Pilar Penting Dalam Membangun Tim Bisnis yang Solid

Seiring dengan berkembangnya bisnis, tentu Anda tidak akan bisa melakukannya sendiri. Tentu saja, Anda memerlukan bantuan tim bisnis. Tidak masalah apakah tim bisnis tersebut adalah tim bisnis yang berasal dari keluarga ataupun karyawan yang Anda rekrut.

Yang paling penting adalah bagaimana menjaga tim bisnis Anda tersebut bisa tetap kompak dan menjalankan peran masing-masing dengan baik dan maksimal. Untuk mencapai hal tersebut, ada beberapa Pilar Penting yang perlu Anda terapkan.

Sampaikan pada mereka mengenai goal dan tujuan-tujuan dijalankannya bisnis tersebut. Harapannya, dengan memahami goal dan tujuan bisnis Anda, tim bisnis Anda akan lebih semangat dan bekerja lebih maksimal dari sebelumnya.

Selain menyampaikan goal dan tujuan bisnis, sampaikan pula bahwa Anda sangat membutuhkan bantuan mereka untuk meraih goal bisnis tersebut. Sembari memberitahukan visi dan misi serta goal bisnis, Anda pun harus mempelajari karakteristik tim Anda.

Pasalnya, karakter manusia berbeda-beda dan tidak mungkin bisa diperlakukan sama. Dengan memahami satu per satu anggota dari tim Anda, maka Anda akan lebih mudah dalam mengatur mereka. Sebaliknya, mereka pun merasa bahwa Anda sangat paham dengan mereka.

Saling memahami inilah yang akan membuat tim Anda bisa bekerja secara baik dan kompak. Jangan lupa untuk memberikan motivasi kepada mereka sehingga mereka memiliki kemauan untuk terus bekerja keras.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing tim bisnis Anda. Kemudian, tempatkan mereka dalam divisi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan yang Anda berikan.

Hasilnya pun kemungkinan besar akan sangat memuaskan karena mereka sangat menyukai dan memiliki kemampuan di bidang tersebut. Anda pun harus menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Ada kalanya tim bisnis Anda akan melakukan kesalahan kecil. Menegur mereka saat berbuat kesalahan sah-sah saja Anda lakukan. Namun, Anda harus memastikan bahwa teguran Anda tersebut tidak menjatuhkan mental mereka.

Untuk itu, jangan terlalu keras saat menegur tim Anda yang melakukan kesalahan. Ada baiknya menunjukkan kesalahan mereka sekaligus memberitahukan cara yang benar sehingga mereka tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Usahakan untuk menegur mereka tidak di depan anggota tim yang lain sehingga anggota yang bersalah tidak merasa malu. Jika performa mereka menurun, selidiki terlebih dahulu mengapa tim bisnis Anda tersebut menurun.

Ada kalanya mereka memiliki masalah yang belum terselesaikan. Untuk itu, ada baiknya untuk membantu masalah mereka. Jika masalah mereka terselesaikan, maka tidak ada yang perlu mereka pikirkan dan selanjutnya mereka bisa fokus untuk mengerjakan pekerjaan mereka kembali.

Leave a Reply