Ciri-Ciri Tumbuhan Xerofit Beserta Contohnya

Menarik sudah pasti, berbicara tentang tumbuhan yang belum banyak orang mengetahuinya memang mempunyai daya tarik tersendiri. Sebenarnya tanaman ini begitu banyak ditemukan disekitar kita, cuman karena tidak adanya ilmu yang memadai maka, kita tidaklah sadar akan hal itu.

Tak sedikit dari orang-orang yang masih belum mengenal secara penuh dan menyeluruh mengenai apa itu dunia tumbuhan dengan segala keunikan dan manfaat yang dimilikinya. Padahal bisa dikatakan bahwa kehidupan kita sangat bergantung dan sangat bersinggungan erat dengan fungsi-fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan itu sendiri.

Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang memiliki jumlah cukup banyak di muka bumi. Untuk dapat membedakan jenis dari setiap tumbuhan tersebut terkadang merupakan suatu hal yang cukup susah. Terutama jika kita diharuskan untuk mencari perbedaan yang mendetail dan spesifik. Akan tetapi kita bisa mengelompokkan tumbuhan berdasarkan lokasi dimana dia hidup. Hal ini merupakan salah satu hal yang cukup mudah dan cukup umum untuk dilakukan.

Untuk itu, kita akan membahas salah satu hal yang menarik menurut penulis. Apa itu? Yaitu Ciri Tumbuhan Xerofit Beserta Contohnya. Langsung saja simak artikelnya di bawah ini.

Detail Informasi Seputar Tumbuhan Xerofit

Tumbuhan xerofit adalah jenis tumbuhan yang dapat beradaptasi secara sempurna pada daerah yang kering dan sangat minim sumber air. Daerah yang kering disini bisa saja sebuah gurun, maka dari itu tak mengherankan jika ada beebrapa jaringan tumbuhan pada tumbuhan xerofit yang sedikit berbeda dari tumbuhan yang lain. Adapun Ciri Tumbuhan Xerofit Beserta Contohnya ialah sebagai berikut :

1. Lapisan Kutikula tebal

Kutikula merupakan salah satu dari beberapa organ-organ pada tumbuhan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan. Pada jenis tumbuhan xerofit lapisan kutikula yang mereka miliki bisa dikatakan sangat tebal dan banyak. Jika biasanya kita hanya menemukan jaringan kutikula pada bagian daun saja. Maka, pada beberapa tumbuhan gurun jaringan kutikula ini hampir ditemukan pada seluruh bagian tumbuhan.

Dengan lapisan kutikula yang tebal inilah tumbuhan tersebut dapat memperlambat dan bahkan mengurangi secara penuh laju penguapan dari tubuhnya. Ketika laju penguapan berkurang, maka cadangan air yang mereka miliki akan jauh lebih besar. Hal ini bisa dikatakan sebagai salah satu dari beberapa jenis-jenis adaptasi yang dilakukan tumbuhan xerofit.

2. Bentuk daun yang lebar dan juga pipih

Jika membicarakan ciri-ciri tumbuhan xerofit yang berikutnya maka, daun adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik. fungsi daun bagi tumbuhan adalah untuk melaksanakan proses fotosintesis dan beberapa fungsi lain. Selain itu daun juga berfungsi dalam proses penguapan tumbuhan itu sendiri. pada tumbuhan xerofit bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Ada beberapa tumbuhan xerofit yang memiliki daun berbentuk runcing menyerupai duri.

Namun ada juga yang memiliki daun dengan luasan yang cukup lebar dan panjang. Setiap adaptasi bentukan daun tersebut memiliki satu tujuan yang sama, yaitu untuk menekan dan mengurangi jumlah penguapan yang terjadi.

3. Adanya Jaringan spons

Untuk ciri-ciri tumbuhan xerofit yang satu ini memang bisa dikatakan hampir semuanya memilikinya. Meskipun ada juga yang tidak memilikinya namun, masih dapat bertahan hidup di kawasan gurun. Keberadaan jaringan spons ini merupakan salah satu dari beberapa ciri-ciri tumbuhan kaktus yang sangat umum untuk diketahui. Keberadaan jaringan ini akan membantu tumbuhan xerofit untuk mengamankan cadangan air yang mereka miliki, maka tak mengherankan jika tumbuhan kaktus memiliki bentuk yang terlihat besar dan kokoh.

Namun, jika kita iris batangnya akan terasa sangat lunak dan terdiri dari banyak sekali kandungan air. Jaringan spons inilah yang memegang peranan penting dalam keberlangsungan dan kemandirian dari tumbuhan xerofit untuk tetap bertahan di iklim kering.

4. Jaringan akar yang dalam

Akar yang dimiliki oleh tumbuhan xerofit ini bisa dikatakan memiliki daya jelajah yang cukup dalam dan jauh. Hal ini memungkinkan tumbuhan tersebut untuk mendapatkan sumber-sumber air yang berada jauh di bawah tanah.

Contoh Tumbuhan Xerofit

Tak lengkap rasanya jika kita hanya membicarakan beberapa ciri-ciri tumbuhan xerofit saja. Tanpa harus membicarakan atau menyebutkan contoh tumbuhan yang tergolong jenis tumbuhan xerofit. Pada dasarnya ada beberapa jenis tumbuhan xerofit yang bisa kita amati dan ketahui, seperti

  • Kaktus
  • Aloe vera
  • Liliy gurun
  • Setawar
  • Pohon kurma
  • Sp Senseveria
  • Welwitschia mirabilis

Nah, bagaimana? Menarik bukan? Setiap tumbuhan ini memiliki ciri khusus yang bisa dikatakan sangat berbeda dengan tumbuhan pada umumnya. Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Ciri Tumbuhan Xerofit Beserta Contohnya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply