Perkembangan Bisnis Real Estate di Indonesia

Real Estate merupakan segala macam produk properti yang didalamnya termasuk tanah, lahan pertanian, bangunan atau yang lainnya. Produk tersebut merupakan produk yang sangat dibutuhkan meskipun harganya tinggi karena bisa digunakan sebagai kepemilikan pribadi atau diinvestasikan dan dijual kembali.

Seiring dengan semakin pahamnya manusia tentang bagaimana memproteksi keuangan dan kekayaan, saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk-produk real estate. Karena itu bisnis real estate berkembang sangat pesat di Indonesia. Jika Anda ingin tahu bagaimana perkembangan bisnis real estate di Indonesia, berikut informasinya untuk anda.

Perkembangan Bisnis Real Estate di Indonesia

Perkembangan bisnis real estate memang mengalami masa transformasi yang sangat besar di berbagai kota-kota besar yang ada di Indonesia seperti halnya di Surabaya, Jakarta, Banten, Bali dan juga di Bandung.

Diantara produk real estate untuk segmen tempat tinggal, ritel, komersial, industri dan hotel, gedung pencakar langit mendominasi kota-kota tersebut dalam bentuk gedung apartemen, gedung kantor dan utamanya di sentra kawasan bisnis di Indonesia.

Jika kita membandingkan bisnis real estate di tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya sebelum tahun 2017, maka Anda akan tahu bahwa telah terjadi suatu peningkatan tingkat kekosongan ruang kantor mencapai angka 18,4% atau naik sekitar presentase 2,7% dari sebelumnya.

Tentu seperti yang selama ini kita tahu bahwa dalam perkembangan bisnis real estate di Indonesia, Jakarta layak mendapat posisi pertama. Jakarta memang menjadi pangsa pasar yang sangat potensial sebagai kota real estate karena kebanyakan proyek real estate sukses dikembangakan.

Jumlah penduduk yang padat dengan pendapatan ekonomi perkapita yang sangat baik, merupakan kota urban dan berbagai hal lainnya menjadi nilai plus bagi perkembangan bisnis real estate di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Sebagai pasar real estate terbaik di Indonesia, Jakarta tentu juga sangat layak mendapat pembahasan tersendiri karena kebanyakan proyek real estate baru telah laku dijual sebelum konstruksinya selesai.

Hal ini menunjukkan betapa tingginya angka permintaan produk real estate di Jakarta jika dibandingkan dengan pasokan dan proses produksinya sendiri sehingga permintaannya besar melampaui pembangunannya.

Menurut Colliers International, dicatatkan bahwa dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019, sudah terdapat lebih dari 31 gedung komersial baru akan melakukan kegiatan operasional di Jakarta dimana 11 dari 31 gedung lokasinya berada di daerah Sudirman dan sekitarnya.

Perkembangan bisnis real estate di Indonesia bahkan bisa dibilang sangat menggembirakan. Potensi keuntungan yang sangat besar di sektor bisnis yang semakin lama semakin ramai akan didapatkan para pengembang.

Dengan perkembangan bisnis real estate yang semakin bagus ini nyatanya juga menjadikan Indonesia semakin mampu menata keuangan. Sistem keuangan di Indonesia semakin membaik walau beberapa ada yang mengalami gejolak ketidakstabilan.

Bahkan sistem keuangan syariah turut melejit pesat di dunia bisnis real estate syariah di Indonesia. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang ingin membeli produk real estate akan tetapi takut terjebak dengan sistem KPR atau sistem bunga.

Karena itu, mencoba merambah keuntungan di bisnis real estate sangat dianjurkan. Terlebih bisa menjadi passive income dan cara menyelamatkan kekayaan dari inflasi untuk pengembangnya.

Semoga sedikit ulasan yang kami berikan diatas tentang perkembangan bisnis real estate di Indonesia menjadi informasi yang bermanfaat. Yuk, ramaikan bisnis real estate di Indonesia mulai dari sekarang!

Leave a Reply