Rekomendasi Kampus Terbaik di Indonesia

Kuliah merupakan impian sebagian besar siswa SMA/Sederajat selepas lulus sekolah. Biasanya jadwal penjaringan mahasiswa baru akan dimulai jauh hari sebelum masa berakhirnya tahun ajaran baru. Bulan Desember di beberapa universitas sudah mulai membuka gelombang pertama pendaftaran mahasiswa baru. Siswa-siwa kelas 12 biasanya sudah mempersiapkan diri dengan matang untuk mengikuti seleksi masuk PTN favorit.

Bagi kamu yang ingin kuliah namun masih bingung ingin melanjutkan pendidikan di universitas mana, pada tulisan kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa universitas negeri terbaik dan terpopuler yang ada di Indonesia. Barangkali kamu bisa dan mampu untuk menembus masuk universitas negeri tersebut.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah ITB atau Institut Teknologi Bandung. Skor dari Institut Teknologi Bandung adalah 3.671 – klaster 1 menurut data terbaru dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau Kemenristekdikti. Menjadi peringkat pertama dalam jajaran kampus terbaik versi kemenristekdikti memang sudah sepatutnya di sanding oleh kampus yang berada di kota Bandung ini.

Instutut Teknologi Bandung atau ITB bediri pada tanggal 2 Maret 1959 di kota Bandung. Kampus ini lebih terfokus pada bidang teknologi dan juga sains. Namun tetap ada juga beberapa fakultas umum seperti yang ada di kebanyakan universitas lain. Banyak tokoh hebat yang terlahir di Instutut Teknologi Bandung, beberapa diantaranya adalah Pidi Baiq dan Ridwan Kamil.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus terbaik berikutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah UGM atau Universitas Gadjah Mada. Skor yang didapat oleh UGM menurut data dari kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi adalah dengan 3.594 – klaster 1. Universitas Gadjah Mada atau UGM berada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi salah satu kampus impian banyak siswa di seluruh Indonesia.

UGM atau Universitas Gadjah Mada di dirikan pertama kali pada tanggal 19 Desember 1949 dan sampai sekarang kampus ini tetap eksis dan menjadi primadona pendidikan di Indonesia. Jurusan di kampus ini ada banyak mulai dari ekonomi, sosial politik, manejeman dan bisnis, filsafat, ilmu kedokteran, pendidikan dan lain sebagainya. Kamu harus bersaing dengan ribuan orang jika ingin masuk dan menjadi mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus terbaik berikutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah IPB atau Institut Pertanian Bogor. Bersumber dari data yang di publikasikan oleh kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi, skor yang di peroleh oleh IPB adalah skor 3.577 – klaster 1. IPB lebih terfokus di bidang pertanian dan agrobisnis. Meski demikian, kampus IPB atau Institut Pertanian Bogor ini juga memiliki banyak jurusan atau fakultas umum yang lain.

Pada tanggal 1 September 1963 Kampus Institut Pertanian Bogor ini berdiri. Kampus IPB juga menjadi daya tarik utama para siswa di seluruh pelosok Indonesia karena kampus Institut Pertanian Bogor ini memiliki kredibilitas yang tinggi dan sering mengadakan berbagai macam olympiade bagi para siswa SMA sederajat. Sama seperti kampus negeri lainnya, untuk masuk IPB juga tidak mudah dan gampang. Ada ribuan kompetitor yang harus kamu kalahkan hingga bisa di daulat menjadi mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Kampus terbaik di Indonesia berikutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah Institut Teknologi Sepuluh November atau biasa dikenal dengan ITS. Kampus ini mendapat skor dari Kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi dengan angka skor 3.462 – klaster 1. Kampus Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS berlokasi di Surabaya.

Pertama kali kampus Institut Teknologi Sepuluh November ini berdiri adalah pada tanggal 10 November 1957. Kampus Institut Teknologi Sepuluh November ini lebih fokus bergerak di bidang teknologi dan juga maritim. Selain itu, kampus ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November juga memiliki ragam jurusan lain yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI)

Kampus terbaik berikutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah UI atau Universitas Indonesia. Kampus UI mendapat skor 3.401 – klaster 1 dari kementrian riset teknologi dan pendidikan. Universitas Indonesia berlokasi di Depok dan menjadi salah satu universitas favorit bagi banyak siswa di seluruh Indonesia. Jurusan di kampus UI atau Universitas Indonesia ini ada banyak sekali semisal Ilmu sosial politik, hukum, sastra dan lain sebagainya.

Leave a Reply