Istilah Dalam Bola Basket

Bola Basket adalah olahraga bola kedua yang paling digemari di Indonesia setelah sepakbola. Apabila dibandingkan maka olahraga bola basket akan memerlukan lebih sedikit jumlah pemain yakni hanya perlu sekitar 10 orang saja dengan jumlah 5 orang pemain per timnya dengan ukuran lapangan yang juga lebih kecil dibanding dengan olah raga sepak bola yang akan memerlukan jumlah pemain sekitar 11 orang per timnya dan total berjumlah 22 orang serta luas lapangan yang lebih lebar.

Permainan bola besar basket ini ditemukan oleh James A Naysmith di Amerika Serikat pada sekitar tahun 1891 dan lalu mulai berkembang pesat di benua Eropa juga, sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali istilah dalam basket yang berasal dari bahasa Inggris.

Assist
Assist adalah istilah untuk menyebut pemberian umpan pada sesama pemain satu team yang lalu berhasil di konversi hingga menjadi Bola Masuk atau point.

Passing
Passing adalah operan lemparan bola basket kepada sesama pemain pada team yang sama.

Dribbling
Dribbling adalah proses giring bola dalam bola basket.

Shooting
Shooting ialah lemparan yang dilakukan dengan secara langsung pada ring basket guna mendapatkan nilai.

Short shoot
Short shoot ialah tembakan bola yang dilakukan dari jarak yang dekat

Point Guard
Point guard ini adalah istilah untuk menyebut suatu posisi pemain basket yang merupakan inti team. Pada posisi tersebut akan terdiri dari pemain yang mempunyai kemampuan dribbling dan passing yang di atas rata-rata. Pemain yang ada pada posisi ini haruslah yang lincah, dan cepat larinya serta mampu melalukan handling bola basket dengan baik. Para pemain di posisi Point guard juga merupakan pemberi assist yang memiliki kemampuan shooting yang tak kalah bagusnya juga dengan pemain yang lainnya.

Shooting Guard
Shooting guard ialah posisi yang diisi oleh para pemain basket yang mempunyai spesialisasi untuk melakukan shooting dalam berbagai variasi. Para pemain basket yang mengisi posisi ini haruslah yang mempunyai kemampuan untuk shooting dari berbagai sisi lapangan, diatas rata-rata. Para pemain di posisi ini sangat diandalkan guna memperoleh banyak angka nilai bagi team.

Small Forward
Small forward ialah posisi di depan namun cukup fleksibel juga dalam menemukan ruang yang kosong. Para pemain di posisi ini menjadi pusat serangan team serta diandalkan juga untuk bisa meraih angka.

Power Forward
Power forward ialah posisi yang paling menonjolkan segi kemampuan fisik, yakni baik pada saat duel bola di udara maupun juga pada saat marking menjaga posisi pemain team lawan satu per satu. Posisi ini diisi oleh pemain basket yang tangkas dan cepat menangkap rebound, dan lalu melakukan great wall defense, juga membantu tim guna mencetak angka dengan kualitas fisiknya yang unggul dan prima.

Center
Center ialah posisi central di tengah yang biasanya jadi poros lapangan. Posisi tersebut ditempati oleh pemain yang memiliki tubuh yang tertinggi yang memiliki jangkauan bola yang paling luas. Tugas posisi center ialah guna menangkap seluruh rebound dan melindungi pemain yang akan melakukan shooting dengan cara melakukan block dan lain sebagainya.

Chest Pass
Chest pass ialah melempar bola yang dari posisi dari bagian dada.

Overhead Pass
Overhead pass ialah melempar bola yang dari posisi pada bagian atas kepala

Bounce Pass
Bounce pass ialah melempar bola yang dilakukan dengan cara memantulkannya ke arah lantai

Baseball Pass
Baseball pass ialah melempar bola yang berasal dari posisi di atas atau di belakang bagian kepala

Behind Back Pass
Behind back pass ialah melempar bola yang berasal dari bagian belakang tubuh dan dengan cara memantulkannya ke lantai.

Itulah beberapa istilah dalam permainan bola basket.

Leave a Reply