Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Sebagai Penunjang Kesehatan Masyarakat

Kesehatan adalah hak setiap individu, menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dalam dunia kesehatan sendiri terdapat berbagai bidang ilmu yang bekerja secara berkesinambungan untuk mencegah dan mengobati penyakit, serta memastikan kualitas hidup yang optimal bagi masyarakat.

Bidang ilmu yang ada dalam dunia kesehatan diantaranya adalah kedokteran, keperawatan dan farmasi. Masing-masing bidang tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan masyarakat secara holistik dan komprehensif.

Pengertian Farmasi

Mungkin selama ini kita mengenal farmasi sebatas obat-obatan yang dibeli di apotek. Pada praktiknya, farmasi memiliki cakupan yang jauh lebih luas, farmasi adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan obat-obatan, mulai dari penelitian, pengembangan, produksi, pengujian, hingga distribusi.

Penelitian dan Pengembangan Obat

Para ilmuwan farmasi bekerja di laboratorium untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji obat-obatan baru. Mereka melakukan penelitian tentang berbagai penyakit dan mencari senyawa kimia yang dapat digunakan untuk mengobatinya. Proses ini melibatkan berbagai bidang ilmu seperti kimia, biologi, farmakologi dan toksikologi.

Farmasi MIPA dan Kimia Farmasi

Bidang ini berfokus pada aspek ilmiah obat-obatan, seperti analisis kimia, sintesis obat, dan studi tentang mekanisme kerja obat di dalam tubuh. Para tenaga ahli dibidang ini melakukan penelitian untuk pengembangan metode analisis obat, sintesis molekul obat baru, dan studi tentang interaksi obat.

Farmasi Industri

Setelah obat baru ditemukan, para ilmuwan farmasi di bidang formulasi bertanggung jawab untuk mengembangkan obat yang tepat. Ini bisa berupa tablet, kapsul, sirup, salep, atau bentuk lainnya. Mereka memastikan obat tersebut stabil, efektif, dan aman digunakan. Farmasi Industri bertanggung jawab untuk produksi obat-obatan dalam skala besar sesuai standar kualitas yang ketat.

Farmasi Regulasi dan Komunitas

Farmasi regulasi memastikan bahwa obat-obatan yang beredar di pasaran aman, efektif, dan berkualitas. Mereka bekerja dengan badan regulasi pemerintah Indonesia untuk memastikan proses produksi, distribusi, dan pemasaran obat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Farmasi komunitas berfokus pada kampanye kesehatan di masyarakat, mereka bekerja di apotek, klinik, dan puskesmas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Farmasi Klinik dan Apotek

Apoteker adalah tenaga kesehatan yang ahli dalam obat-obatan, mereka bekerja diberbagai tempat seperti apotek, rumah sakit, dan klinik. Apoteker bertugas untuk meracik dan menyediakan obat sesuai resep dokter. Selain itu, mereka juga memberikan informasi terkait obat kepada pasien tentang penggunaan, efek samping, dan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang aman.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Di Indonesia, profesi farmasi dinaungi oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). PAFI berperan dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme ahli farmasi melalui pendidikan berkelanjutan, pelatihan, dan seminar. PAFI lahir dalam suasana kebangkitan nasional pasca diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tanggal 13 Februari 1946, organisasi PAFI dibentuk di Yogyakarta dengan tujuan untuk menyatukan para ahli farmasi di Indonesia dalam satu wadah yang dapat memperjuangkan dan meningkatkan kualitas serta profesionalisme mereka.

Tujuan PAFI

PAFI memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  • Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi di Indonesia.
  • Meningkatkan kesejahteraan para anggota.

Struktur Organisasi PAFI

PAFI memiliki struktur organisasi yang memungkinkan operasionalnya berjalan secara efektif dan efisien. Struktur ini meliputi:

  • Pengurus Pusat: Bertanggung jawab atas kebijakan umum dan koordinasi kegiatan di tingkat nasional. Pengurus pusat biasanya dipimpin oleh seorang Ketua Umum.
  • Pengurus Cabang: Mengelola kegiatan PAFI di tingkat daerah kota atau kabupaten, dan berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari pengurus pusat. Seperti salah satunya di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (https://pafihumbanghasundutan.org)

Dunia farmasi memiliki peran yang sangat penting dalam suatu negara, didalamnya melibatkan berbagai bidang ilmu yang bekerja sama untuk menunjang kesehatan masyarakat. Organisasi seperti Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) berperan vital dalam menaungi dan memperjuangkan kepentingan profesi farmasi, serta memastikan bahwa para anggota memiliki standar profesional yang tinggi. Dengan menghadapi tantangan dan berinovasi terus-menerus, profesi farmasi dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi maksimal dalam sistem kesehatan di Indonesia.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *