Pantai Nirwana Padang Sumatera Barat

 

Kota Padang Sumatra Barat adalah kota yang cukup ramai dan menarik. Di provinsi Sumatra Barat, Kota Padang adalah kota yang paling padat penduduknya. Padang sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumatra. Selain daya tarik berupa Jam Gadang, sebenarnya di sana juga ada pantai-pantai indah yang menawarkan pemandangan eksotis dan menarik.

Salah satu pantai ternama yang banyak dikenal oleh masyarakat di sekitar Padang adalah Pantai Nirwana yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pantai Nirwana berada 14km dari kota Padang dan juga tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur.

Pesona pantai ini tidak lepas dari pemandangan alam di sekitarnya yang sangat menarik. Di sekitar pesisir Pantai Nirwana ada banyak pohon kelapa yang membuat suasana di sekitar pantai menjadi teduh dan terlihat cantik. Pemandangan lain yang sangat khas dari Pantai Nirwana adalah kapal-kapal yang hilir mudik dan bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur.

Ketika air laut mulai surut, biasanya batu-batu yang bertebaran di sekitar pantai muncul ke permukaan dan membuat pemandangan menjadi semakin dramatis. Pantai Nirwana memiliki pasir pantai berwarna putih dan air laut yang jernih. Tidak hanya pada hari-hari libur, namun pada hari-hari biasa, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Nirwana tidak hanya terlihat cantik dan indah pada siang hari. Namun pemandangan di malam hari juga tidak kalah menarik. Keindahan pantai ini dimalam hari tidak lepas dari adanya lampu-lampu yang berasal dari Pelabuhan Teluk Bayur maupun berasal dari kapal-kapal dan perahu nelayan. Suasana pada malam hari terasa lebih romantis dibandingkan dengan siang hari.

Pada sore hari menjelang malam, Pantai Nirwana juga sering dijadikan sebagai tempat bersantai menyaksikan sunset oleh para wisatawan. Dengan matahari yang mulai tenggelam di ufuk Barat, pemandangan di sekitar yang dipenuhi tanaman-tanaman tropis dan perbukitan berubah sejuk menciptakan suasana yang indah dan romantis.

Jika ingin menyaksikan sunset yang cantik dan menarik, Anda dianjurkan untuk berkunjung ke Pantai Nirwana pada saat musim kemarau, antara bulan Juni hingga bulan Agustus. Dan pada bulan-bulan tersebut, di malam hari biasanya perahu-perahu nelayan ramai di sekitar pantai dan di kejauhan membuat suasana semakin indah.

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Nirwana

Pertama kali berkunjung ke Pantai Nirwana, kita akan disambut oleh sebuah pintu gerbang. Di sekitar pantai ini sudah ada banyak fasilitas dan akomodasi profesional yang memungkinkan setiap wisatawan untuk menikmati kegiatan wisata mereka tanpa harus khawatir.

Di sepanjang jalan menuju Pantai Nirwana sudah ada banyak fasilitas-fasilitas menarik seperti warung-warung makan (restaurant), cafe, playground, dan camping ground.

Bagi Anda yang tertarik ingin menikmati suasana laut di sekitar Pantai Nirwana juga bisa menyewa kapal atau perahu di sekitar tempat tersebut.

Di sekitar Pantai Nirwana sementara ini belum ada hotel atau penginapan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai tersebut, harus menginap di Kota Padang. Di Padang sendiri ada banyak hotel berbintang atau hotel-hotel murah yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Cara pergi ke Pantai Nirwana

Mengakses Pantai Nirwana cukup mudah karena lokasinya yang dekat dari pusat Kota Padang. Dari kota Padang, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju arah selatan (Jl. Sultan Syahrir). Ikuti saja petunjuk jalan hingga sampai di Pelabuhan Teluk Bayur. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memanfaatkan angkot atau dalam istilah setempat disebut oplet dengan No. 437.

Leave a Reply