Kiat-Kiat Dalam Menjalankan Bisnis Properti

Properti dikatakan sebagai salah satu produk investasi paling menjanjikan. Tetapi, bila Anda jeli dalam memanfaatkan kondisi ini, Anda dapat melihat peluang bisnis menjanjikan disini. Bisnis properti saat ini mungkin terlihat tidak prospektif, mengingat pelemahan Rupiah.

Tetapi, bila melihat bisnis properti untuk jangka pendek dan menengah, Anda akan menemukan peluang emas. Lalu bagaimana cara mengawali bisnis ini? Jangan khawatir, berikut ada beberapa Kiat Penting dalam Menjalankan Proyek “Bisnis Properti” yang bisa Anda terapkan. Simak ulasan lengkapnya.

  • Regulasi Setempat

Hal ini perlu Anda pelajari dan pahami sebelum Anda memulai bisnis properti Anda. Anda perlu mengetahui aturan yang berlaku, agar di masa mendatang, bisnis Anda tidak mendapatkan masalah. Sama halnya dengan bisnis lainnya, bila Anda menyelesaikan masalah legalitas di awal, maka bisnis Anda akan aman untuk masa mendatang.

  • Lokasi

Pastikan pula lokasi tempat Anda membangun produk properti Anda tepat. Hal ini berkaitan dengan masyarakat di area tersebut, kontur tanah hingga biaya pengadaan lahan. Analisis mendalam tentunya akan mempermudah Anda untuk memaksimalkan peluang bisnis ini.

  • Legalitas

Lahan yang Anda pilih untuk properti Anda juga harus tidak mempunyai masalah. Akan lebih baik, bila Anda memilih lahan yang sudah memiliki sertifikat. Ditambah lagi, lokasi yang strategis akan membuat properti Anda mempunyai nilai jual yang lebih baik.

Akan tetapi, meskipun lahan tersebut sudah memiliki sertifikat, bukan berarti lahan tersebut dapat langsung Anda pilih. Anda juga harus memeriksa keaslian sertifikat tersebut pada Badan Pertanahan Nasional. Anda tidak ingin bila di masa mendatang, properti Anda bermasalah akibat sertifikat palsu. Tentunya, masalah ini juga akan membuat Anda kehilangan uang dalam jumlah besar.

  • Fasilitas Umum

Hal lain yang harus Anda perhitungkan bila Anda ingin mencoba peluang bisnis properti adalah fasilitas umum. Lokasi yang dekat dengan fasilitas umum merupakan pilihan yang terbaik yang dapat Anda ambil. Fasilitas umum yang mudah dijangkau juga membuat properti Anda mempunyai nilai lebih.

  • Prospek Konsumen

Anda dapat melakukan survei pasar, untuk mengetahui prospek dari konsumen untuk properti di lokasi yang Anda pilih. Cara mudahnya adalah dengan mengajukan pinjaman untuk properti di lokasi tersebut. Bila pinjaman Anda disetujui, biasanya potensi pasar produk properti di lokasi tersebut sangat baik.

Tetapi, Anda juga tidak dapat hanya mengandalkan cara diatas untuk mencari tahu potensi pasar untuk properti di lokasi yang Anda pilih. Anda juga harus memperhitungkan hal-hal lainnya, misalnya peluang perkembangan industri dan bisnis di daerah tersebut.

Faktor harga terjangkau juga dapat Anda gunakan untuk mempertimbangkan peluang bisnis properti Anda. Dengan menggunakan beberapa faktor tersebut, maka Anda akan dapat memilih tempat dan properti yang cocok untuk bisnis Anda.

Leave a Reply