Perbedaan Notebook dan Netbook

Penting untuk mengetahui perbedaan notebook dan netbook, karena keduanya adalah peralatan-peralatan penting yang mendukung pekerjaan Anda sehari-hari. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa notebook dan netbook adalah barang yang sama. Dan kenyataannya, keduanya adalah berbeda. Notebook dan netbook pun dapat Anda bawa kemana-mana, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk bisa mengerjakan pekerjaan atau tugas-tugas di mana pun Anda berada.

Beda Notebook dan Netbook

Perbedaan dari kedua perangkat tersebut tentunya wajib untuk diketahui agar Anda tidak salah memilih ketika sedang membelinya. Lalu, apakah yang menjadi perbedaan dari keduanya?

1. Berat

Notebook dan netbook memiliki berat yang berat berbeda. Ukuran dari netbook lebih kecil dengan dimensi layarnya yang kecil. Dengan berat sekitar 2 kilogram, sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana karena tidak terlalu berat. Sedangkan jika dibandingkan dengan notebook, keringanan masih menjadi milik netbook. Walaupun saat ini telah banyak notebook yang keluar dengan desain yang tipis.

2. Prosesor

Prosesor pada netbook dan notebook memiliki perbedaan. Pada umumnya untuk netbook menggunakan prosesor kelas bawah dan terkadang juga lambat jika Anda menggunakannya untuk pengerjaan-pengerjaan yang berat. Hal ini dikarenakan netbook yang sering untuk dibawa kemana-mana dan bermaksud untuk lebih menghemat daya. Sehingga digunakanlah prosesor dengan kelas bawah. Sedangkan untuk notebook tersedia dengan prosesor dari yang kelas bawah hingga yang kelas atas.

3. Dimensi Layar

Bagian layarlah yang biasanya tampak jelas untuk dijadikan pembeda apakah itu notebook atau netbook. Untuk notebook biasanya berukuran 12 hingga 17 inch. Dan untuk netbook biasanya berukuran 7 hingga 11 inch.

4. Adanya DVD Room

Hal ini dapat dengan mudah bagi Anda untuk mengetahuinya. Untuk notebook biasanya dilengkapi dengan DVD room. Hal ini dikarenakan notebook memiliki area yang lebih luas sehingga memungkinkan untuk adanya DVD room. Sedangkan untuk netbook tidak memiliki DVD room karena desainnya yang lebih kecil dan tidak memungkinkan adanya DVD room.

5. RAM

RAM juga menunjukkan akan perbedaan notebook dan netbook. RAM pada notebook memiliki kisaran ukuran antara 4GB atau lebih. Sedangkan netbook memiliki ukuran maksimal sebesar 4GB.

Tips Membawa Notebook dan Netbook Yang Baik dan Benar

Untuk menghindari adanya kerusakan pada gadget portable Anda ini, ada beberapa tips bagi Anda ketika sedang membawanya.

1. Kurangi Barang Bawaan
Usahakan agar di tas Anda tidak banyak membawa barang. Hal tersebut bisa saja menekan notebook atau netbook Anda dan bisa mengakibatkan kerusakan pada layar LCDnya.

2. Sesuaikan Dengan Ukuran Tas
Pastikan dahulu ukuran tas yang akan Anda gunakan untuk membawanya. Sehingga tidak terlalu kekecilan.

3. Aksesoris Letakkan Terpisah
Usahakan untuk meletakkan aksesoris, seperti mouse, charger, dan lainnya secara terpisah untuk menghindari adanya kerusakan atau goresan.

Mudah bukan untuk membedakan keduanya. Dengan begitu, ketika Anda sudah mengetahui perbedaan notebook dan netbook dan akan membelinya tidak akan kesulitan lagi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply