. Akan tetapi, fungsi Save As akan membantu kamu untuk menyimpan file pada tempat berbeda, format dan nama yang berbeda.

4. Perbedaan Terletak Pada Format Penyimpanan

Perbedaan terakhir terletak pada penentuan format penyimpanan. Menyimpan dengan Save, file kamu akan mempunyai nama dan format yang telah ditentukan oleh program perangkat milikmu. Tapi menyimpan memakai Save As membantu kamu dapat menentukan format penyimpanan file sesuai keinginan, misalnya file gambar dalam bentuk JPN, GIF, dan lainnya.

Nah, itulah 4 perbedaan Save dan Save As. Semoga kamu lebih terbantu dalam menggunakan kedua menu tersebut.

Leave a Reply