Pengertian Virtual Office (Kelebihan dan Kekurangan)

Virtual Office, mungkin bagi sebagian orang kata-kata ini masih terdengar cukup asing. Mereka tidak tahu apa pengertian serta manfaat dari hal itu. Namun, ternyata virtual office ini berguna untuk mereka yang memulai bisnis startup. Hal ini disebabkan para pebisnis startup menggunakannya untuk efisiensi anggaran pada masa awal berdirinya startup tersebut.

Lalu, sebenarnya apa pengertian virtual office itu sendiri? Serta apa manfaat dari hal tersebut? Nah jika ingin mengetahuinya, mari simak ulasannya di artikel ini!

Pengertian Virtual Office (Kelebihan dan Kekurangan)

Definisi dari Virtual Office

Pengertian virtual office merupakan sebuah kantor yang dimana penyewanya hanya mempunyai alamat dari kantor itu saja dan tidak memiliki ruangan yang secara fisik di kantor tersebut. Secara mudahnya, virtual office adalah kantor yang hanya bisa dimiliki secara virtual oleh anda atau penyewa yang lain.

Di sini, startup atau perusahaan yang anda atau penyewa lain bangun terdaftar dalam kantor tersebut meski tidak memiliki ruangan di gedung kantor tersebut.

Nah, itulah definisi singkat dari virtual office. Selanjutnya yang perlu diketahui adalah manfaat dari virtual office itu untuk penyewa atau pemiliknya. Oleh karena itu, inilah beberapa manfaat dari virtual office yang perlu diketahui.

Manfaat dari Virtual Office

1. Hemat Biaya
Dengan adanya virtual office tak perlu menyewa gedung perkantoran yang mahal sehingga dapat menghemat biaya operasional dan biaya sewa gedung.

2. Hemat Waktu
Memiliki virtual office akan membuat pekerjaan bisa dikerjakan kapan saja tanpa harus datang ke kantor.

3. Lebih Fleksibel
Selain bisa bekerja kapan saja dengan virtual office anda juga bisa bekerja dimana saja, sehingga akan lebih fleksibel.

4. Meningkatkan Kepercayaan
Memiliki virtual office yang memiliki alamat di sebuah gedung perkantoran di pusat kota atau ibukota akan meningkatkan kepercayaan dari para klien karena perusahaan anda memiliki alamat yang jelas.

Kekurangan Virtual Office

1. Interaksi yang Kurang dari Pemilik Usaha dan Karyawannya
Memakai virtual office memang akan membuat interaksi langsung antara pemilik dan karyawannya jarang terjadi karena setiap karyawan bekerja secara remote. Pemilik usaha dan karyawan akan lebih sering berinteraksi melalui telepon atau chat sehingga akan jarang bertatap muka secara langsung.

2. Kerap Terhambat Masalah Teknis
Masalah teknis di sini adalah seperti listrik mati atau jaringan internet yang bermasalah. Perusahaan online yang memakai virtual office biasanya sering mengalami kendala seperti ini.

3. Karyawan Menjadi Kurang Fokus
Karyawan yang menjadi kurang fokus pada pekerjaan juga merupakan salah satu kelemahan dari virtual office. Hal ini karena mereka bekerja secara remote dan menjadi kesulitan untuk ditegur secara langsung. Maka jika anda memiliki perusahaan dengan virtual office sebaiknya lakukan evaluasi secara rutin atau adakan beberapa kali pertemuan dengan karyawan untuk memotivasi agar tidak hilang fokus.

Itulah pengertian virtual office secara singkat serta manfaat dan kekurangannya. Dengan adanya pembahasan di atas diharapkan untuk anda yang sedang memulai bisnis startup dapat lebih memahami tentang Virtual Office itu.

Leave a Reply