Kelebihan Bidang Bisnis Investasi Properti

Ada banyak instrumen investasi yang bisa dijalankan sebenarnya. Salah satu instrumen investasi yang real dan banyak orang berminat menjalankannya karena faktor keuntungan, resiko dan berbagai kelebihan dibaliknya adalah investasi properti.

Investasi properti sangat menguntungkan dalam produk apapun. Entah itu investasi properti berupa pembelian rumah atau tanah semuanya menguntungkan. Properti bahkan salah satu cara mengamankan keuangan yang bisa dijalankan, uang bisa tergerus inflasi sehingga nilainya turun, maka properti akan mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

Lantas, apa sajakah kelebihan dalam investasi properti yang bisa didapatkan namun tidak dapat ditemukan ketika kita menjalankan investasi lain? Berikut ulasannya untuk anda.

Kelebihan Bidang Bisnis Investasi Properti

Memiliki suatu nilai tambah

Investasi properti merupakan investasi dengan nilai tambah yang cenderung besar bisa kita dapatkan. Nilai tambah ini bisa berasal dari pengembangan pembangunan dimana properti dibangun diatas bidang tanah kosong. Kemudian dapat digunakan dan mendapatkan suatu keuntungan yang berlipat ganda.

Misalkan sebuah café dibangun diatas sebuah tanah kosong yang dibeli, dan ternyata café yang dibangun tersebut berada diarea yang lokasinya strategis dan memiliki akses fasilitas yang baik. Dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang baik akan menjadikan sebuah bangunan yang dibangun menjadi café tersebut berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Selain itu dengan letak properti yang cenderung strategis, harga sewa dari café juga akan berbeda dengan properti yang terdapat di area pinggiran kota.

Keuntungan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun

Nilai dari suatu produk properti akan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dimana keuntungan tersebut setiap tahunnya akan berpotensi mengalami kenaikan karena kelangkaan lahan dan nilai mata uang yang terus menerus berubah dan cenderung naik.

Properti juga menjadi investasi yang menguntungkan karena dapat membantu untuk mempersiapkan dana pensiun. Anda bisa segera mengalokasikan dana di masa muda Anda untuk menikmati masa pensiun yang lebih indah bersama kepemilikan berbagai produk properti.

Produk investasi properti dapat dijadikan agunan

Bagi seorang investor yang sudah melakukan investasi properti tentu suatu produk investasi dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman atau agunan. Melalui cara ini seorang investor akan bisa mendapatkan properti pada bidang yang lain.

Kemudian untuk pinjaman maka harus adanya pengembalian hutang. Soal pengembalian hutangnya tak perlu bingung karena pengembalian hutang atas pinjaman bisa dilakukan dengan memanfaatkan keuntungan yang didapatkan.

Misalkan ketika seseorang menjaminkan sertifikat rumah untuk mengambil pinjaman membeli rumah lagi, maka dana pinjaman atau cicilan bulanan atas rumah kedua yang dibeli dengan metode pinjaman bisa dibayar dengan pendapatan dari rumah yang sudah beroperasi.

Misalkan jika rumah disewakan atau dijadikan tempat kost, tentu hal tersebut akan menguntungkan bagi peminjam sementara uang hasil hutang bisa diputar lagi untuk modal properti yang lain.

Investasi jangka panjang

Investasi properti memberikan peluang kepada seseorang untuk mengalokasikan dana jangka panjang dibandingkan dengan investasi emas atau deposito. Kemudian sifat properti juga dapat bertahan lama sementara harganya terus menerus melambung tinggi tanpa mengurangi harga.

Tentu saja kapitalisasi harga jual dan harga beli dari suatu produk properti tergolong sangat menguntungkan. Keuntungannya tetap besar walau tujuannya adalah untuk jangka panjang. Karenanya sangat dianjurkan investasi ini dijalankan.

Sebagai passive income

Kelebihan investasi properti yang tidak akan bisa didapatkan pada produk investasi yang lain adalah sebagai passive income. Itu berarti bahwa investor bisa mendapatkan keuntungan setiap bulan tanpa perlu bekerja, setelah properti selesai dibangun, properti tersebut bisa disewakan.

Dengan demikian tentu menjadikan investor tidak perlu memiliki pekerjaan yang terikat atau tak perlu memiliki pekerjaan berat untuk bisa mendapatkan penghasilan tetap.

Itulah berbagai kelebihan investasi properti yang tidak bisa didapatkan di investasi lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Budayakan investasi properti sejak dini dan dapatkan hasil menguntungkan di kemudian hari.

Leave a Reply