5 Rekomendasi Pekerjaan untuk Lulusan SMA

Setelah lulus sekolah, seorang siswa yang berasal dari sekolah SMA mempunyai peluang yang terbuka lebar untuk melanjutkan studi dengan berkuliah di berbagai perguruan tinggi atau memulai karier dengan bekerja. Meskipun sekolah SMA tidak membekali para siswanya dengan skill khusus seperti yang di ajarkan pada sekolah SMK, namun lulusan SMA juga banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan.

Pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan 5 pekerjaan dengan gaji besar untuk kamu yang lulusan sekolah SMA. Apa saja pekerjaan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Content Writer

Pekerjaan pertama yang bisa kamu pilih setelah lulus SMA adalah sebagai seorang Content Writer. Di zaman yang serba digital seperti sekarang, pekerjaan Content Writer sangat dibutuhkan banyak orang. Sebagai contoh kamu bekerja menjadi Content Writer untuk narasi sebuah video youtube, atau menulis artikel blog dan lain sebagainya. Pekerjaan ini memiliki peluang yang besar karena hampir semua produk digital membutuhkan yang namanya tulisan.

Salah satu pekerjaan yang dahulu mungkin bisa dikatakan mustahil tapi di zaman sekarang ada dan nyata. Contoh simpelnya adalah membuka jasa pembuatan caption. Pekerjaan ini terbilang cukup unik dan bisa dibilang aneh. Meski begitu, ada orang yang sukses dengan menggeluti usaha ini yaitu seorang yang bernama Zarry Hendrik. Untuk satu caption standar Zarry Hendrik mematok tarif 50 ribu rupiah. Bayangkan kalau satu hari ada 10 orang yang meminta membuatkan sebuah caption. Kamu bisa kalkulasikan sendiri pendapatan setiap harinya.

2. Customer Service

Pekerjaan berikutnya yang bergaji besar untuk lulusan SMA adalah dengan menjadi Customer Service. Banyak sekali perusahaan besar yang membuka lowongan kerja sebagai Customer Service untuk orang-orang yang lulusan SMA. Bekerja menjadi seorang Customer Service bisa di bilang gampang-gampang susah.

Menjadi seorang Customer Service berarti harus luwes berbicara dan ramah pada konsumen. Rata-rata gaji untuk pekerjaan Customer Service adalah diatas UMR. Kamu bisa mencoba mendaftarkan dirimu menjadi seorang Customer Service di perusahaan atau instansi yang kamu inginkan. Siapa tahu kamu di terima dan bisa mendapatkan gaji yang lumayan setiap bulan nya.

3. Asisten Dokter Gigi

Pekerjaan berikutnya yang kami rekomendasikan untuk kamu yang baru lulus SMA adalah menjadi seorang Asisten Dokter Gigi. Pekerjaan yang satu ini bisa menerima orang-orang yang baru lulus dari sekolah SMA/sederajat. Gaji yang bisa kamu terima jika bekerja sebagai seorang Asisten Dokter Gigi adalah sebesar 2 juta sampai dengan 5 juta rupiah untuk satu bulan. Dengan gaji yang besar dan bekerja di tempat yang banyak orang inginkan tentu akan membuat kamu memiliki strata sosial yang baik di tempat kamu tinggal.

Sebelum kamu bekerja menjadi Asisten Dokter Gigi, terlebih dahulu kamu akan mengikuti seleksi dan berbagai macam tahapan-tahapan. Setelah kamu di terima, maka kamu akan mengikuti pelatihan terlebih dahulu selama beberapa waktu yang telah di tentukan dan jika kamu sudah menguasi ilmunya maka kamu sudah bisa bekerja di klinik sebagai Asisten Dokter Gigi.

4. Guru Les atau Bimbel

Jika dulu ketika sekolah sering mendapatkan nilai yang bagus dan selalu juara kelas, maka peluang besar yang bisa kamu dapatkan setelah lulus sekolah adalah dengan menjadi Guru Les. Kamu tidak perlu mendaftar ke tempat les/bimbel khusus sebagai pengajar. Kamu bisa menawarkan jasa kepada tetangga-tetangga terdekat mu yang memiliki anak masih sekolah SD atau SMP dan mungkin SMA untuk kamu bantu memberi pelajaran tambahan atau les.

Pekerjaan ini biasanya hanya dilakukan selama 4 kali dalam sebulan. Tarif yang paling rendah biasanya sekitar 400 ribu rupiah untuk 4 kali pertemuan dalam satu bulan. Dan itu kamu hanya mengajar satu anak, Jika kamu memiliki murid sebanyak 4 orang maka selama satu bulan kamu akan mendapatkan penghasilan sebesar 1.6 juta rupiah. Dari pada kamu pusing melamar kerja namun tidak mendapat hasil yang memuaskan, alangkah lebih baik jika kamu memanfaatkan skill pelajaran sekolah mu untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi Guru Les.

5. Pramugari

Lulusan SMA juga bisa berpeluang untuk bekerja di penerbangan dengan menjadi Pramugari. Sekarang ini banyak sekali dibuka lowongan pekerjaan menjadi seorang Pramugari dengan syarat minimal pendidikan SMA /sederajat.

Gaji yang di tawarkan untuk seorang Pramugari adalah sebesar 5 juta rupiah per bulan. Itu hanya gaji pokok dan belum lagi tunjangan serta hal-hal lain yang akan kamu dapatkan ketika menjadi seorang Pramugari. Dengan menjadi Pramugari, kamu juga akan bisa jalan-jalan gratis kemanapun tujuan pesawat tersebut.

Nah itulah beberapa pekerjaan dengan gaji besar yang kami rekomendasikan. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply