Bisnis Menjadi Dropshipping di Era Digital Semakin Mudah

Bisnis dropshipping sekarang ini semakin mudah, hal ini dikarenakan kemajuan teknologi dan informasi telah mengantar kita pada era digital, dimana era serba di mudahan dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Saat ini bahkan memulai bisnis dengan modal kecil pun sudah dapat dilakukan dengan mudah. Pasalnya cukup dengan bermodal perangkat teknologi, Anda sudah bisa memulai bisnis online dan menjual berbagai macam kebutuhan secara online.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis online di tanah air saat ini berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya toko online di dunia maya baik skala besar maupun kecil.

Semakin maraknya pebisnis online yang menggeluti bisnis tersebut menunjukkan bahwa masyarakat saat ini sudah mulai sadar mengenai manfaat teknologi informasi untuk mendukung atau menjadi media untuk memperoleh penghasilan.

Salah satu bisnis dengan modal kecil yang tengah diminati oleh masyarakat adalah dropshipping yang memiliki jargon mudah, cepat, dan murah. Salah satu keunggulan dari bisnis ini adalah tidak memerlukan modal yang besar dan penjual tidak perlu menyetok barang. Jadi kita hanya membeli saat ada konsumen yang membeli. Pemilik barang atau supplier bertugas untuk mengirimkannya.

Seorang dropshipper hanya bertugas untuk memasarkan atau menawarkan produk tersebut. Sistem bisnis seperti ini cukup mudah karena kita tidak harus memiliki pengetahuan bisnis yang rumit sehingga siapa saja yang tertarik dapat mencoba menggeluti bisnis ini.

Bisnis ini juga cepat karena hanya dalam hitungan detik saja kita sudah bisa langsung berjualan. Namun sebelumnya kita tentu sudah harus mendapatkan produk yang akan dijual serta supplier dropshipnya.

Bagi Anda yang saat ini sedang berniat untuk memulai bisnis dengan modal kecil lewat dropshipping, berikut ini adalah beberapa tips khusus sebelum Anda memulai bisnis tersebut. Simak ulasan lengkapnya.

Memilih Supplier yang Responsif dan Berkualitas

Dalam online dropshippeng, ada banyak sekali supplier yang menyediakan produknya untuk dijual dengan sistem dropship. Tetapi sebaiknya pilihlah supplier yang mempunyai produk berkualitas. Pasalnya dengan model bisnis yang seperti ini, kadang penjual tidak mempunyai contoh produk yang akan dijual sehingga kualitas produknya sulit untuk diketahui.

Tidak hanya itu saja, tingkat responsive supplier dalam menyampaikan data stok produk dan menjawab pertanyaan kepada penjual juga menjadi poin penting karena penjual harus dengan cepat menginformasikan kembali produk ini kepada para konsumen maupun calon pelanggannya.

Uji Coba Produk yang Akan Dijual

Para dropshipper sangat dianjurkan untuk membeli sejumlah item terlebih dulu atau minimal 1 item produk yang hendak dijual sebagai ujicoba barang tersebut. Dari transaksi pertama tersebut, penjual dapat mengetahui cara order atau alur supplier tersebut, kualitas produk, kecepatan respons supplier, cara packing produk, dan jasa pengiriman yang bekerjasama dengan pihak supplier.

Hal lain yang tak kalah penting adalah apakah supplier tersebut menuliskan nama toko online penjual sebagai pengirimnya atau tidak. Pasalnya dalam sistem bisnis dengan modal kecil seperti ini, nama pengirim seharusnya nama penjual bukan supplier.

Leave a Reply