6 Kesalahan Dalam Melakukan Sosial Media Marketing

Media sosial dikatakan sebagai salah satu senjata promosi paling efektif saat ini. Meskipun begitu, banyak pelaku bisnis yang menemui hasil jauh dari harapan mereka, saat mereka menggunakan media sosial untuk bisnis. Hal ini dapat terjadi karena ada beberapa kesalahan yang mereka lakukan.

Berikut, beberapa Kesalahan Fatal Pelaku Bisnis dalam Menerapkan Strategi Marketing di Media Sosial untuk kepentingan bisnis mereka yang perlu Anda ketahui. Simak ulasan lengkapnya.

1. Tanpa Rencana

Memang, akun media sosial dapat dibuat secara gratis. Namun, bila Anda hanya membuatnya begitu saja tanpa rencana, maka jangan harap hal ini akan memberikan dampak positif untuk bisnis Anda. Anda hanya akan membuang waktu dan tenaga saja.

Dan, kedua hal ini dapat dikatakan lebih berharga dari uang dan modal yang Anda keluarkan untuk bisnis Anda. Setidaknya, Anda harus membuat rencana dan mempunyai tujuan yang jelas. Gunakan hal ini sebagai dasar untuk promosi melalui media sosial.

2. Promosi Tanpa Henti

Anda mungkin berpikir bila Anda terus melakukan promosi, maka akan semakin banyak orang mengenal dan menggunakan layanan atau produk Anda. Namun, media sosial bukanlah media yang khusus digunakan untuk promosi bisnis. Banyak orang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi, bersosialisasi atau bersantai.

Bila Anda melakukan promosi secara terus menerus, mereka akan bosan dan terganggu, yang pada akhirnya tidak menggunakan jasa maupun produk Anda. Tentukan jadwal khusus untuk mempromosikan bisnis Anda. Cari waktu yang tepat atau sesuai dengan tren percakapan di media sosial agar promosi Anda benar-benar efektif.

3. Meniru

Menggunakan media sosial untuk bisnis dengan meniru apa yang dilakukan orang lain mungkin terdengar menarik. Anda tidak perlu berpikir mengenai cara paling efektif menarik perhatian orang. Tetapi, masyarakat saat ini semakin pintar. Bila Anda melakukan hal ini, maka Anda akan mendapatkan respon negatif dari para netizen.

4. Ide Terbatas

Jangan hanya menggunakan satu sumber untuk ide promosi Anda. Perluas jaringan dan komunikasi Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan banyak inspirasi untuk menciptakan ide segar dan inovatif untuk promosi melalui media sosial online.

5. Membeli Follower

Salah satu indikator promosi media sosial Anda berhasil adalah Anda mendapatkan banyak pengikut atau follower. Sayangnya, banyak pelaku bisnis yang menempuh jalan instan untuk hal ini, yaitu dengan membeli follower.

Hal ini dapat dikatakan konyol, karena pengikut mereka adalah akun palsu. Anda harus sabar dan tampilkan konten berkualitas. Dengan cara ini, maka akan banyak orang tertarik dan produk Anda benar-benar akan dikenal.

6. Malas Update

Salah satu alasan mengapa strategi media sosial untuk bisnis gagal adalah karena Anda jarang memperbaharui konten akun Anda. Konsumen akan merasa bosan dan bahkan menganggap bisnis Anda palsu.

Tentunya, untuk mengatasi hal ini, Anda harus rutin melakukan update. Tampilkan pula konten dan gambar berkualitas tinggi untuk kepuasan konsumen Anda.

Leave a Reply