Keuntungan Berlimpah Menjalankan Bisnis Homestay

Peluang bisnis jasa penginapan dapat dikatakan sama seperti bisnis kuliner, karena selalu dibutuhkan. Terdapat pula banyak jenis bisnis penginapan yang dapat dicoba. Salah satunya adalah bisnis homestay. Berbeda dengan bisnis penginapan lainnya, bisnis homestay menawarkan kenyamanan ala rumah sendiri bagi klien yang menyewanya. Hal ini pula yang menyebabkan banyak wisatawan dan pelancong yang ingin berelaksasi mencari penginapan seperti ini.

Bisnis homestay juga dapat dikatakan tidak membutuhkan modal besar. Syaratnya, Anda harus mempunyai rumah sendiri yang dapat Anda sewakan kepada pelancong atau wisatawan. Dan, rumah tersebut bukanlah rumah yang Anda tinggali.

Pada dasarnya, bisnis homestay mirip dengan sistem sewa kontrak rumah. Hanya saja, durasi penyewaannya yang jauh lebih pendek dari sistem kontrak. Tamu Anda hanya akan menyewa rumah Anda selama beberapa hari saja. Bila dihitung pemasukan yang didapat, peluang bisnis homestay mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar per tahunnya.

Untuk memaksimalkan peluang bisnis ini, pemilik rumah harus rutin memperhatikan kondisi rumahnya. Hal ini biasanya berbeda dengan pemilik kontrakan. Mereka cenderung tidak terlalu memperhatikan kondisi rumah karena semuanya tanggung jawab penyewa yang tinggal selama tahunan di rumah tersebut.

Sedangkan bisnis homestay, dimana penyewanya berganti tiap beberapa hari, kondisi rumah perlu diperhatikan secara rutin. Hal ini perlu dilakukan agar penyewa tetap mendapatkan kenyamanan maksimal saat mereka menyewa rumah tersebut.

Bisnis ini sebenarnya masih belum terlalu berkembang di Indonesia. Jadi, bila Anda ingin mencoba peluang bisnis ini, sekarang dapat dikatakan waktu yang tepat. Persaingan yang ada masih tidak terlalu ketat dan layanan ini jelas berbeda dengan penginapan lainnya. Hal ini akan mampu menarik perhatian banyak orang untuk mencobanya.

Di luar negeri sendiri, bisnis homestay sudah sangat jamak ditemui di tiap kota. Tarifnya yang rumah, kenyamanan ala rumah sendiri hingga situasi yang berbeda membuat banyak orang tertarik dengan layanan ini. Artinya, terdapat pula pasar wisatawan asing yang juga dapat Anda bidik disini.

Untuk mengembangkan bisnis ini, Anda dapat pula bekerjasama dengan pihak agen perjalanan atau hotel. Banyak agen perjalanan wisata yang mulai tertarik untuk menggunakan jasa ini, guna menawarkan paket wisata yang lebih murah. Dengan bekerjasama dengan mereka, Anda akan mampu memasarkan jasa Anda lebih luas lagi. Dan tentunya, Anda akan mendapatkan lebih banyak penyewa dengan cara ini

Tetapi, hal paling penting yang harus Anda ketahui adalah Anda tidak dapat menjadikan peluang bisnis ini sebagai bisnis sampingan. Hal ini disebabkan, Anda perlu benar-benar memberikan pelayanan terbaik untuk penyewa layaknya hotel. Ditambah lagi, saat masa sewa mereka habis, Anda harus segera membersihkan dan merapihkan tempat tersebut sebelum penyewa lainnya datang. Meskipun begitu, keuntungan dari bisnis ini termasuk sangat menggiurkan.

Selain bisnis ini berpeluang besar, tentunya yang menjadi target pasar adalah para wisatawan yang mampu membayar dengan harga sewa mahal. Anda tertarik menjalankannya? Selamat mencoba.

Leave a Reply