Pilar Penting yang Mendasari Bisnis Money Changer

Peluang bisnis money changer atau jasa penukaran mata uang bisa di bilang menjadi bisnis yang sangat menggiurkan di Tanah Air. Indonesia yang memang familiar kaya akan pariwisatanya tentunya banyak dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara. Mereka tentu memerlukan jasa ini untuk dapat menukarkan mata uang mereka.

Nah, bila Anda tertarik dengan bisnis ini, Anda tentu wajib mengetahui beberapa hal mengenai Pilar Penting yang Mendasari Bisnis Money Changer. Ketimbang penasaran, simak pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Money Changer?

Sebelum memulai bisnis ini, Anda harus mengetahui tentang bisnis ini terlebih dahulu. Bisnis money changer pada dasarnya adalah Anda bertugas untuk menyediakan mata uang negara tertentu untuk ditukar dengan mata uang negara lain. Anda didalam bisnis ini dapat disebut sebagai pedagang mata uang asing. Bisnis Anda ini akan sangat bergantung pada perdagangan internasional.

Nilai Tukar
Nilai tukar mata uang yang Anda tawarkan dipengaruhi oleh seberapa sering mata uang tersebut digunakan dalam bertransaksi. Misalnya, Dollar Amerika Serikat, yang sering digunakan akan memiliki nilai yang tinggi. Sedangkan, mata uang yang jarang digunakan akan memiliki nilai yang rendah. Disinilah terdapat peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan untuk mengambil keuntungan.

Fungsi Bisnis Ini
Fungsi bisnis money changer pada dasarnya untuk mempermudah mereka yang membutuhkan mata uang asing dalam jumlah kecil. Hal ini juga yang membedakan bisnis money changer dengan bank. Anda juga dapat menukarkan uang di bank dengan mata uang asing. Tetapi, hal ini hanya dapat dilakukan dengan jumlah yang besar.

Sedangkan money changer dapat melayani penukaran uang dalam jumlah kecil. Atau dapat dikatakan, bisnis ini menawarkan jasa untuk perorangan. Pihak yang menggunakan jasa bank biasanya adalah perusahaan ekspor impor atau para investor asing. Sedangkan money changer biasanya digunakan oleh para wisatawan atau individu yang menetap di negara lain.

Keuntungan
Nilai tukar antara mata uang asing berbeda dan selalu bergerak tiap harinya. Perbedaan inilah yang akan Anda manfaatkan untuk mengambil keuntungan. Terdapat dua jenis nilai yang dapat digunakan disini yaitu nilai jual dan nilai beli. Bila Anda mampu memanfaatkan nilai jual dan nilai beli, disinilah letak peluang bisnis ini.

Nilai jual merupakan nilai dimana Anda menjual mata uang asing kepada pembeli atau orang yang ingin menukarkan mata uang negara mereka dengan mata uang asing. Sedangkan, nilai beli digunakan saat Anda membeli mata uang asing dari orang yang ingin menukarkannya dengan mata uang negara mereka.

Contohnya, untuk Indonesia, maka nilai jual adalah saat Anda menjual Dollar AS untuk ditukarkan dengan Rupiah yang dibutuhkan konsumen. Sedangkan nilai beli Anda gunakan saat menukarkan Dollar dari konsumen Anda dengan Rupiah. Perbedaan nilai tukar kedua mata uang inilah yang dapat memberikan Anda peluang bisnis dan keuntungan.

Leave a Reply