Penerapan Sosial Media Marketing untuk Bisnis Anda

Penerapan Sosial Media Marketing untuk Brand Anda

Dalam menjalankan suatu bisnis online saat ini, ada berbagai aspek penting yang harus diperhatikan. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan tersebut adalah bagaimana sosial media marketing tersebut bisa dioptimasi untuk menghadirkan nilai jual yang tinggi dan membantu kelancaran bisnis yang sedang dibangun dan dijalankan.

Dalam sosial media marketing sendiri, ada berbagai taktik penerapan sosial media marketing yang bisa dicoba. Apa sajakah taktik penerapan sosial media marketing tersebut? Disini kami akan bagikan informasinya untuk anda.

Layanan pelanggan disediakan melalui sosial media

Berdasarkan informasi dari salah satu situs web, kurang lebih sebanyak 67% konsumen menggunakan sosial media untuk layanan pelanggan. Namun dari jumlah tersebut ada banyak juga yang memutuskan berhenti berbisnis dengan sebuah perusahaan karena tidak suka dengan layanan pelanggan di sosial media yang mereka punya.

Karena itu dalam berbisnis online, layanan pelanggan itu merupakan suatu aspek yang sangat penting. Dengan layanan pelanggan yang tepat maka suatu bisnis akan lebih dipercaya dan pelanggan tidak akan kabur dari pembelian yang sudah dilakukan.

Memanfaatkan cover photo sebagai cara promosi visual

Trik sebagai taktik penerapan sosial media marketing yang selanjutnya bisa dijalankan adalah promosi visual. Mempengaruhi orang secara visual ini tentu menjadi suatu bagian yang sangat penting. Terdapat satu elemen tertentu di halaman yang selalu kita perhatikan dulu yaitu foto sampul atau cover photo.

Kini ada banyak aspek visual dimana Anda juga harus benar-benar memanfaatkannya. Hal ini penting karena ada banyak bisnis atau perusahaan yang sudah menggunakan foto sampul dimana untuk mempromosikan acara, diskon, webinar dan yang lainnya menjadi suatu bagian yang sangat penting.

Harus melibatkan karyawan

Sebuah platform sosial media tentu menawarkan sebuah kesempatan yang sangat besar bagi sebuah perusahaan untuk melibatkan karyawan mereka dalam melakukan kampanye sosial media marketing. Hanya saja yang menjadi masalah, saat ini masih sangat sedikit bisnis yang memanfaatkan adanya potensi tersebut.

Bayangkan saja apa yang nantinya akan terjadi jika semua karyawan Anda mengambil bagian didalam suatu kampanye promosi kemudian membagikan konten Anda bersama dengan teman-teman mereka di sosial media.

Hal yang semacam ini tentu akan membuat suatu peningkatan yang besar dalam jangkauan organik di sosial media. Sebagai contoh adalah Facebook, mereka memiliki karyawan yang senantiasa mempromosikan selalu konten dan juga brand mereka.

Anda tak akan melihat seperti apa promosi tentang pertumbuhan serta aktivitas di sosial media Facebook hanya dihalaman penggemar paling utama. Berita serta juga opini yang dapat menjangkau semakin jauh di sosial media akan dimanfaatkan juga. Nah, Anda juga bisa melakukan langkah dan metode yang sama.

Namun Anda tak boleh sampai memaksa karyawan mempromosikannya. Cari orang yang memang ingin melakukan dan berikan kepada mereka kesempatan untuk melakukannya agar hasilnya juga jauh lebih optimal.

Lakukan survey audience secara real time

Survey tentu memberikan banyak manfaat untuk suatu perusahaan. Adapun beberapa manfaat dari adanya survey yang dilakukan oleh suatu perusahaan diantaranya:

  • Mendapatkan informasi tentang persepsi audience mengenai produk atau layanan melalui suatu survey.
  • Sangat mudah bagi sebuah perusahaan dalam melakukan survey.
  • Hasil dari suatu survey akan sangat memungkinkan bagi suatu organisasi untuk membuat sebuah keputusan yang tepat.

Lakukan kerjasama dengan follower dan influencer

Ada banyak bidang bisnis yang pada akhirnya sadar dan kemudian memanfaatkan kekuatan influencer marketing. Jika Anda bukan salah satu bagian dari mereka, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk Anda memulainya.

Terlebih jika Anda memiliki kemampuan untuk membangun hubungan dengan para influencer, tentu Anda dapat meminta terhadap mereka untuk melakukan promosi kampanye Anda dimana hal ini akan berpotensi menjadikan konten Anda tersedia dengan kapasitas potensi yang sangat besar terhadap bisnis yang tengah Anda jalankan.

Itulah beberapa taktik penerapan sosial media marketing yang Anda bisa coba sedari sekarang. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply