Apakah Lulusan SMA Bisa Bekerja di Bank?

Beberapa orang mungkin pernah bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah bisa lulusan SMA bekerja di sebuah Bank? Banyak orang yang mungkin mengira bahwa kerja di Bank haruslah memiliki pendidikan minimal di tingkat sarjana atau S1. Namun sebenarnya hal tersebut tidak terlalu benar. Lulusan SMA juga banyak dibutuhkan oleh bank.

Jadi, jawaban dari pertanyaan apakah lulusan SMA bisa bekerja di Bank? Jawaban nya adalah bisa. Sangat bisa. Ada beberapa job desk yang bisa diisi oleh kamu semua yang hanya lulusan SMA. Salah satu Job Desk yang bisa di tempati oleh lulusan SMA adalah menjadi Teller Bank. Kami akan membahas mengenai bekerja di Bank dengan jelas dan detail pada tulisan yang ada dibawah ini.

Lowongan Kerja Di Bank Untuk Lulusan SMA

Memang tak banyak posisi yang bisa ditempati oleh lulusan SMA jika bekerja di Bank. Hanya saja meskipun tidak banyak namun tetap ada. Salah satu peluang besar untuk lulusan SMA bekerja di Bank adalah dengan menjadi Teller Bank.

Teller Bank sendiri memiliki peran yang penting di sebuah Bank entah itu Bank Swasta maupun Bank Negara. Mungkin yang menjadi pembeda dari Teller di satu Bank dengan Bank lain adalah perihal budaya dan aturan. Secara umum job desk seorang teller bank di semua bank adalah sama.

Persayaratan Menjadi Teller Bank

Dari segi pendidikan sendiri, teller bank bisa diisi oleh seorang yang hanya lulusan SMA saja. Karena banyaknya pelamar dan Bank hanya membutuhkan beberapa orang saja untuk bekerja di posisi tersebut maka akan diadakan seleksi yang ketat untuk dapat menempati posisi sebagai teller Bank.

Setelah tahapan seleksi selesai, yang beruntung terpilih menjadi teller bank akan mengikuti tahapan pelatihan atau tranning selama beberapa bulan. Baru setelah itu sudah resmi menjadi pegawai di bank tersebut. Lalu, apa saja kriteria yang dibutuhkan untuk dapat diterima menjadi seorang teller bank? Berikut akan kami jelaskan.

Hard Skill

Yang pertama harus kamu kuasai adalah hard skill. Hard skill bisa dibilang sebagai kemampuan atau keahlian yang bisa terlihat. Sebagai contoh seorang teller Bank harus bisa melakukan hitung dengan cepat. Karena teller bank bekerja menghitung uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Juga karena besangkutan dengan uang maka seorang teller bank harus menguasai setidaknya ilmu dasar akutansi. Hal tersebut sangat penting dalam menunjang penghitungan yang cepat.

Hard skill lain yang harus di kuasai oleh seorang teller Bank adalah mampu berbahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Dengan menguasai bahasa Inggris maka ketika ada nasabah yang berasal dari luar negeri, seorang teller bank bisa dengan mudah memberikan pelayanan dan tidak akan meninggalkan citra yang buruk dari nama bank kepada nasabah orang luar negeri tersebut.

Ketika seorang teller bank tidak mampu berbahasa Inggris dengan baik secara verba maupun non verba maka akan kesulitan ketika menjumpai nasabah luar negeri. Maka dari itu hard skill berupa menguasai dan lancar berbahasa Inggris adalah salah satu modal utama agar bisa di terima sebagai teller Bank.

Soft Skill

Hal berikutnya yang harus dimiliki oleh calon teller bank adalah soft skill. Soft skill bisa dibilang merupakan syarat yang mau tidak mau harus dilakukan oleh seorang teller bank. Soft skill yang harus di miliki oleh seorang teller bank adalah ramah dan sopan. Dengan bersikap ramah dan sopan maka nasabah akan merasa nyaman dan akan meninggalkan citra baik untuk bank tersebut.

Seorang teller bank juga harus komunikatif, komunikatif artinya seorang teller bank mampu bercakap-cakap dengan lancar ketika sedang berhadapan dengan nasabah. Jika seorang teller bank bicaranya gugup dan tidak interaktif maka nasabah akan bosan dan tidak akan datang lagi ke bank tersebut.

Soft skill lain yang harus di miliki oleh seorang teller Bank adalah harus sabar dan ulet. Teller bank berhadapan dengan uang dalam jumlah yang banyak sehingga harus sabar dan ulet untuk menghitung uang tersebut agar bisa balance.

Job Desk Teller Bank

  • Merekap setoran kliring, pemindahbukuan dan inkaso.
  • Selalu menjaga hubungan baik kepada semua nasabah yang menabung di bank tersebut.
  • Memberikan pelayanan kepada nasabah dalam urusan penjualan atau pembelian valuta asing atau biasa juga di singkat sebagai valas.
  • Melayani para nasabah atau non nasabah dalam melakukan setoran dan tarik tunai dari bank tersebut.

Nah itulah sekilas menganai pekerjaan di bank yang bisa di tempati oleh lulusan SMA. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply