Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Modal Patungan

Banyak orang mengatakan saat ini, hanya dengan ide saja, Anda sudah dapat merintis sebuah bisnis. Namun, untuk mewujudkan ide tersebut menjadi kenyataan, tetap saja, modal dana sangat dibutuhkan. Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah modal ini. Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis patungan.

Anda dapat mengajak teman, keluarga atau saudara Anda untuk menjalankan bisnis dengan konsep ini. Sayangnya, ada banyak kasus bisnis serupa yang seringkali gagal.

Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis ini dengan benar? Jangan khawatir, Kenali 5 Pemicu Gagalnya Merintis Bisnis Patungan yang tentunya bisa Anda hindari dalam menjalankan bisnis kali ini. Simak ulasan lengkapnya.

1. Meremehkan dan Tidak Profesional

Banyak orang yang menjalankan bisnis dengan konsep patungan seperti ini dengan mengajak orang-orang yang memang mempunyai hubungan dekat dengan mereka. Hal ini menyebabkan mereka tidak mempersiapkan diri untuk masalah yang mungkin terjadi pada bisnis mereka di masa depan.

Mereka merasa bahwa semuanya akan selalu berjalan baik-baik saja. Tanpa adanya aturan dan konsep yang jelas, maka saat masalah datang pada bisnis mereka, hubungan mereka menjadi tidak baik. Tentunya, hal ini juga berdampak pada bisnis yang mereka bangun.

2. Pembagian Porsi Kepemilikan

Seperti disebutkan dalam poin pertama, karena tidak adanya profesionalisme dan aturan yang jelas, maka setiap pihak tidak dapat mengetahui porsi tepat untuk mereka.

Tiap pihak merasa paling berjasa dalam mengembangkan bisnis yang dibangun. Saat datang masa pembagian keuntungan, maka akan terjadi perpecahan dalam bisnis ini.

3. Pihak Ketiga

Masalah yang datang pada bisnis patungan juga sering datang karena adanya pihak ketiga yang mempengaruhi orang yang dalam bisnis ini. Karena adanya pengaruh ini, ditambah tidak adanya aturan yang jelas maka kegagalan pasti akan terjadi.

4. Tidak Adanya Pemimpin

Karena orang-orang yang terlibat dalam bisnis ini mempunyai hubungan yang dekat, maka konsep kesetaraan diterapkan dengan sangat kuat disini. Hal ini menyebabkan tidak adanya orang yang dapat dijadikan pemimpin dan mempunyai posisi lebih tinggi dari pihak lainnya.

Mungkin Anda melihat kondisi ini merupakan kondisi yang baik, karena setiap orang mempunyai kedudukan yang sama. Namun, perusahaan dapat diibaratkan layaknya sebuah kapal. Tanpa adanya nahkoda, maka kapal tersebut akan berlayar tanpa arah. Tanpa adanya pemimpin dalam bisnsi ini, maka tidak ada orang yang mengambil keputusan dan tentunya berujung pada hancurnya bisnis tersebut.

5. Masalah Komunikasi

Empat poin diatas dapat berakhir pada memburuknya komunikasi antara pihak yang terlibat dalam bisnis patungan ini. Bila hal ini sudah terjadi, maka kegagalan dan kebangkrutan akan sangat sulit dihindari. Bisnis dipastikan tidak akan dapat berkembang dan sukses seperti yang diinginkan semua pihak yang terkait diawal merintis bisnis.

Nah, maka dari itu, Anda diwajibkan untuk Kenali 5 Pemicu Gagalnya Merintis Bisnis Patungan yang tentunya bisa memicu keretakan antar pelakunya, serta bisnis yang Anda jalankan bersama rekan atau keluarga pada akhirnya harus di hentikan. Oleh karena itu, hidari hal-hal tersebut agar bisnis Anda berjalan lancar dan berkembang.

Leave a Reply