Cara Membeli Emas Antam

Emas merupakan bentuk investasi yang abadi dan tidak dapat lekang oleh waktu. Emas dijadikan sebagai bentuk investasi oleh banyak orang karena nilainya yang selalu stabil. Namun jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Salah satunya pilihan jenis emas seperti emas antam.

Emas antam sendiri adalah emas hasil tambang yang berupa batangan. Sehingga banyak orang yang belum mengerti cara untuk membelinya. Saat ini justru masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membeli emas antam. Tidak sedikit juga orang memiliki setumpuk uang namun tidak tahu cara untuk membeli emas antam. Berikut ini adalah cara membeli emas antam yang bisa Anda lakukan antara lain:

Cara Membeli Emas Antam

Sebelum membeli emas antam atau logam mulia, terlebih dahulu sebaiknya Anda mengecek harga emas pada hari itu. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan berapa gram emas yang bisa dibeli sesuai dengan uang yang dimiliki. Untuk mengecek harganya harus melalui situs-situs website resmi seperti situs pegadaian atau antam.

Menghubungi kantor antam

Setelah mengecek harga emas antam dan perkiraan besaran emas antam yang ingin dibeli. Selanjutnya Anda dapat menghubungi kantor antam terdekat untuk memastikan ketersediaan barang yang diinginkan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang membeli hingga memborong emas antam atau emas batangan setiap harinya.

Siapkan dokumen

Membeli emas antam memang tidak bisa dilakukan begitu saja. Untuk dapat membeli emas antam dibutuhkan beberapa dokumen yang harus telah disiapkan sebelumnya seperti KTP dan NPWP.

Kelebihan dan Kekurangan Emas Antam

Kelebihan

Investasi emas antam sangat mudah dilakukan dan diperoleh oleh setiap orang karena membeli dan menjual kembali emas antam dapat dilakukan dimana saja hampir di semua tempat. Selain di toko konvensional juga dapat melalui toko online. Kapan pun Anda ingin menguangkan atau mencairkan investasi emas antam dapat dilakukan dengan mudah seperti di pegadaian, bank, toko konvensional dan toko online.

Keuntungan investasi emas lainnya adalah pergerakan harga emas yang sangat stabil dibandingkan dengan berbagai mata uang kertas. Karena investasi emas tidak dipengaruhi dan dapat bertahan dari arus inflasi. Adapun jika mengalami penurunan, hal tersebut hanya akan berlangsung sesaat saja. Hal ini berbeda dengan uang kertas yang akan terus dipengaruhi dan tergerus arus inflasi serta tidak memiliki nilai intrinsik.

Kekurangan

Selain kelebihan yang sangat menggiurkan dari investasi emas antam, terdapat juga kekurangan dari investasi emas antam seperti berikut ini:

  • Harga emas yang dapat naik dan turun dengan cepat serta selalu berubah setiap harinya.
  • Investasi emas sangat menguntungkan untuk investasi jangka panjang, namun tidak cocok untuk investasi jangka pendek.
  • Saat ini membeli emas antam telah wajib dikenakan biaya pajak.
  • Harga pembelian emas antam relatif mahal terdiri dari harga dan pajak.

Selain beberapa kekurangan investasi emas antam yang dijelaskan di atas, terdapat juga kekurangan lainnya yaitu Anda akan membutuhkan tempat untuk menyimpan emas antam secara khusus untuk menjaga keamanannya.

Karena menyimpan emas antam dalam jumlah besar di rumah tentu saja memiliki resiko yang sangat besar. untuk menjaga keamanannya Anda dapat menyimpannya di bank. Akan tetapi tentu saja membutuhkan biaya lebih untuk membalas jasa penyimpanan di bank.

Leave a Reply