Sistem Pernapasan Mamalia Yang Perlu Anda Ketahui

Pernahkah anda berfikir tentang bagaimana sistem pernapasan pada mamalia? mungkin sebagian orang banyak yang sudah mengetahuinya. Sistem pernafasan pada setiap mahluk hidup adalah salah satu sistem yang sangat vital. Hal ini merupakan kegiatan untuk memasukkan oksigen kedalam tubuh dan mengeluarkan karbondioksida keluar dari tubuh dengan bantuan alat-alat dalam hal ini adalah alat pernafasan mamalia.

Mamalia itu sendiri memiliki alat pernafasan yang cukup sempurna berupa paru-paru. Hewan mamalia merupakan vertebrata yang tubuhnya tertutupi oleh rambut (bukan disebut berbulu, berbulu untuk lapisan luar pada hewan seperti kelas aves, contohnya burung).

Banyak sekali hewan mamalia yang hidup di sekeliling kita dengan berbagai macam variasi. Sistem pernapasan pada setiap mamalia memiliki keunikan tersendiri yang berbeda-beda. Berikut ada beberapa penjelasan tentang sistem pernapasan pada hewan mamalia.

Dasar pengertian dari Proses Pemasukan Oksigen

Pertama adalah proses respirasi. Yaitu, proses untuk memasukkan oksigen dari lingkungannya dan membuang karbondioksida. Mamalia itu sendiri merupakan hewan yang memiliki tingkat evolusi lebih sempurna dibandingkan dengan kelas lainnya seperti ampibi, reptil maupun aves.

Sistem pernapasan pada mamalia seperti ampibi memiliki paru-paru. Namun, belum sempurna atau dengan kata lain masihlah sederhana dan kurang elastik untuk memenuhi keperluan fisiologis dalam tubuhnya, oleh karna itu amfibi memerlukan alat bantuan berupa kulitnya dalam melakukan aktivitas respirasi tersebut. Dibandingkan dengan kelas mamalia yang lain seperti amfibi, pada kelas mamalia dialah yang sudah mengalami perkembangan yang sempurna.

Pada sistem pernapasan mamalia alur hidung yang dimiliki mamalia mengandung tulang-tulang turbinal yang bekelok-kelok. Sehingga memperluas permukaan olfaktori. Laringnya memiliki atap dan mengandung pita sara. Memiliki dua paru-paru pada masing-masing masuk kedalam ruang pleura yang terpisah. Fase aktif dalam pernafasan sendiri disebut dengan inspirasi yang diikuti dengan terjadinya perataan dari diafragma dan elevasi pada tulang-tulang iga dengan gerakan melengkung keluar.

Respirasi terdiri atas 2 bagian

  • Respirasi eksternal merupakan pengertian umum yang kita kenal dengan bernafas
  • Respirasi internal merupakan pengertian umum yang dilakukan oleh sel

Proses memasukkan oksigen dalam hewan mamalia

Dalam sistem pernapasan mamalia dia mengalami dua fase, yaitu fase saat memasukkan oksigen atau disebut inspirasi dan fase mengeluarkan karbondioksida atau disebut ekspirasi. memasukkan oksigen atau inspirasi meruakan proses aktif yang terjadi dikarenakan adanya kontraksi pada otot inspiratori. Otot inspiratori adalah otot diantara tulang-tulang iga dan tlang-tulang yang ada pada bagian diafragma. Kontraksi inilah yang akan menyebabkan peningkatan volume rongga pada dada.

Dalam proses ini maka paru-paru menjadi mengembang dan memunculkan tekanan negatif didalamnya. Dengan demikian maka udara disekitar memasukki paru-paru. Sedangkan pada proses ekspirasi atau proses mengeluarkan karbondioksida, maka proses lebih pasif. Hal ini disebabkan proses elspirasi hanya mengalami relaksasi otot inspiratori saja, dan terjadi pengerutan pada dinding alveoli.

Proses Fisiologis Dalam Sistem Pernapasan Mamalia

Saat karbondioksida mengalami peningkatan, maka sistem pernapasan mamalia tersebut akan mengalami proses aktif. Dalam aktivitasnya maka kemoreseptor (pusat respirasi) yang ada dimedula mengalami rangsangan. Hal ini yang menyebabkan impuls syarafmenjalar kesepanjang serabut eferen pada organ efektor (terdapat di otot dada, jantung dan pembuluh darah). Kemudian organ efektor ini menyebabkan proses yang lebih kompleks lagi. Yaitu terjadi peningkatan ventilasi dan pelepasan karbondioksida.

Impuls kemudian sampai ke jantung dan pembuluh darah di jaringan mengalami penimbunan karbondioksida akan mendorong munculnya respon yang mempermudah pelepasan karbondioksida dari dalam tubuh. Hal ini membuat tejadinya peningkatan pasokan oksigen kedalam tubuh.

Kesimpulan

Dengan adanya beberapa informasi tentang sistem pernapasan mamalia tesebut maka, kita dapat lebih memahami bahwa fungsi utama pada proses respirasi atau pernapasan pada mamalia adalah untuk memasok oksigen dan membuang karbondioksida. Selain itu juga fungsi respirasi sendiri untuk menjaga keseimbangan elektrik dan pH dalam cairan tubuh mamalia.

Demikian penjelasan mengenai sistem pernapasan pada mamalia atau lebih dikenal dengan istilah respirasi mamalia semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply