5 Ide Usaha untuk Lulusan SMA

Ada berbagai macam pilihan jalan yang bisa di tempuh oleh seorang siswa yang baru saja menuntaskan pendidikan 3 tahun di sekolah SMA/Sederajat. Mulai dari melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, bekerja di instansi dan perusahaan bergensi atau membangun bisnis dan usahanya sendiri.

Bagi kamu yang mempunyai keinginan untuk menjalankan bisnis atau usaha setelah lulus sekolah, pasti akan mengalami kebingungan memilih usaha apa yang akan dijalani. Pada tulisan kali ini, kami akan memberikan kamu beberapa rekomendasi jenis usaha yang bisa kamu jalankan setelah lulus SMA/Sederajat.

1. Usaha Cuci Motor

Jenis usaha pertama yang kami rekomendasikan untuk kamu yang baru lulus sekolah adalah membuka tempat pencucian motor. Jenis usaha yang satu ini terbilang cukup simpel dan tidak terlalu ribet. Namun yang jadi kendala tentu saja adalah modal untuk menyewa tempat dan pasokan air untuk mencuci motor. Dan jika kamu memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha cuci motor ini, kamu bisa segera menjalankan nya.

Karena omset yang kamu dapat dari membuka jasa cuci motor bisa dengan cepat membalikan modal. Hitungan kasarnya begini, untuk menyewa tempat kamu membutuhkan biaya 4 juta per tahun. Kemudian untuk membeli peralatan dan lain-lain kamu membutuhkan biaya 2 juta. Jadi, total modal yang kamu keluarkan adalah 6 juta rupiah. Kemudian usaha tersebut mulai berjalan. Kamu mematok tarif pencucian sebesar 10 ribu per motor. Jika dalam satu hari terdapat 30 motor yang kamu cuci maka satu hari kamu mendapatkan pemasukan sebesar 300 ribu rupiah. Kemudian kamu kalikan dalam satu bulan maka hitungan kotor yang di dapat adalah sebesar 9 juta rupiah. Bagaimana, tertarik?

2. Usaha Kuliner

Usaha berikutnya adalah menjalankan bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini tidak bakal pernah mati. Karena prinsip dasarnya adalah manusia hidup membutuhkan makanan dan karena hal tersebutlah selama manusia masih makan maka bisnis kuliner tetap berada di garis terdepan perekonomian. Terlebih jika kita melihat fakta dan data bahwa bisnis kuliner di Indonesia dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan dan pertumbuhan hingga mencapai angka 10%.

Pada tahun 2016 silam, industri kuliner menyumbang pemasukan yang besar dalam perekonomian kreatif dengan presentase sebanyak 41,4% dari keseluruhan perekonomian kreatif atau jika dinominalkan menjadi 922 triliun. Angka tersebut bisa menjadi alat pacu untuk dirimu mulai tergerak dan membuka bisnis kuliner walau kecil-kecilan. Kamu bisa mulai menjalankan bisnis kuliner skala kecil dengan membuka warung makan/warteg atau makanan kaki lima di pinggir jalan.

3. Toko Online

Bisnis yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah membuka toko online. Bisnis yang satu ini bisa dibilang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya bermodalkan ponsel, kuota internet serta aplikasi marketplace. Untuk persoalan barang dan produk jika kamu tidak memiliki modal maka kamu bisa menjual dengan sistem dropship.

Baca: Jualan Online dengan Sistem Dropship

Dengan begitu maka kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli dan menyetok barang. Itulah keuntungan membuka usaha toko online. Semua sangat mudah dilakukan hanya dalam genggaman tangan. Beberapa aplikasi marketplace yang bisa kamu gunakan untuk membuka toko online antara lain adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau bisa juga berjualan melalui instagram.

4. Blogging

Usaha berikutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah dengan membuat blog. Usaha yang satu ini bisa kamu jadikan sampingan ketika baru di tahap awalan. Aktivitas blogging merupakan layanan yang digunakan untuk menyebarluaskan tulisan-tulisan di internet. Jika kamu suka menulis banyak hal, daripada hanya menumpuk di buku catatan, lebih baik kamu sebarkan dengan membuat sebuah blog atau website.

Jika blog milik mu sudah banyak dikenal orang dan memiliki pengunjung tetap maka kamu bisa mendapatkan banyak uang yang di hasilkan dari blog tersebut. Seorang blogger yang sudah terkenal sangat memungkinkan berpenghasilan 10 juta per bulan. Peluang ini terbuka lebar untuk semua orang.

5. Jasa Desain Grafis

Usaha berikutnya yang bisa di jalankan oleh lulusan SMA/Sederajat adalah dengan membuka jasa desain grafis. Kamu bisa digunakan media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya untuk kamu gunakan sebagai media promosi jasa desain tersebut. Tarif desain yang standar yang biasanya berlaku di percetakan-percetakan adalah untuk desain yang sederhana biasanya di patok dengan harga 30 ribu rupiah. Dan jika kamu mendapatkan proyek desain sebuah logo dari brand atau perusahaan terkenal tentu saja kamu bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar.

Leave a Reply