Sejarah Musik Reggae

Reggae menjadi salah satu musik yang populer dan mendunia, apalagi semenjak Bob Marley menjadi hitz di era 70an. Musik reggae ini menjadi populer karena nada irama dan musiknya yang enak didengar dengan tempo cenderung lebih lambat. Penasaran bagaimana sejarah musik reggae ini? Oke. Langsung saja kita bahas.

Asal Mula Musik Reggae

Musik reggae ini pada awalnya terinspirasi dari jenis musik New Orleans R&B, sedangkan untuk kota kelahiran musik reggae ini adalah Jamaika. Bagaimana bisa? Kronologinya adalah seperti ini, para musisi di Jamaika mendengarkan musik New Orleans R&B dari siaran radio amrik melalui radio transistor mereka.

Efeknya jenis musik New Orleans R&B ini menjadi terkenal pada tahun 60an. Musik tersebut menjadi pengiring tari dan diiringi oleh musik ska. Masalah muncul ketika musim panas tiba. Bayangkan ketika musim panas mereka menari dan bermusik di bawah sinar mentari yang terik. Pada akhirnya munculah suatu solusi yakni memperlambat lagunya. Semenjak itu maka lahirlah musik reggae dan sejarah musik reggae dimulai.

Sejarah Musik Reggae

Perkembangan Musik Reggae Hingga Mendunia

Setelah musik reggae ditemukan, musiknya mulai terkenal dan disukai banyak orang. Karena reggae merupakan jenis musik yang bukan hanya memberikan relaksasi akan tetapi memberikan kekuatan dan pesan tersendiri seperti pesan cinta, perdamaian, kesatuan dan bahkan dapat mengurangi ketegangan.

Tak salah apabila musik reggae mulai dinikmati seluruh kalangan bahkan mulai mendunia. Pada tahun 70an banyak sekali lagu lagu hitz beraliran musik reggae. Bahkan bintang bintang musisi reggae mulai bermunculan seperti Bob Marley & The Wailers, lalu ada Fugees, Stones, Clash, Eric Clapton dan masih banyak lagi.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa Bob Marley merupakan perintis musik reggae ini menjadi mendunia. Banyak sekali album musiknya yang mendunia dan dicintai oleh banyak orang. Dari lagu yang berjudul No Woman No Cry, One Love dan masih banyak lagu lainnya.

Bob Marley
Bob Marley

Barulah setelah Bob Marley muncul ini mulailah musisi reggae lain ikut bermunculan. Seperti Paul Simon, Perry Lee dan masih banyak lagi. Bahkan bisa dikatakan bahwa perkembangan musik reggae ini sangatlah cepat termasuk di daerah Amerika Serikat.

Selain itu musik reggae juga telah mempengaruhi bidang seni tari. Dimana budaya Dancehallnya jamaika menjadi budaya tari yang terkenal. Dimana tarian ini merupakan tarian yang memiliki plus sound system megawatt, rekaman yang ekslusif, iringan drum dan bass serta lantunan rapnya.

Begitulah perjalanan sejarah musik reggae hingga bisa mendunia. Yang dari awalnya merupakan musik yang berakar dari jenis musik New Orleans R&B lalu karena suatu keadaan temponya diperlambat dan lahirlah musik reggae ini. Awal mendunianya dipelopori oleh Bob Marley.

Leave a Reply