Poin Penting yang Harus di Perhatikan dalam Survei Pasar dan Ide Bisnis

Saat ini, dikatakan bila hanya dengan ide saja, Anda sudah dapat memulai bisnis. Hal ini memang benar. Terdapat banyak media dan fasilitas yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal agar ide bisnis Anda terwujud. Tetapi, apakah hanya dengan ini, bisnis Anda pasti akan sukses besar?

Jawabannya adalah tidak. Ide bisnis saja tidaklah cukup untuk membuat bisnis Anda sukses. Anda juga harus melakukan survei pasar untuk mengetahui, apakah ide bisnis Anda benar-benar sesuai untuk pasar yang Anda bidik. Dan Anda harus melakukan ini di awal Anda merintis bisnis Anda.

Untuk dapat memperoleh semua informasi yang dibutuhkan, terdapat beberapa Poin Penting yang Harus di Perhatikan dalam Survei Pasar dan Ide Bisnis. Ketimbang penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bidang Bisnis yang Anda Ingin Geluti

Anda harus mencari tahu lebih dalam mengenai bidang bisnis yang akan Anda geluti. Temukan beberapa informasi penting, seperti area dalam bidang tersebut yang berkembang dan menurun. Tentu Anda harus memilih area yang berkembang agar bisnis Anda sukses.

Temukan juga apakah terdapat konsumen baru pada area tersebut, teknologi yang berpengaruh dan bagaimana menggunakannya untuk keuntungan bisnis Anda. Informasi-informasi inilah yang aka membuat Anda dapat tenang dalam menjalankan bisnis Anda.

Mengetahui Konsumen Lebih dalam

Setelah Anda paham dengan bidang yang Anda geluti, Anda harus mengetahui konsumen yang Anda bidik. Temukan informasi mengenai daya beli pasar, karakteristik pasar pada lokasi yang Anda bidik dan bandingkan dengan produk dari bidang yang sama yang membidik pasar yang sama. Dari data survei pasar ini, perkirakan berapa penjualan yang dapat Anda lakukan pada pasar tersebut.

Kenali Kompetitor

Jangan pernah meremehkan kompetitor yang bergerak di bidang yang sama dengan Anda. Mungkin, mereka baru memulai bisnis ini dan Anda sudah mempunyai pengalaman, atau sebaliknya. Anda harus meneliti bagaimana statistik bisnis mereka, strategi bisnis serta pencapaian mereka. Tentukan kompetitor yang dapat mengancam Anda atau mereka yang berpotensi menjadi batu sandungan Anda di masa mendatang.

Gunakan semua referensi yang ada. Mulai dari meneliti secara langsung dengan melihat bagaimana layanan mereka dan mencoba produk yang mereka tawarkan. Atau, Anda juga dapat menggunakan internet untuk mencari informasi tentang perusahaan yang menjadi kompetitor Anda.

Meskipun penting, sayangnya, banyak pelaku bisnis enggan melakukan survei pasar. Ada banyak alasan yang mereka kemukakan. Mulai dari ketakutan mendapati respon negatif hingga berpikir bila langkah ini hanya membuang-buang uang saja.

Akan tetapi, dengan mengetahui pasar yang Anda bidik, Anda dapat menentukan strategi yang tepat. Dengan survei pasar, Anda juga akan dapat lebih tahan terhadap persaingan bisnis yang cukup ketat saat ini. Dan, hal ini akan memperbesar peluang Anda untuk sukses.

Leave a Reply