Tips Menemukan Produk Untuk Bisnis Online Anda

Bisnis online sering dikatakan sebagai cara mudah untuk sukses. Kenyataannya, hal tersebut tidaklah benar. Bila Anda tidak mengelola bisnis ini dengan benar, jangan harap Anda dapat sukses besar dan meraup keuntungan besar. Anda dapat mengalami kerugian dan masalah keuangan besar.

Salah satu masalah yang sering muncul dan menghambat sebuah bisnis online untuk maju adalah produk yang dijual. Seringkali, konsumen merasa kecewa setelah menerima produk yang mereka beli secara online. Artinya, diperlukan perhatian khusus saat Anda akan memilih produk yang Anda jual. Baik, pada waktu memulai bisnis ini atau pada saat menjalankannya.

Karena itulah, dibutuhkan perhitungan khusus saat memilih produk yang Anda pasarkan. Produk yang tepat sebenarnya dapat ditemukan dengan beberapa cara berikut ini.

Uji Pasar

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengenali pasar yang Anda bidik. Sama halnya dengan bisnis lain, bila Anda langsung mendirikan bisnis online tanpa mengetahui pasar Anda, maka hal tersebut sama saja dengan bunuh diri. Anda akan merugi, produk Anda tidak berhasil dan pada akhirnya, Anda terpaksa harus menutup bisnis online Anda.

Dengan mengetahui kondisi pasar yang Anda bidik, perilaku pasar dan apa yang dibutuhkan pasar, Anda akan menemukan area paling tepat untuk memasarkan produk Anda. Anda dapat menggunakan lapak gratis untuk menguji pasar dengan menempatkan produk Anda. Dari sini, Anda dapat mengetahui respon konsumen terhadap produk Anda.

Daya Saing

Dalam bisnis online, persaingan yang ada sangatlah ketat. Anda harus mengetahui daya saing dari produk yang Anda pasarkan. Hal ini dapat dilihat dari kualitas produk yang Anda tawarkan serta keunikan yang dimilikinya.

Jangan hanya meniru produk yang sedang tren, karena cara ini tidak akan membuat produk Anda dilirik oleh konsumen. Produk Anda harus mampu menciptakan tren tersendiri. Disinilah kejelian dan kreatifitas Anda sangat berperan.

Jarang Ada

Meskipun produk Anda unik, tetapi bila konsumen dapat memperolehnya di toko offline, maka produk Anda juga tidak akan laku. Jadi, produk yang tepat harusnya hanya dapat diperoleh di toko online Anda saja.

Kalaupun Anda memproduksi dan memasarkan produk yang sama dengan yang ada di toko offline, berikan keunikan tersendiri dan fungsi lebih yang tidak dapat ditemukan. Disini, artinya, Anda juga akan bersaing dengan toko offline untuk memasarkan produk Anda.

Ongkos Kirim

Ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan konsumen saat membeli produk secara online. Bila harga produk ternyata lebih murah daripada ongkos kirimnya, maka konsumen tidak akan membelinya.

Anda harus memperhitungkan hal ini sebelum memasarkan produk dari bisnis online Anda. Usahakan, agar ongkos kirim tidak lebih besar daripada harga produk yang Anda jual.

Leave a Reply