Trik Berbisnis Kuliner Waralaba dengan Resiko Minim

Bisnis kuliner saat ini bisa disebut sebagai salah satu bidang bisnis yang paling menjanjikan. Produk dari bisnis ini sering kali dibutuhkan oleh konsumen, yang artinya, pasar yang ada untuk Anda sangatlah luas. Anda juga dapat mengawali bisnis ini dengan lebih mudah. Meskipun Anda tidak memiliki modal besar, Anda dapat mengakalinya dengan tawaran waralaba kuliner yang paling minim biaya.

Ada beberapa tips mengawali bisnis kuliner dengan memanfaatkan bisnis waralaba supaya Anda tidak mengalami kerugian. Berikut ada beberapa Trik Berbisnis Kuliner Waralaba dengan Resiko Minim yang bisa Anda terapkan.

Memilih Jenis Produk

Salah satu tips memulai bisnis sukses adalah melihat tren yang ada dan menyesuaikannya. Namun, hal ini tidak berarti Anda harus benar-benar mengikuti tren tersebut. Dan, hal ini juga berlaku saat Anda ingin mencoba bisnis kuliner.

Hanya karena produk kuliner tertentu sangat digilai masyarakat saat ini, bukan berarti tren ini akan bertahan selamanya. Yang perlu Anda perhatikan, pada setiap produk kuliner terdapat usia popularitas tertentu.

Biasanya, usia popularitas produk tersebut mencapai 6 bulan. Setelah itu, produk ini akan kembali seperti normal atau bahkan tenggelam tak terdengar lagi.

Namun, ada pula beberapa produk yang dapat bertahan lama, seperti produk kuliner konvensional yang sudah lama dikenal dan digemari. Misalnya, nasi uduk, nasi goreng dan sejenisnya dapat bertahan lama, dengan syarat mutu dan citarasa terjaga serta Anda berinovasi dengan menunya.

Booth

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, tidak ada salahnya memilih tawaran waralaba kuliner dengan sistem booth atau gerobak. Tawaran waralaba jenis ini biasanya membutuhkan investasi dalam jumlah kecil. Selain itu, Anda dapat memperbesar omset dengan langsung mendatangi pelanggan.

Jenis Kemitraan dan Konsumen

Tips memulai bisnis kuliner waralaba selanjutnya adalah memilih di antara dua jenis kemitraan yang dapat, yaitu fixed dan mobile. Untuk fixed Anda akan membutuhkan dana lebih besar karena harus menyediakan lokasi bisnis, berupa toko, warung atau sejenisnya. Sedangkan mobile, merupakan tipe gerobak yang lebih murah dan fleksibel.

Dua jenis ini akan sangat mempengaruhi jenis konsumen yang dapat Anda bidik. Tentunya, hal ini juga akan mempengaruhi pemasukan yang juga Anda peroleh. Namun, yang terpenting disini adalah mengikut perkembangan konsumen.

Saat ini, masyarakat sudah sangat akrab dengan teknologi. Maka, Anda pun harus menentukan paket kemitraan yang sesuai dengan kondisi ini, agar bisnis Anda berpeluang berhasil di masa mendatang.

Reputasi Penyedia Waralaba

Memilih penyedia waralaba yang mempunyai reputasi yang baik juga merupakan tips memulai bisnis kuliner yang terpenting. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan serta kerugian.

Leave a Reply