Taman Nasional Lorentz Papua

 

Taman Nasional Lorentz merupakan destinasi wisata favorit di Papua. Keindahan alam di Taman Nasional Lorentz sudah tidak perlu diragukan lagi. Luas wilayah Taman Nasional Lorentz yaitu 2,4 juta hektare dan menjadi salah satu taman nasional terbesar se Asia Tenggara. UNESCO telah menetapkan Taman Nasional Lorentz sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1999. Nama taman nasional ini diambil dari nama seorang penjelajah asal Belanda yang melakukan ekspedisinya ke-10 pada tahun 1909, yaitu Hendrikus Albertus Lorentz.

Pemandangan Mempesona nan Alami di Taman Nasional Lorentz

Kawasan Taman Nasional Lorentz membentang dari puncak Gunung Jayawijaya hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakaunya yang berada di laut Arafura. Keanekaragaman hayati yang ada di Taman Nasional Lorentz merupakan ekosistem yang terlengkap di Asia Pasifik. Selain itu, Taman Nasional Lorentz termasuk salah satu dari tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis.

Sebanyak 630 jenis burung dan 70% burung yang ada di Papua dan 123 jenis mamalia ada di Taman Nasional Lorentz. Beberapa jenis burung di antaranya yaitu burung merpati, kasuari, megapoda, burung madu, dan 20 burung endemik seperti burung puyuh salju dan cenderawasih. Untuk jenis mamalianya yaitu seperti walabi, kucing hutan, babi duri moncong panjang dan babi duri moncong pendek, kanguru dan kuskus.

Kemudian, di zona ekosistem sub alpin dan alpin terdapat terdapat hutan bakau, hutan perawan dan nipah di kawasan pantai. Anda perlu tahu bahwa sebagian besar Taman Nasional Lorentz adalah hutan yang keindahan alamnya belum terjamah.

Selain keanekaragaman hayati tersebut, Taman Nasional Lorentz juga memiliki keanekaragaman budaya yang diperkirakan telah berumur 30 ribuan tahun. Taman nasional terbesar di Asia Tenggara ini menjadi tempat tinggal suku-suku di Papua yaitu seperti Suku Dani Barat, Suku Nduga, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat dan juga masih diprediksikan bahwa masih ada suku-suku atau masyarakat yang tinggal dan menetap di hutan rimba.

Di Taman Nasional Lorentz, anda bisa melakukan kegiatan wisata seperti mengenal kekayaan alam Indonesia bagian Timur, jalan-jalan ke pantai, mendaki puncak Cartenz, fotografi, dan menikmati pemandangan indah lainnya di sekitar kawasan Taman Nasional Lorentz.

Namun, untuk fasilitas belum tersedia. Jadi, bagi para wisatawan disarankan untuk membawa perlengkapan camping serta bekal lainnya. Komunikasi seluler pun juga terbatas dan tidak ada ATM, jadi anda harus benar-benar menyiapkan bekal jika ingin menikmati liburan di Taman Nasional Lorentz.

Akses menuju Taman Nasional Lorentz

Naik pesawat dari Kota Timika menuju bagian utara Taman Nasional Lorentz yaitu Kabupaten Panilai atau ke Kabupaten Merauke yang berada di bagian selatan. Kemudian menuju Pelabuhan Sawa Erma menggunakan kapal laut dan melewati jalan setapak menuju ke Puncak Trikora.

Sebelumnya, para wisatawan disarankan untuk menguasai teknik navigasi, survival serta dasar pendaki gunung dan kondisi tubuh yang prima. Untuk info lebih lanjut dan konfirmasi mengunjungi taman nasional ini, anda dapat menghubungi Balai Taman Nasional Lorentz yang terletak di Jalan Raya Abepura, Kotaraja PO BOX 1217 Jayapura, Provinsi Papua Barat.

Leave a Reply