Rahasia dalam Menjalankan Bisnis Patungan

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Bahkan, bisa jadi Anda terseok-seok saat menjalankan bisnis walaupun bisnis tersebut Anda sukai. Sebelum semuanya terlambat, maka ada baiknya untuk mempelajari kiat-kiat menjalankan bisnis sukses, Anda bisa mempelajarinya dari buku, internet, atau pelaku bisnis.

Nah, salah satu kendala dalam mengawali sebuah bisnis adalah modal. Modal tidak selalu harus dari uang sendiri tetapi juga bisa melalui patungan. Mengelola bisnis patungan sangat berbeda dengan bisnis sendiri. Justru menjalankan bisnis model ini jauh lebih berisiko ketimbang menjalankan bisni sendiri. Lalu, bagaimana agar bisnis patungan minim resiko?

Salah satu trik untuk menjalankan bisnis patungan adalah membangun komunikasi yang baik. Baik dengan karyawan ataupun rekan patungan Anda. Semua harus dibicarakan secara terbuka dan jujur. Kejujuran akan membawa bisnis yang Anda jalankan bersama jauh lebih awet dan bertahan ketimbang melakukan banyak kebohongan.

Semua tanggung jawab dalam bisnis patungan harus diperhitungkan bersama khususnya jika terjadi masalah. Untuk itu, pastikan bahwa semua jelas dari awal Anda membentuk bisnis ini bersama sahabat Anda. Kejelasan ini termasuk kejelasan visi, misi, termasuk pembagian keuntungan.

Ingat! menjalankan bisnis dengan sahabat tidak menjamin bahwa semua akan lancar. Selesaikan setiap masalah yang ada dengan bijak sehingga Anda tidak perlu mengorbankan bisnis apalagi persahabatan Anda.

Selaraskan pendapat Anda dan rekan bisnis Anda. Pastikan saat keputusan sudah diambil, tidak ada diantara Anda dan rekan Anda yang tidak puas. Memang diperlukan kedewasaan untuk menjalankan bisni patungan.

Kadang kala, ada hal-hal yang tidak Anda setujui. Namun, Anda harus berpikir apakah ide atau pendapat itu memang benar-benar akan mempengaruhi bisnis secara positif. Jika “ya”, maka tidak ada salahnya mengalah dan menjalankan ide dari rekan Anda.

Sebaliknya, jika Anda yakin bahwa ide Anda membawa kebaikan pada bisnis, maka kemukakan dengan santun serta dengan alasan yang kuat. Karena itu, sering-seringlah berdiskusi dengan rekan bisnis Anda dan lihat karakteristik masing-masing rekan bisnis Anda. Sikapi mereka secara berbeda-beda sehingga tidak akan mengganggu jalannya bisnis. Sesekali bersenang-senanglah bersama untuk menjaga kekompakan. Jangan sampai cuek dengan bisnis yang Anda jalankan.

Dalam hal ini, Anda harus menetapkan dahulu siapa yang akan sering berlaku sebagai pemimpin dan siapa yang akan berlaku sebagai wakil. Walaupun sepertinya sepele, kejelasan ini sangat penting sehingga keputusan bisa dengan segera diambil dan disepakati. Bandingkan jika tidak ada kejelasan kepemimpinan, maka keputusan akan semakin lama bahkan sulit untuk didapatkan.

Anda juga harus sering menambah wawasan mengenai bisnis, yang tentunya bisa Anda terapkan pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Kemudian, jalankan dengan telaten dan usahakan untuk tidak terlalu sering berselisih dan tidak diselesaikan. Kalaupun ada perselisihan, selesaikan dengan segera.

Leave a Reply