Istilah Istilah Dalam Internet

Ada banyak istilah-istilah dalam internet yang terkadang kamu tidak paham artinya, padahal bisa jadi istilah tersebut sangat penting. Nah apa saja sih istilah-istilah tersebut? Untuk mengetahui istilah-istilah yang dimaksud agar kamu tidak salah paham dalam menggunakan internet, kamu sudah berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi bermanfaat mengenai hal tersebut.

Sebagai gambaran, kenapa kamu terkadang tidak memahami arti dari beberapa istilah yang dimaksud dalam internet, hal ini dikarenakan istilah-istilah tersebut diserap dari bahasa asing. Bahasa asing yang menjadi sumber kata-kata yang ada di dalam internet mayoritas berasal dari Bahasa Inggris.

Nah, jika kamu tidak begitu memahami Bahasa Inggris, mungkin kamu akan kesulitan dalam memahami kata-kata yang digunakan dalam internet. Tetapi, jangan khawatir, setelah kamu membaca artikel ini, dijamin kamu pasti akan mengetahui makna dari setiap kata yang kamu gunakan dalam internet, sehingga kamu tidak salah paham lagi.

Istilah-istilah yang digunakan dalam koneksi Internet

Ketika kamu sedang terkoneksi dengan jaringan, maka kamu akan menemukan istilah-istilah dalam internet seperti 3G, 4G, bandwidth, browser/web browser, bookmark, dan buffering.

1. 3G

Third-generation technology (3G) adalah teknologi yang digunakan untuk mendukung aktivitas kita dalam berselancar menggunakan internet. 3G memiliki nama teknologi yang disebut UMTS atau Universal Mobile Telecommunication Service. Simbol koneksi ini biasanya dapat kita lihat di bagian kanan ponsel kita. Namun, karena saat ini jaringan 4G sudah tersedia di Indonesia, maka jaringan 3G sangat jarang sekali muncul, apalagi di kota-kota besar.

2. 4G

Jaringan 4G merupakan jaringan internet yang memungkinkan kita untuk berselancar dengan cepat di internet. Awalnya teknologi ini digunakan pertama kali di negara Swedia dan Norwegia pada tahun 2009 hingga pada akhirnya teknologi ini bisa dirasakan di negara kita, Indonesia. Namun sayangnya teknologi ini belum bisa mencapai seluruh daerah-daerah di Indonesia. Meskipun perkembangan teknologi jaringan ini bisa dibilang begitu cepat, tetapi masih banyak daerah-daerah terpencil di Indonesia yang belum bisa dijangkau oleh jaringan 4G, bahkan 3G.

3. Bandwidth

Jika diartikan secara langsung, maka bandwidth berarti lebar pita. Lebar pita yang dimaksud di sini adalah besarnya kapasitas transfer data yang melalui sebuah jaringan internet. Sehingga, semakin besar bandwidth yang digunakan dalam suatu jaringan internet, biasanya kecepatan internet kamu akan semakin kencang.

4. Browser/Web Browser

Browser atau web browser adalah aplikasi yang digunakan sebagai pintu untuk membuka jaringan internet atau mengakses suatu konten di internet. Kini, ada banyak browser yang populer digunakan oleh masyarakat, contohnya seperti Chrome, Internet Explorer, Bing, Mozilla, dan lain sebagainya. Melalui browser ini, kita dapat mengakses informasi apapun yang ada di dalam internet.

5. Bookmark

Bookmark atau penanda adalah suatu fungsi yang bisa digunakan oleh kamu untuk menyimpan beberapa halaman konten atau informasi yang tersedia di internet. Dengan menggunakan bookmark, kamu bisa suatu waktu balik ke alamat situs yang sama dengan cepat dan mudah tanpa khawatir lupa akan alamat situs yang dimaksud. Fitur bookmark biasanya ditemukan di setiap aplikasi browser yang kita gunakan.

6. Buffering

Bagi kamu yang sering nonton online melalui internet, terkadang kecepatan internet kamu lemot sehingga menyebabkan film atau video yang kamu tonton mengalami buffering. Nah buffering di sini adalah proses loading yang kamu alami ketika kamu sedang terkoneksi dengan jaringan internet. Jika jaringan internet yang kamu gunakan lambat, maka buffering yang terjadi biasanya semakin lama.

Setelah membaca dan memahami beberapa istilah-istilah dalam internet di atas, kami harap kamu bisa lebih bijak ketika sedang terkoneksi dengan internet.

Leave a Reply