Menentukan Target Market Untuk Bisnis Online

Sukses tidaknya suatu bisnis ditentukan oleh ramai tidaknya peminat yang tertarik pada produk yang kita jual. Jika produk yang kita jual laris di pasaran, itu artinya bahwa seorang pebisnis sudah mampu memikat pasar.

Namun yang jadi masalah utamanya bagi seorang pemula adalah tentang cara menentukan target market yang tepat untuk menjalankan bisnisnya. Tanpa upaya untuk menentukan target market yang tepat tentu suatu bisnis online tidak akan berjalan maksimal karena kita tidak tahu arah bisnisnya dan kemana target market yang ingin dicapai.

Mengenai seperti apa cara menentukan target market untuk bisnis online, disini kami akan berikan informasi selengkapnya yang perlu Anda tahu.

Menentukan Target Market

Cari tahu siapa orang yang akan menggunakan produk Anda

Guna mencari tahu siapa pelanggan yang potensial, Anda harus paham dulu tentang masalah yang bisa diselesaikan oleh suatu layanan atau produk Anda dan adakah orang yang mau membayar untuk itu atau tidak.

Jika memang ada, siapa orangnya harus Anda tahu. Sementara jika tidak ada, Anda harus berani menerima keadaan tersebut karena mungkin ide bisnis Anda belum dapat diterima untuk saat ini. Jadi pikirkan dulu semuanya secara baik dan sematang mungkin.

Tentukan target pasar atas produk Anda

Penentuan target pasar sendiri dapat ditentukan atas dasar beberapa aspek diantaranya yaitu:

  • Geografi: lokasi atau daerah target pasar Anda berada saat ini
  • Demografi: jenis kelamin, usia, penghasilan dan sebagainya
  • Harga: cara ini merupakan suatu cara yang dinilai efektif karena kekuatan ekonomi setiap orang yang berbeda-beda. Sehingga Anda dapat menentukan target pasar sesuai dengan harga yang sudah disepakati dan Anda tetapkan.

Ketahui kebutuhan target pasar Anda

Setelah Anda menentukan siapa konsumen Anda, kemudian selanjutnya adalah Anda harus mencari informasi atas kebutuhan konsumen yang Anda sedang tuju. Cara ini dapat dilakukan dengan tes produk.

Melalui cara ini Anda bisa tahu kebutuhan pasar atas produk yang Anda tawarkan. Anda dapat mencoba untuk mengikuti bazaar sebagai salah satu media pengenalan produk Anda.

Jadi Anda perlu memaksimalkan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang kebutuhan target pasar Anda.

Lakukan survey pelanggan

Sikap optimis memang dapat menjebak seseorang untuk melebih-lebihkan ukuran target market. Padahal kenyataannya orang yang butuh suatu layanan atau produk tidak sebanyak asumsi Anda. Karena itu, jauh lebih baik untuk Anda melakukan survey ke lapangan guna mencari tahu kondisi pasar secara langsung.

Riset menjadi hal yang sangat penting karena riset akan memberikan kepada Anda berbagai data yang berguna untuk mencermati kebutuhan pelanggan.

Amati kompetitor Anda

Anda dapat menentukan target market Anda dengan mengamati kompetitor yang sudah memulai usahanya lebih dulu. Anda bisa belajar bagaimana cara kompetitor Anda tersebut melakukan upaya pemasaran.

Anda bisa berjalan dengan mulai melihat keunggulan serta kelemahan dari competitor. Hal ini tentu sangat penting untuk membantu Anda dalam menemukan strategi yang berbeda demi menarik pelanggan untuk mau menerima dan menggunakan produk Anda.

Lakukan penentuan strategi pemasaran

Setelah Anda melakukan evaluasi atas target pasar, kemudian selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Hal ini menjadi suatu bagian yang sangat penting untuk dilakukan karena masing-masing target pasar sebenarnya memiliki gaya, keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, untuk Anda yang memiliki suatu bisnis online dengan target pasar di rentang usia 17 sampai dengan 20 tahun, maka target pemasarannya harus melalui sosial media. Hal ini karena direntang tersebut, sosial media sangat dekat dengan kehidupan mereka.

Melakukan uji coba pemasaran

Selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah uji coba pemasaran. Jadi sebelum Anda meluncurkan suatu bisnis secara luas, ada baiknya untuk Anda melakukan uji coba pemasaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan produk Anda kepada konsumen.

Anda nantinya akan melihat siapa saja orang yang tidak tertarik dan tertarik dengan bisnis Anda. Hal ini tentu menjadikan Anda selalu berusaha membuka wawasan dalam melakukan evaluasi atas target market serta harga jual produk Anda.

Itulah cara menentukan target market untuk bisnis online yang sangat penting Anda jalankan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply