Jenis Jenis Media Komunikasi

Jenis-jenis media komunikasi sangat beragam mulai dari yang tradisional sampai dengan yang sangat modern. Komunikasi adalah salah satu hal yang penting karena kita bisa memberitahukan kabar berita penting kepada orang lain dengan mudah ketika anda menggunakan media komunikasi yang tepat.

Anda yang hidup di era modern tentu sangat di mudahkan dengan berbagai media komunikasi yang lebih cepat dan mudah digunakan. Lain halnya dengan beragam media komunikasi yang ada di jaman dahulu. Walaupun terlihat ketinggalan jaman, ternyata beberapa media komunikasi jaman dahulu atau yang sering disebut media komunikasi tradisional masih digunakan hingga sekarang.

Di bawah ini anda bisa mengetahui beberapa contoh media komunikasi tradisional dan beberapa media komunikasi di era modern ini.

Contoh Media Komunikasi Tempo Dulu

Jenis jenis media komunikasi tradisional masih bisa kita temukan di jaman yang sudah canggih dengan beragam teknologi. Apa saja yang termasuk dalam media komunikasi tradisional atau yang telah digunakan dari jaman dahulu?

• Surat

Siapa yang tidak mengetahui tentang media komunikasi yang satu ini. Surat sendiri banyak digunakan di jaman dahulu karena menjadi salah satu media komunikasi yang paling efektif untuk mereka yang tinggal berjauhan satu sama lain.

Surat sendiri adalah tulisan yang berisi pesan atau kabar atau apapun yang biasanya ditulis pada sebuah kertas kemudian dilipat dan kemudian dimasukkan ke amplop. Di bagian depan amplop akan ditulisi alamat penerima dan pada bagian belakang akan ditulisi nama pengirim. Surat sendiri sampai saat ini masih dipergunakan terutama untuk mengirimkan dokumen atau surat resmi lainnya.

• Kartu Pos

Tidak banyak yang tahu kalau kartu pos ini pernah menjadi media komunikasi yang sangat efektif pada jamannya. Kartu pos sendiri dicetak dengan beragam desain. Pada jaman dahulu banyak orang yang mengoleksi kartu pos. Kartu pos masih bisa ditemukan hingga sekarang.

Media Komunikasi dengan Telepon Kabel

Salah satu media komunikasi yang sudah mulai menggunakan teknologi adalah telepon. Di jaman dahulu tidak banyak orang yang mempunyai telepon. Biaya pemasangan telepon yang sangat mahal saat itu juga menjadi alasan kenapa tak banyak orang yang menggunakan telepon rumah. Oleh sebab itu untuk tetap berkomunikasi dengan orang yang berada jauh biasanya mereka akan pergi ke Wartel.

Wartel ini adalah warung telekomunikasi dimana anda akan menemukan banyak bilik dengan satu buah pesawat telepon di setiap biliknya. Ketika anda menelepon, anda akan secara langsung melihat berapa biaya yang harus anda bayarkan. Telepon rumah dengan kabel masih bisa kita temukan hingga saat ini namun mungkin kita akan kesulitan menemukan Wartel di era modern ini.

Saat ini telepon rumah sendiri sudah tergeser dengan media komunikasi lainnya yaitu telepon genggam. Telepon genggam ini lebih efektif karena bisa dibawa kemana saja. Kini anda lebih banyak tahu tentang jenis media komunikasi .

Leave a Reply