Strategi Marketing di Instagram yang Bisa Diterapkan

Strategi Marketing di Instagram yang Bisa Diterapkan

Ingin jualan di instagram sukses dan laku pesat? Jika hal tersebut yang Anda inginkan, maka Anda harus pandai-pandai memanfaatkan akun sosial media instagram bisnis Anda dalam hal promosi atau marketing. Anda harus tahu dan pahami bahwa kunci sukses dalam marketing adalah tentang bagaimana strategi marketing itu dijalankan.

Hal tersebut menjadi indikator atau tolak ukur sebagai langkah kemajuan dalam bisnis yang Anda jalankan. Mengenai bagaimana strategi marketing di instagram yang penting untuk Anda terapkan, informasi selengkapnya bisa Anda simak berikut ini.

 

Ciptakan komunitas melalui hashtag

Hashtag pada akun instagram bisa dikatakan hampir sama dengan hashtag pada sosial media yang lain. Fungsi dari hashtag adalah untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Dengan dicantumkannya hashtag, hal tersebut menjadi sangat memungkinkan bagi foto dan video yang Anda post bisa dilihat oleh lebih banyak orang dibandingkan jika Anda tidak menyertakan hashtag.

Anda dapat menciptakan suatu komunitas melalui hashtag yang dapat Anda manfaatkan sebagai campaign di instagram atau untuk kepentingan yang lain. Sehingga para pengguna instagram yang memiliki rasa ketertarikan pada bidang start up dapat berbagi pengalaman mereka pada lingkungan komunitas tersebut.

Menyesuaikan tren bisnis dan followers

Strategi konten yang ditujukan terhadap suatu followers harus menyesuaikan dengan perkembangan tren secara khusus untuk target pasar Anda. Jadi jika Anda telah memahami suatu sasaran pasar, maka selanjutnya Anda dapat menentukan foto atau suatu video yang tepat untuk nantinya Anda sajikan kepada audiens Anda.

Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia

Instagram semakin hari terus melakukan pengembangan terhadap layanan pengguna dengan cara meningkatkan kecanggihan fitur-fitur yang ada didalamnya. Hal ini menjadikan pengguna dapat dengan lebih mudah memenuhi kebutuhan mereka secara khusus dalam rangka melakukan upaya pemasaran.

Seperti halnya dengan instagram story, fitur ini merupakan fitur yang dapat memberikan suatu informasi terhadap follower melalui cerita yang nantinya akan dibagikan dalam bentuk video real time atau gambar dengan waktu tayang otomatis dalam kurun waktu selama 24 jam.

Melalui berbagai macam fitur yang hadir tersebut, Anda tentu akan jauh lebih mudah dalam melakukan pengelolaan konten berupa video dan foto untuk menjadi post yang berkualitas sehingga akan jauh lebih memungkinkan untuk menarik perhatian calon pembeli atas suatu produk yang ditawarkan.

Jika Anda dapat melakukan pengoptimalan atas semua aspeknya, maka kualitas konten Anda juga akan jauh lebih maksimal pada akhirnya.

Lakukan promosi bisnis melalui kerjasama dengan pihak luar

Para pelaku bisnis selama ini memiliki upaya peningkatan penjualan produk melalui instagram. Semua itu dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui kerjasama dengan pihak luar yaitu dengan cara saling promosi akun terhadap audiens.

Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk semakin mempercepat peningkatan jumlah followers dari masing-masing akun yang melakukan kerjasama. Jika kemudian akun Anda diperkenalkan oleh akun lain terhadap followers, maka pada akhirnya promosi akun bisnis Anda akan semakin dikenal luas dan hal tersebut akan memungkinkan bagi followers untuk bertambah jauh lebih cepat.

Anda juga harus berhati-hati dalam memilih akun partner yang akan diajak bekerjasama. Anda harus mampu menentukan dulu mana akun yang sesuai atau sejalan dengan bisnis Anda dan mana yang tidak sesuai dengan bisnis Anda.

Itulah sedikit tips strategi marketing di Instagram yang bisa diterapkan. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan tools untuk optimasi akun instagram yang beredar dipasaran, baik yang gratis maupun berbayar.

Leave a Reply