Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Bukan hal yang aneh jika anda melihat ada seorang wanita yang rela melepaskan pekerjaan dan kariernya agar menjadi seorang ibu rumah tangga. Biasanya, keinginan seperti ini muncul ketika anak nya lahir. Menjadi seorang ibu rumah tangga berarti mereka harus benar – benar serius dan mendedikasikan waktunya untuk mengurus anak, melayani suami dan juga mengurus urusan rumah.

Namun, tidak sedikit juga yang merasa menyesal dan mengeluh karena bosan melakukan pekerjaan itu – itu saja, apalagi jika ada masalah keuangan. Memang masalah keuangan seharusnya suami yang mengurusnya, namun tidak jarang seorang ibu masih merasa kurang dan ingin lebih produktif lagi, baik itu demi kebutuhan rumah tangga, memenuhi keinginan pribadi, atau mungkin untuk membantu suami.

Tetapi, dengan berkembangnya teknologi saat ini, jika anda ingin bekerja, anda tidak perlu pergi ke kantor pagi – pagi dan pulang sore hari. Hanya di depan komputer atau smartphone saja anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan tanpa meninggalkan rumah.

Berikut beberapa usaha sampingan untuk ibu rumah tangga bagi anda yang ingin menambah penghasilan.

1. Bisnis Makanan Kemasan

Hal yang pertama dan yang pasti, tentu saja ibu rumah tangga setidaknya harus bisa memasak, sehingga ide bisnis pertama untuk ibu rumah tangga yang bisa anda coba adalah makanan kemasan, seperti kue kering yang dikemas, makanan beku, rendang kemasan, keripik dan lain sebagainya, hal ini tentu saja tidak akan membutuhkan waktu yang lama seperti catering.

2. Bisnis Membuat Dekorasi Rumah

Agar keluarga semakin betah dirumah, maka mendekorasi rumah merupakan hal yang sangat penting agar mampu menimbulkan kesan sejuk dan tidak monoton. Bagi anda yang memiliki keahlian, baik itu menjahit, menyulam dan lain sebagainya, maka anda bisa menjual barang – barang untuk dekorasi rumah, seperti gorden, sarung bantal, taplak meja, hiasan dinding dan kerajinan sebagainya. Cara mempromosikannya pun sangat mudah, anda hanya perlu untuk memfoto barang dekorasi buatan anda dan membagikannya di sosial media.

Baca juga: Mengenal Usaha Bisnis Online Shop

3. Bisnis Aksesoris

Sama seperti sebelumnya, bagi anda yang memiliki keahlian kerajinan tangan seperti menjahit, menyulam, menganyam dan lain sebagainya, anda bisa memanfaatkan keahlian ini untuk membuat aksesoris, baik itu gelang, headband atau bahkan yang lebih bermanfaat seperti dompet dan kantong. Anda hanya perlu membuat barang – barang ini di waktu luang tanpa terganggu pekerjaan rumah tangga.

4. Bisnis Tanaman Hias

Peluang bisnis selanjutnya yang bisa anda coba adalah bisnis tanaman hias. Saat ini, tanaman hias bukan hanya bisa menghias bagian luar rumah, namun bisa juga untuk menghias bagian dalam rumah, jadi bagi anda ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dalam mengurus tanaman, hal ini tentu bisa dijadikan peluang bisnis. Selain tanaman hias juga anda bisa menjual tanaman – tanaman herbal atau tanaman untuk keperluan dapur didalam pot.

5. Reseller Pakaian

Menjadi seorang reseller pakaian bisa dibilang merupakan bisnis untuk ibu rumah tangga yang saat ini memang sedang diminati, karena menjadi seorang reseller, anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak namun keuntungan yang besar. Tetapi, pastikan anda menjual pakaian yang lebih spesifik seperti baju khusus kantor, gaun pesta, baju anak – anak dan lain sebagainya.

Baca juga: Bisnis Dropshiping

Itulah beberapa bisnis usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa anda coba, masih ada banyak peluang bisnis yang bisa anda coba seperti menjual mainan, atau sebagai seorang freelancer seperti penulis.

Leave a Reply