5 Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh

Konsumsi kopi hitam rutin bisa mengurangi resiko sakit jantung dan kanker

Buat kamu penggemar kopi, sudah tidak asing lagi dengan kopi hitam kan? Salah satu jenis kopi yang populer di kalangan penggemar kopi di Indonesia bahkan dunia ini punya rasa yang khas dan bisa divariasikan dengan campuran bahan minuman lainnya, seperti susu dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu kalau manfaat kopi hitam tidak hanya mengurangi rasa kantuk saja?

Ya, kopi hitam ternyata memberikan manfaat yang menyehatkan buat tubuh kita tanpa disadari. Bagi kamu yang belum tahu manfaat-manfaatnya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalau kamu suka minum kopi hitam tanpa dikasih gula, kamu bisa mendapatkan manfaat yang satu ini. Minuman kopi hitam tanpa gula akan menjaga kesehatan tulang kamu sehingga kamu terhindar dari penyakit tulang, seperti osteoporosis. Di dalam jenis kopi ini kaya akan kandungan kalsium yang memang dibutuhkan sebagai asupan zat yang sangat penting buat tulang manusia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjaga kesehatan tulang, manfaat kopi hitam lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan jantung. Kopi memang sangat terkenal ampuh mengurangi resiko penyakit jantung, tapi manfaatnya akan lebih optimal kalau kamu mengkonsumsi kopi hitam.

Kalium pada kopi ini akan memperkuat semua otot-otot jantung. Kalau kamu mengkonsumsinya dalam kadar yang masih wajar, detak jantung kamu akan selalu stabil. Penyumbatan darah juga bisa diatasi dengan cepat kalau kamu meminumnya tanpa gula.

3. Mencegah Diabetes

Minum kopi hitam tanpa dikasih gula juga memberikan efek yang menyehatkan yaitu bisa mencegah diabetes. Resiko terkena diabetes akan semakin menurun karena pahitnya kopi bisa ampuh mengurangi gula yang ada di dalam darah.

Tidak hanya itu, produksi insulin juga semakin teratur karena kopi hitam juga sekaligus menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Kamu yang sedang mencari cara untuk diet sehat, bisa mencoba konsumsi kopi hitam secara teratur. Khasiatnya bisa kamu dapatkan dengan lebih cepat kalau kamu menyeimbanginya dengan olahraga yang teratur juga.

Kenapa bisa membantu menurunkan berat badan? Kopi hitam akan memberikan peningkatan yang lebih tinggi sekitar 50% dan cepat membakar lemak-lemak dalam tubuh saat kamu mengkonsumsinya teratur. Sel-sel lemak nanti juga akan terpecah dan menggantinya menjadi sumber energi.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Semakin umur bertambah, kemampuan daya ingat juga bisa berpengaruh, seperti penurunan daya ingat ketika sudah memasuki umur 40 tahun ke atas. Selain itu, resiko penyakit pada fungsi otak seperti demensia mau pun alzheimer bisa semakin meningkat di usia-usia itu.

Agar bisa mencegah penyakit fungsi otak itu, sebaiknya kamu secara rutin minum kopi hitam karena manfaat kopi hitam juga bisa menurunkan resiko penyakit otak sekaligus meningkatkan daya ingat.

Baca juga: Manfaat Ampas Kopi

Mengkonsumsi kopi hitam tidak ada salahnya dilakukan secara rutin. Tapi, perhatikan jumlah banyaknya kamu minum. Pastikan kamu mengkonsumsinya setidaknya 1 gelas sehari atau 1 gelas 2 hari sekali. Kalau kamu terlalu banyak mengkonsumsinya dalam sehari, justru akan memberikan efek samping yang tidak sehat.

Leave a Reply