Proses Pembentukan Keringat

Berkeringat setiap kali berolahraga memang bukan hal yang aneh lagi. Terkadang malah orang-orang yang gemar berolahraga menyukai jika tubuhnya mengeluarkan keringat yang banyak saat melakukan aktivitas tersebut. Tapi, berkeringat juga bagi sebagian orang terasa menganggu karena akan menimbulkan bau dan badan terasa lengket serta tidak nyaman.

Namun bagi kalian yang sering berkeringat, apakah kalian tahu bagaimana proses pembentukan keringat di tubuh. Jika belum, maka di artikel ini kami akan jelaskan kepada anda tentang proses tersebut. Simak yang di bawah ini ya!

Proses dari Pembentukan Keringat di Tubuh

Ketika melakukan aktivitas fisik, tubuh akan menghasilkan panas dan pembuluh-pembuluh darah di kulit menjadi melebar. Hal itu menyebabkan darah banyak yang mengalir di daerah tersebut. Kemudian karena pangkal kelenjar keringat itu berhubungan dengan pembuluh darah akan menyebabkan penyerapan air, garam, serta sedikit urea di kelenjar keringat. Lalu air dan larutannya tersebut akan keluar bersama melalui ujung dari kelenjar keringat atau yang sering disebut pori-pori dan terjadilah berkeringat itu.

Berkeringat biasanya dipicu oleh beberapa faktor, seperti halnya peningkatan aktivitas tubuh, makanan (biasanya yang pedas ataupun panas), goncangan emosi, kondisi kesehatan serta meningkatnya suhu di lingkungan. Keringat yang keluar dari tubuh akan membawa hawa panas, jadi penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal. Lalu pada keadaan yang normal, keringat yang keluar dari tubuh adalah sekitar 50ml per jam-nya.

Setelah mengetahui tentang proses pembentukan keringat, perlu juga diketahui tentang manfaat dari berkeringat bagi tubuh dan kesehatan. Jadi, berikut ini adalah manfaat-manfaat tersebut.

  • Mengeluarkan racun dari tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membuat suhu tubuh tetap dingin
  • Melawan adanya infeksi
  • Dapat memperlancar sirkulasi darah
  • Mencegah penyakit asma
  • Dapat membakar kalori
  • Membantu dalam melawan penyakit
  • Menurunkan stress

Itulah beberapa manfaat dari berkeringat bagi tubuh. Tapi, selain olahraga kira-kira kegiatan apa saja ya yang dapat menghasilkan keringat? di bawah ini kami rangkumkan untuk anda beberapa aktivitas yang dapat membuat tubuh banyak berkeringat.

Aktivitas yang Menghasilkan Banyak Keringat

1. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga
Bersih-bersih rumah merupakan kegiatan yang menuntut tubuh untuk bergerak aktif. Tubuh yang bergerak secara aktif akan menghasilkan panas yang harus dibuang agar suhu tubuh tetap normal, maka menyebabkan adanya keringat.

2. Tidur
Tidur ternyata juga mampu membuat seseorang berkeringat. Hal ini karena ketika kita tidur tubuh akan mengeluarkan beberapa cairan yang akan menguap keluar dari pernapasan.

3. Bekerja di Ruangan yang Ada AC
Satu lagi kegiatan yang dapat membuat berkeringat adalah bekerja di ruang AC. Hal ini karena saat sedang berpikir dengan keras dan dalam tekanan, tubuh akan mengeluarkan keringat agar suhu tubuh tetap normal.

Demikianlah artikel ini membahas tentang proses pembentukan keringat beserta manfaat dan aktivitas yang dapat menyebabkan berkeringat. Semoga dengan ini, anda dapat lebih memahami lagi tentang bagaimana keringat itu terbentuk di dalam tubuh.

Leave a Reply