Manfaat Ampas Kopi

ampas kopi memiliki manfaat maka jangan dibuang dulu

Kopi hitam banyak disukai karena memiliki aroma yang kuat dan rasa yang nikmat. Selain rasa dan aroma, satu hal lain yang khas dari kopi hitam adalah ampas yang tersisa. Ternyata, ampas kopi dapat digunakan untuk kesehatan kulit dan kesuburan tanaman lho. Oleh sebab itu, jangan langsung dibuang agar manfaat ampas kopi dapat kamu rasakan.

Ampas Kopi untuk Kecantikan dan Perawatan Rambut

Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah karena merupakan salah satu sumber antioksidan tinggi yang ampuh melawan radikal bebas. Dengan menggunakan masker ampas kopi, maka kulit wajah akan halus, lebih cerah, lembab, terhindar dari minyak dan jerawat, dan bebas komedo. Noda bekas jerawat pun dapat diatasi dengan rutin mengaplikasikan masker ini.

Baca juga: Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan Wajah

Selain menjaga kesehatan kulit wajah, ampas kopi juga dapat dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Ampas kopi dapat membuat rambut menjadi lebih lembut, dan warnanya tidak kusam. Cara pengaplikasiannya pun mudah, cukup oleskan ampas kopi ke seluruh rambut yang sudah dibasahi air, lalu gosok perlahan kemudian bilas rambut hingga bersih menggunakan air.

Mencuci Peralatan Dapur dan Rumah Tangga

Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran yang membandel sekalipun. Peralatan dapur seperti wajan dan panci dapat dicuci menggunakan ampas kopi sehingga kembali kinclong dan tidak bau. Peralatan memasak yang terbuat dari kayu pun dapat dicuci menggunakan ampas kopi, selain bersih dan tidak bau, permukaan kayu akan kembali seperti baru.

Kemampuan ampas kopi untuk menghilangkan bau dapat berguna bagi tempat cucian gerabah yang biasanya kotor, amis, dan permukaannya tidak kesat. Dengan membersihkan tempat cucian tersebut menggunakan ampas kopi maka dapat membuat seluruh permukaan bersih dan wangi. Mengingat, aroma ampas kopi cukup harum, bahkan dapat digunakan sebagai pengharum ruangan atau mobil.

Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman

Bagi pencinta kopi yang juga senang berkebun, maka akan mendapat manfaat berkali kali lipat dari sisa kopi ini. Salah satunya adalah membuat tanaman menjadi subur. Hal tersebut karena ampas kopi terkenal memiliki kandungan gas nitrogen dalam kadar yang tinggi. Kandungan gas tersebut merupakan sumber kompos yang baik bagi pertumbuhan tanaman, dan dapat dicampur dengan dedaunan.

Agar tanaman terhindar dari hama, maka ampas kopi dapat menjadi solusinya. Caranya cukup mudah, campurkan saja ampas kopi dengan tanah kemudian taburkan secara merata di sekitar tanaman. Dengan begitu, hama tanaman seperti siput akan enggan mendekati tanaman. Tidak heran, apabila banyak yang menggunakan ampas kopi sebagai pestisida alami.

Apakah menyesal pernah membuang ampas kopi? Karena sudah mengetahui manfaatnya yang begitu banyak, jangan sampai membiarkan ampas kopi terbuang sia-sia lagi. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan baik itu untuk perawatan kecantikan, membersihkan peralatan dapur, menyuburkan tanaman, atau mengharumkan ruangan. Namun, jangan menyimpan ampas kopi terlalu lama karena khasiatnya akan berkurang.

Leave a Reply