Cara Memilih Kontraktor Rumah Terbaik dan Terpercaya

Bagi Anda yang akan membangun sebuah rumah baru atau sedang dalam proses renovasi dan ingin memiliki rumah sesuai dengan harapan, impian dan cita-cita, sangat dianjurkan agar Anda cermat dalam memilih kontraktor.

Jangan sampai Anda mengalami salah pilih kontraktor karena bisa-bisa bangunan impian Anda tidak bisa menjadi kenyataan. Bahkan bisa mengalami kerugian yang Anda tidak inginkan, belum lagi kalau kontraktornya tidak bisa dipercaya, mereka berpotensi menyebabkan bangunan Anda mangkrak.

Lantas, bagaimana cara memilih kontraktor rumah terbaik dan terpercaya? Berikut tips dan trik yang Anda harus tahu agar tidak sampai salah pilih.

Cara Memilih Kontraktor Rumah Terbaik dan Terpercaya

Pilih kontraktor rumah yang memiliki badan hukum

Cara memilih kontraktor rumah yang perlu diperhatikan adalah pilih kontraktor yang memiliki badan hukum. Pastikan kontraktor yang akan Anda ajak kerjasama tersebut memiliki kantor yang jelas serta memiliki surat izin secara resmi.

Tanyakan dan periksa juga tentang bagaimana legalitas kontraktor tersebut. Reputasi dari kontraktor yang telah berbadan hukum juga sangat mudah untuk dilacak dari pekerjaan yang memang sudah mereka tangani.

Cek hasil kerjanya

Cara selanjutnya yang juga sangat penting untuk Anda perhatikan adalah menilai hasil kerja dari kontraktor. Hasil nyata tentu saja yang harus jadi bahan pertimbangan untuk penilaian. Bukan hasil yang hanya berupa kata orang, foto atau gambar saja.

Anda harus mendatangi ke lokasi yang pernah dibangun oleh kontraktor tersebut. Jadi jangan Anda mudah percaya juga pada cerita atau foto-foto bangunan yang disodorkan. Luangkan sejenak waktu untuk memeriksa hasil kerja kontraktor yang bersangkutan.

Pastikan memilih jasa kontraktor yang banyak direkomendasikan orang

Mereka yang merasa puas dengan hasil kerja suatu kontraktor tentunya tidak akan merasa segan memberi suatu rekomendasi. Jadi ada baiknya untuk Anda menghimpun informasi sebanyak mungkin tentang sepak terjang suatu kontraktor.

Jangan hanya menilai baik atau tidaknya dari akun sosial media atau perkataan orang saja. Tapi pastikan juga bahwa banyak orang yang merasa puas dengan kinerja mereka dan kalau perlu tanyakan langsung kepada client yang bekerja sama dengan suatu kontraktor tersebut.

Jika memang banyak yang mengatakan baik dan banyak yang memberikan rekomendasi positif, maka Anda bisa memilihnya.

Ketahui siapa saja yang terlibat dalam pembangunan

Suatu kontraktor tentu saja bukan perorangan. Kontraktor merupakan badan atau lembaga yang terdiri atas sekumpulan orang-orang. Besar kemungkinan dia akan melibatkan pihak lain untuk beberapa pekerjaan misalkan interior rumah, dapur dan sebagainya.

Jadi sebaiknya Anda pastikan untuk mengetahui dengan siapa saja kontraktor tersebut melakukan kerjasama.

Cari tahu spesialisasinya

Yang dimaksud spesialisasi disini adalah bahwa suatu kontraktor tersebut terbiasa dalam mengerjakan bangunan jenis apa. Karena tentu jenis bangunan ini banyak sekali, sebagai contoh misalkan jika Anda berniat untuk bangun rumah dengan gaya minimalis, maka sangat dianjurkan untuk memilih kontraktor yang ahli dalam bangunan gaya tersebut.

Lain halnya jika berniat bangun rumah bergaya gotic, maka Anda harus mencari kontraktor yang juga memiliki spesialisasi dalam bangunan bergaya gotic juga.

Bersedia terikat dalam suatu kontrak

Biasanya seorang kontraktor yang professional akan membuatkan suatu kontrak kerja. Isi dari kontrak kerja sendiri merupakan hasil musyawarah antara pemilik rumah dengan pihak kontraktor yang diutus bekerjasama. Baiknya dalam pembuatan kontrak kerja, semua hal diatur sedetail mungkin.

Mulai dari kapan pembangunannya, apa material bahan yang digunakan dalam proses pembangunan, bagaimana cakupan biayanya, jenis materialnya serta seperti apa tahapan pembayarannya.

Anda juga harus perhatikan garansi dari kontraktor. Hal tersebut juga harus dimasukkan didalam kontrak kerja. Jadi jangan lupa untuk membubuhkan materai agar kontrak kerja tersebut juga bukan hanya berupa kontrak kerja melainkan juga memiliki suatu kekuatan hukum yang kuat.

Seorang kontraktor yang baik akan senantiasa memberi jaminan atas hasil kerjanya. Inilah mengapa suatu kontraktor harus memberikan garansi kepada client. Dengan pemberian garansi, kedua belah pihak akan merasa sama-sama diuntungkan dan tentunya kontraktor tidak akan merugikan client, dan client yang puas akan berpotensi kembali menggunakan jasa yang sama suatu hari nanti ketika membutuhkan kembali.

Ada berbagai jenis garansi mulai dari uang sampai pengerjaan atau perbaikan cuma-cuma ketika terjadi masalah pada bangunan yang dibangun. Namun kebanyakan kontraktor memberikan garansi yang kedua yaitu perbaikan gratis jika terjadi suatu masalah.

Leave a Reply