Taman Nasional Teluk Cenderawasih Pulau Biak Papua

Salah satu ikon wisata di Papua yang terkenal selain Raja Ampat yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Teluk Cenderawasih ini merupakan kawasan yang memiliki peran penting dalam melestarikan flora dan fauna baik yang tersebar di daratan maupun lautan. Nah, bagi anda yang ingin berlibur di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, berikut ini gambaran singkatnya.

Taman Nasional Terbesar di Indonesia

Taman nasional ini berada di Teluk Cenderawasih, Provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) meliputi pulau Mioswaar, Rumberpon, Roon, Nusrowi, dan Yoop. Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional laut yang terluas di Indonesia dengan luas 1.453.500 hektar. Kawasan taman laut ini secara administratif berada di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Nabire dan Kabupaten Wondama.

Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 58/Kpts-II/1990 tanggal 3 Februari 1990 menyatakan bahwa kawasan ini merupakan kawasan Cagar Alam Laut. Dan sekitar 3 tahun kemudian, melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 472/Kpts-II/1993 tanggal 2 September 1993, barulah kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih.

Selain menjadi Taman Nasional Teluk Cenderawasih terbesar di Indonesia, Teluk Cenderawasih juga dijadikan pusat penelitian whale shark atau hiu paus. Hiu paus sering muncul di permukaan dan berinteraksi dengan para wisatawan, tepatnya terletak di Desa Kwantisore. Untuk memanggil hiu paus, wisatawan cukup melempar ikan puri ke laut. Hiu paus ini termasuk hewan raksasa yang jinak dengan panjang 14 meter dan hanya memakan ikan-ikan kecil seperti ikan puri dan plankton.

Tidak hanya itu saja, di Teluk Cenderawasih terdapatterumbu karang, hutan mangrove dan hutan tropis. Untuk ekosistem terumbu karang dibagi menjadi dua zona yaitu zona lereng terumbu karang atau reef slope dan zona rataan terumbu atau reef flat. Para wisatawan juga dapat melihat karang hita, famili Faviidae dan Pectiniidae, koloni karang biru serta berbagai macam karang lunak.

Bagi anda yang suka bersnorkeling dan menyelam, Taman Nasional Teluk Cenderawasih sangat menakjubkan dan indah untuk dilihat kekayaan alam bawah lautnya. Dan di kawasan Teluk Cenderawasih juga ada tempat penangkaran rusa, pengamatan burung, wisata bahari yang terletak di Pulau Rumperpon dan pengamatan ikan paus dan lumba-lumba yang terletak di Perairan Windesi dan Pulau Yoop.

Akses menuju Teluk Cenderawasih

  • Jalur udara
    Gunakan maskapai penerbangan dari kota anda menuju ke Biak. Kemudian setelah sampai di Biak, gunakan maskapai penerbangan menuju ke Nabire atau Manokwari.
  • Jalur darat
    Untuk jalur darat, hanya ada mulai dari Manokwari. Nah, perjalanan anda kurang lebih selma 3 jam untuk sampai ke Ransinki kemudian dilanjutkan dengan mengendarai motor boat sekitar 2,5 jam.
  • Jalur laut
    Anda dapat menggunakan Long Boat ke pulau Rumberpon dengan lama perjalanan sekitar 6 jam perjalanan untuk sampai di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.
Leave a Reply