Cara Cerdas Investasi Tanah Agar Selalu Untung

Sebenarnya kalau bicara untung rugi, tidak akan pernah ada rugi ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah produk properti. Tidak hanya yang sudah dalam bentuk rumah, bahkan membeli tanah pun akan membuat kita mengalami keuntungan.

Terlebih harga tanah setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Dalam pembelian tanah, Anda akan merasakan kerugian yang sangat besar jika Anda membeli hari ini kemudian dijual besok, bulan depan atau di tahun ini karena keuntungan yang Anda dapatkan tidak akan sebesar ketika Anda menjual tanah yang sudah Anda beli di tahun ini untuk 4 atau 5 tahun lagi.

Agar Anda bisa selalu untung dan agar potensi keuntungan investasi tanah Anda selalu meningkat, berikut kami uraikan cara cerdas investasi tanah agar selalu untung yang Anda harus tahu dan pahami.

Investasi Tanah

Perhatikan dimana lokasi tanah

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi tanah, hal yang penting Anda perhatikan adalah penentuan lokasi tanah. Sebaiknya Anda pertimbangkan juga apakah di lokasi tertentu dimana Anda akan membeli tanah disana sering dilanda bencana atau tidak semisal banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Selain itu, orang-orang biasanya tidak suka lokasi tanah yang terlalu dekat dengan sesuatu yang tidak nyaman. Semisal lokasi tanah yang dekat dengan limbah pembuangan sampah karena tidak tahan dengan bau. Atau tanah di lokasi dekat hutan atau rawa karena disana terdapat banyak hewan liar dan tempatnya terlalu sepi.

Karena itu dalam pemilihan tanah, dimana lokasinya harus Anda pastikan untuk memilih sejeli mungkin. Ada baiknya juga Anda terlebih dahulu melakukan upaya komunikasi dengan warga atau notaris yang ada di sekitar lokasi tanah karena mereka tentu lebih tahu dibandingkan Anda tentang bagaimana sebenarnya kenyamanan Anda di lokasi tersebut.

Cek seperti apa kondisi tanah

Yang dimaksud dengan kondisi tanah tentu meliputi banyak hal diantaranya seperti bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah, menghadap kemana tanah tersebut dan semua hal-hal semacam itu penting untuk menjadi bahan pertimbangan Anda.

Legalitas dan kelengkapan surat

Mengenai legalitas tanah, semua itu ada kaitannya dengan hak atas tanah tertentu. Hak atas tanah sendiri bisa bermacam-macam diantaranya seperti hak sewa, hak milik, hak pakai dan sebagainya.

Jadi jika kemudian Anda membeli tanah yang tujuannya adalah untuk Anda miliki, pastikan bahwa hak yang Anda dapatkan merupakan hak milik atas tanah tersebut. Pastikan juga bahwa surat-surat dari tanah tersebut atau surat sertifikat hak miliknya lengkap dengan keabsahan yang sudah jelas. Konsultasikan dengan notaris jika diperlukan.

Lakukan negosiasi harga

Jika Anda memiliki peran sebagai pembeli dan Anda sedang mencari sebuah tanah, ketika Anda menemukannya Anda harus mencari kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh tanah tersebut. Bisa dari segi bentuk, lokasi, ukuran atau segi yang lainnya.

Hal ini perlu Anda lakukan agar dalam negosiasi nantinya Anda memiliki alasan yang kuat supaya tanah tersebut boleh dibeli dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi selama Anda berusaha menegosiasi, semua tak masalah tentunya.

Itulah cara cerdas investasi tanah agar selalu untung yang Anda bisa terapkan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply