Perbedaan Emas Antam dan UBS

Dewasa ini emas merupakan satu dari investasi yang baik. Hal itu karena emas memiliki harga yang cenderung naik setiap tahunnya, meski berbentuk emas batangan ataupun perhiasan. Lalu untuk saat ini sendiri ada dua jenis emas yang cocok untuk investasi yaitu emas Antam dan emas UBS.

Kedua emas ini memiliki kesamaan yaitu kadar emas yang 99,99%, tapi tentunya juga memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui. Apa saja perbedaannya? Berikut ini adalah perbedaan emas Antam dan UBS untuk diketahui:

Perbedaan Antara Emas Antam dan Emas UBS

1. Produsen
Emas Antam di produksi oleh salah satu perusahaan BUMN yaitu PT. Antam (Aneka Tambang) Tbk sejak tahun 1973. Sedangkan emas UBS diproduksi oleh sebuah perusahaan swasta yang berada di Surabaya yaitu PT. Untung Bersama Sejahtera yang berdiri sejak 1981.

2. Sertifikat
Perbedaan emas Antam dan UBS lainnya adalah dari sertifikatnya. Emas Antam memiliki sertifikat internasional yang sudah diakui LBMA atau London Buillion Market Association sejak dari 1 Januari 1999. Lalu untuk emas UBS memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT. UBS sendiri.

3. Harga Beli
Perbedaan yang lain dari kedua emas ini adalah harga belinya dimana emas Antam memiliki harga beli yang lebih tinggi dari emas UBS.

4. Ukuran
Emas Antam memiliki beberapa ukuran, yaitu 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, serta 1.000 gram atau 1 kilogram. Sementara untuk emas UBS ukuran yang lebih terbatas dibanding emas Antam, yaitu 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, serta 100 gram.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika emas cocok untuk berinvestasi karena keuntungan yang dimiliki seperti harga yang cenderung naik setiap tahunnya. Namun, ternyata masih ada beberapa keuntungan lain dari berinvestasi emas. Nah, di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari investasi emas.

Baca juga: Investasi Emas Sebagai Aset Finansial

Keuntungan dari Investasi Emas

1. Nilai Emas Cenderung Stabil
Emas menguntungkan untuk investasi karena nilainya yang stabil, artinya harganya tidak akan cepat berubah dalam waktu singkat.

2. Emas Diakui Sebagai Logam Mulia di Dunia
Emas diakui sebagai logam mulia yang memiliki nilai tinggi oleh hampir semua orang di dunia. Hal ini karena sejarah emas dari dulu yang bahkan pernah menjadi alat tukar-menukar.

3. Tingkat Likuiditas
Emas memiliki tingkat likuiditas sangat tinggi yang artinya dapat dengan mudah untuk menukarkan emas yang dimiliki menjadi uang tunai dimana saja secara cepat.

4. Melindungi Nilai Uang dari Inflasi
Mengapa emas sangat cocok untuk investasi, salah satunya adalah karena hal ini yaitu seperti saar dollar turun, nilai atau harga emas tetap terjaga bahkan tak jarang malah menanjak naik.

Nah, itulah beberapa perbedaan emas Antam dan UBS serta keuntungan dari berinvestasi emas yang harus diketahui. Dengan artikel ini diharapkan anda lebih banyak lagi mengetahui tentang emas dari perbedaan hingga keuntungan yang dimiliki.

Leave a Reply