Investasi Emas Sebagai Aset Finansial

Belakangan ini ketertarikan minat masyarakat terhadap investasi semakin besar, tawaran berbagai macam investasi salah satunya emas datang menghampiri. Saat ini sudah banyak lembaga dan juga platform-platform online yang menawarkan investasi emas dengan cara yang mudah, efektif dan efisien. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dasar-dasar tentang dunia investasi emas.

Daftar isi:

  1. Ragam Investasi Emas
  2. Perbedaan Emas Batangan dengan Koin Dinar Emas
  3. Trading Emas untuk Investor Pemula
  4. Investasi Emas Online

1. Ragam Investasi Emas

Ragam Investasi Emas

Meski cukup banyak merek/ brand yang muncul, hakikatnya ragam jenis investasi emas hanya ada 6 yaitu investasi emas fisik (pasif), trading fisik, qirad, trading online-derivatif, gadai dan investasi bodong berkedok emas. Beberapa lagi merupakan turunan dan bentuknya kombinasi. Berikut penjelasan masing-masing Ragam Investasi Emas.

  • Investasi Emas Fisik

Investasi emas fisik adalah investasi emas secara pasif, yaitu membeli kemudian menyimpannya, baik pindah tangan langsung maupun termiliki dengan kondisi tertitipkan (semisal di Safe Deposit Box di bank). Metode transaksi investasi emas fisik konsumen bisa datang dengan membawa uang tunai seperti di toko emas atau transfer online. Atau metode pool account maupun cicilan.

  • Trading Emas Fisik

Investasi emas berikutnya adalah menjadikan emas sebagai komoditas untuk jual-beli, seperti toko dimana kita mendapatkan margin per transaksi. Dengan menjadikan emas sebagai objek jual-beli, kita dapatkan cash selain capital gain. Jenis investasi ini masuk ke kategori investasi aktif-produktif.

  • Qirad

Qirad adalah menjadikan emas fisik yang kita miliki sebagai penyertaan modal dalam sebuah usaha. Investor mendapatkan bagi hasil yang diperjanjikan di awal. Satuan yang diinvestasikan maupun yang dibagi-hasilkan bisa berupa rupiah maupun satuan gram emas. Praktek Qirad yang jamak ditemui adalah dalam bidang usaha perdagangan logam mulia.

  • Investasi Emas Derivatif

Metode ini ada banyak macam dan jika diamati sekilas lebih mirip seperti investasi di trading saham. Investasi emas derivatif masuk kategori hi-risk hi-return. Kita tak pegang fisik emas kecuali jatuh tempo dan kita mengambil opsi ambil fisik. Dana kita diinvestasikan secara multilateral di lalu lintas uang internasional.

Di jenis investasi ini kita kenal ETF (Exchange-Traded Fund), yang menyediakan objek investasi berupa saham, komoditas (termasuk emas) & obligasi. Termasuk juga dalam transaksi emas derivatif adalah transaksi emas berjangka – yang di Indonesia beroperasi di bawah lisensi BAPPEPTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dan terdaftar di BBJ (Bursa Berjangka Jakarta).

Dana investor dikelola broker berlisensi (jumlahnya cukup banyak di Indonesia) yang mendapatkan untung dari margin trading. Mereka sah dan legal. Bahwa ada resiko investasi yg tinggi dalam jenis investasi ini adalah hal lain lagi yang benar-benar harus dipahami oleh investor.Gadai Emas. Untuk gadai, fungsi dan tujuan asalnya adalah pembiayaan. Metode ini adalah cara untuk mendapatkan cash dari emas yang kita gadaikan.

Gadai emas menjadi cara berinvestasi ketika bertingkat dan berlanjut, kita sebut gadai-beli bertingkat. Namun, dengan aturan BI yang baru, gadai lebih cocok dan ‘dikembalikan’ fungsinya untuk pembiayaan. Perlu dana, gadaikan, investor mendapatkan cash, lalu nanti ditebus. Dalam praktek di masyarakat, metode ini dikenal sebagai Kebun Emas. Pada metode ini ada potensi untung dan rugi. Sekali lagi, kenali resiko selain keuntungannya.

  • Investasi Emas Bodong

Tawaran investasi yang ‘seolah-olah’ menempatkan dana investor di emas, tujuannya kumpulkan dana sebanyak-banyaknya lalu pengelola kabur. Ini beberapa kali telah terjadi dengan topeng dan nama aneka macam. Sebut misalnya E, T dan V. Emas hanya sekedar pemanis & penarik dana masyarakat, lalu diberi janji return yang tinggi & tak wajar. Kita sebut model ini sebagai ‘Investasi Emas Bodong’.

Uang investor dikelola dengan skema tertentu (disebut Ponzi Scheme) yang motifnya win-lose & bisa rugikan investor. Jenis investasi emas derivatif – online yang legal tapi beresiko tentu beda dengan investasi emas bodong yang jelas scam dan penipuan. Letak bedanya misalkan pada ijin usaha dan ijin broker.

Emas derivatif terdaftar di BAPPEPTI dan BBJ serta brokernya berlisensi, sementara lembaga investasi emas bodong berbentuk perseorangan, bisa juga koperasi dan unit usaha yang tak jelas dan baru berdiri. Cara pemasarannya pun dilakukan dengan masif, skema MLM dan undangan makan-makan gratis yang mewah dan entertaining.

2. Perbedaan Emas Batangan dengan Koin Dinar Emas

Perbedaan Emas Batangan dengan Koin Dinar Emas

Pilih emas batangan (logam mulia) atau Koin Dinar? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Bagi pemula yang ingin menginvestasikan dananya pada produk emas pastinya bingung jika dihadapakan pada pilihan untuk berinvestasi pada emas batangan atau koin dinar.

Mengapa pada tulisan ini disebutkan koin dinar, bukan dinar saja. Maksudnya agar tidak terjadi kerancuan. Dinar adalah mata uang yang digunakan oleh negara-negara di Timur Tengah misalnya Negara Irak, Iran, Kuwait, Yordania, Libya dan masih banyak lagi. Sedangkan koin dinar yang akan kita bahas disini yaitu emas dalam bentuk koin yang di produksi oleh PT. Aneka Tambang (www.antam.com).

Baik emas batangan maupun koin dinar emas, keduanya sama-sama dibuat dari emas. Yang mana kita ketahui karakter emas selalu mengalami peningkatan nilai dalam jangka waktu yang panjang. Emas batangan dan koin dinar emas merupakan emas yang diproduksi oleh PT. Antam, sehingga kedua produk emas ini memilki Sertifikat Antam yang diakui secara Internasional.

Selain memilki karakter yang sama seperti yang disebut diatas, emas batangan dan koin dinar emas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, perbedaan emas batangan dengan koin dinar emas yang perlu untuk kita ketahui adalah sebagai berikut:

Koin dinar emas merupakan mata uang yang pernah digunakan pada zaman nabi serta kejayaan islam terdahulu sehingga berat dan karatnya sudah mempunyai standar tersendiri. Satu koin dinar emas mempunyai berat 4,25 gram dengan emas kadar 22 karat, sedangkan logam mulia kadar emasnya 24 karat. Karena dikategorikan sebagai perhiasan, maka koin dinar emas dikenakan pajak sebesar 10%.

Harga koin dinar pada saat dibeli sedikit lebih tinggi karena dibebankan juga biaya cetaknya dengan prosentase sekitar 3 sampai dengan 5% dari harga jualnya. Untuk memilki koin dinar emas tidak semudah mendapatkan emas batangan (logam mulia), karena tidak semua toko emas menjual koin dinar emas. Biasanya koin dinar emas dijual di outlet-outlet tertentu.

Ada kesulitan sendiri bagi kita jika ingin menjual koin dinar emas. karena tidak semua tempat mau membeli koin dinar emas. Koin dinar emas akan sangat mudah dijual kepada sesama pengguna atau komunitas dinar emas.walaupun sedikit sulit dalam menjual kembali, nilai jual kembali dari koin dinar emas cukup tinggi dengan perbedaan sekitar 4%.

Koin dinar emas dapat digadaikan di Bank Syariah dan Pegadaian Syariah, dengan nilai taksir sekitar 90%. Investasi dalam bentuk koin dinar emas identik dengan agama tertentu. Akan tetapi sebenarnya tidak ada salahnya bagi agama lain untuk iku berinvetasi dalam bentuk koin dinar emas.

Pada kasus yang sama banyak juga agama lain yang menggunakan layanan bank syariah, walaupun bank syariah merupakan bank yang dibentuk berdasarkan ajaran agama tertentu. Koin dinar emas disertifikasi oleh Komite Akreditasi Nasional serta London Bullion Market Association, yang meupakan lembaga sertifikasi logam mulia yang sangat diakui di tingkat internasional.

  • Kelebihan Emas Batangan (Logam Mulia)

Emas batangan atau logam mulia bebas dari pengenaaan pajak pertambahan nilai (PPN) 10% karena tidak dikategorikan sebagai perhiasan, namu dikategorikan sebagai komoditi. Emas batangan yang ukurannya kecil dari 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr dikenakan biaya cetak. Namun untuk berat emas batangan 100 gram keatas dibebaskan biaya cetaknya.

Emas batangan sangat mudah ditemui dimana saja, ada dijual di toko emas, pegadaian, bank-bank syariah walaupun jumlahnya terbatas. Sifatnya sangat liquid, jika kita membutuhkan dana segera, maka emas batangan bisa langsung dijual ke toko emas maupun tempat-tempat resmi lainnya dengan harga yang bervariasi.

3. Trading Emas Untuk Investor Pemula

Trading Emas Untuk Investor Pemula

Banyak orang mengira bahwa investasi sama dengan trading, padahal kedua hal itu sangat berbeda. Investasi adalah kegiatan pasif untuk mengembalikan modal anda sendiri, sementara trading adalah kegiatan aktif untuk mengelola dan bertransaksi sehingga anda akan mendapatkan penghasilan yang teratur. Dengan begitu, melakukan trading terlihat lebih menarik dibanding dengan investasi. Jika anda melakukan transaksi secara aktif, anda akan mendapatkan penghasilan lebih besar.

  • Cara Efektif untuk Trading Emas

Sebagai pemula, anda tentunya sedang mencari informasi bagaimana cara efektif untuk melakukan Trading Emas. Tentu saja, seperti investasi, melakukan trading tidak boleh sembarangan apalagi jika anda berencana melakukan trading emas online, anda harus membuat rencana yang cukup matang.

Alasan anda memilih emas adalah harga emas yang menjanjikan, anda tidak akan khawatir tentang harga emas yang akan turun karena hal tersebut jarang terjadi. Dalam kenyataannya bahwa harga emas akan terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga trading jenis ini dinilai lebih aman menurut beberapa kalangan profesional.

Untuk bergabung dalam trading emas, anda dapat melakukan tiga langkah mudah. Pertama anda harus mendaftarkan diri ke perusahaan trading atau sering disebut Broker. Untuk memilih Broker, anda harus memilih yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan. Pilihlah perusahaan yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Selanjutnya, anda harus mengajukan syarat perjanjian dengan peningkatan investasi berkala. Terakhir, anda harus memperhatikan modal dan harga jual emas. Anda harus terus mengawasi perubahan yang terjadi di bursa trading, hal ini karena perubahan harga bisa terjadi dalam hitungan menit bahkan detik.

  • Keuntungan yang Didapat Ketika Trading Emas

Jika memang anda sudah bertekad untuk melakukan trading emas, anda pasti juga sudah memikirkan keuntungan yang bisa diperoleh. Adapun keuntungan yang bisa anda dapat dari trading antara lain sebagai berikut.

Anda sebagai trader dapat memulai dengan modal awal sekitar 3 juta rupiah. Kemudian, trading ini dilakukan dalam 24 jam sehari sehingga nilai emas mungkin akan cepat berubah. Berinvestasi emas ini juga biasanya dihitung dalam dollar sehingga penurunan dan kenaikan dipengaruhi oleh harga emas dunia.

Ketika ingin mulai belajar untuk trading khususnya untuk logam mulia/emas. Anda sebaiknya memulainya dengan mencari tahu cara efektif untuk melakukan trading. Dengan mengetahui cara-cara efektif trading emas untuk investor pemula, tentu saja anda dapat mendapatkan banyak penghasilan.

Selain itu, anda juga harus mengetahui keuntungan yang mungkin anda dapat setelah anda bergabung dalam bursa trading. Dengan demikian, trading emas untuk mendapatkan penghasilan lebih diharapkan akan berhasil walaupun anda baru seorang pemula.

4. Investasi Emas Secara Online

Emas Batangan

Orang yang memiliki pendapatan tinggi suka melakukan investasi, salah satunya emas karena nilai jual emas selalu naik. Ada banyak cara dan tempat untuk menginvestasikan emas seperti di bank, pegadaian, toko emas, dan tentunya platform-platform investasi online. Investasi emas online merupakan cara berinvestasi emas yang paling populer saat ini.

Ada banyak keuntungan dari investasi emas yang anda lakukan secara online. Pertama, anda tidak perlu datang ke lembaga jual-beli emas, soal keamanan juga terjamin, dan emas yang anda investasikan bisa anda jual kembali kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan koneksi internet.

Saat ini sudah banyak platform online yang melayani jugal beli emas, contohnya BukaEmas dari Bukalapak, dan TokopediaEmas dari Tokopedia. Dengan modal minim, anda bisa mulai berinvestasi emas mulai dari 0,0001gram (BukaEmas) dan Rp.500 (TokopediaEmas). Selanjutnya, anda bisa memantau pergerakann harga secara realtime.

  • Cara Mudah Investasi Emas Online untuk Pemula

Melakukan investasi emas dengan cara online tidaklah sulit. Jika anda ingin menjadi investor emas melalui media online, anda bisa melakukannya dengan tiga langkah mudah. Pertama, pastikan anda memiliki laptop/komputer, atau smartphone/tablet yang tersambung dengan jaringan internet. Kemudian, carilah lembaga atau website terpercaya yang melayani jual/beli emas (misalnya BukaEmas dan TokopediaEmas). Selanjutnya ikutilah petunjuk atau cara untuk melakukan investasi emas di platform tersebut.

Kesimpulannya, Investasi emas yang dilakukan secara online lebih menguntungkan daripada investasi secara manual. Orang tidak perlu menghabiskan waktu mereka untuk pergi ke bank, pegadaian, atau toko perhiasan untuk membeli emas. Ketentuan jumlah minimal emas yang dibeli juga tak harus banyak, orang bisa memantau perkembangan harga emas, emas yang diinvestasikan lebih aman dan tahan lama, sehingga orang yang bisa mengambil atau menjualnya kapan saja.

Demikian pembahasan tentang Investasi Emas, semoga apa yang kami sampaikan bisa menambah ilmu dan wawasan bagi anda. Selain membahas emas, ada juga instrumen investasi lain yang bisa anda pelajari, salah satunya adalah Investasi Saham, jika anda tertarik untuk membacanya silahkan baca postingan kami tentang Belajar Investasi Saham.

Leave a Reply