Kamera Buat Vlog untuk Vlogger Pemula

Untuk menghasilkan video blog atau vlog yang berkualitas dan ditonton oleh banyak orang tentu membutuhkan kamera yang mumpuni. Kamera buat vlog saat ini sudah banyak ditemukan di pasaran mulai dari kamera action, mirrorless bahkan dslr. Ketiga jenis kamera itu bisa digunakan untuk membuat vlog yang berkualitas. Semakin maraknya konten video blog membuat perusahaan kamera berlomba-lomba menghadirkan kamera vlog dengan kualitas terbaik.

Tidak hanya itu, banyak perusahaan yang menyediakan berbagai ukuran kamera agar nyaman dan mudah untuk digunakan. Tentunya dengan kemampuan dan kualitas yang juga mumpuni dan mampu bersaing. Berikut ada beberapa kamera yang bisa digunakan untuk membuat vlog. Yuk simak informasinya!

1. Fujifilm X-A5

kamera buat vlog Fujifilm X-A5

Kamera mirrorless buatan Fujifilm ini sangat cocok dijadikan sebagai kamera buat vlog. Fujifilm X-A5 memiliki desain yang compact dan dilengkapi dengan lensa kit 15-54mm. Kamera ini memiliki kemampuan untuk melakukan zoom maksimal dan layarnya dapat ditarik ke bagian atas. Jadi lebih memudahkan saat sedang mengambil video untuk dijadikan blog.

Selain itu, layarnya juga bisa diubah sampai 180 derajat dan memiliki panel sentuh. Resolusi kameranya mencapai 24.2 MP dan dilengkapi dengan sensor CMOS. Memiliki fitur high-speed movies dan juga slow motion playback. Kamera ini juga mampu merekam dengan format 4K dan maksimum ratenya 15fps.

Baca juga: Perbedaan Kamera Mirrorless dengan DSLR

2. Sony Cyber Shot DSC-W830

Sony Cyber Shot DSC-W830

Kamera buatan Sony yang satu ini bisa juga dijadikan kamera buat vlog dengan kualitas yang baik. Cyber-shot DSC-W830 ini memiliki resolusi kamera yang mencapai 20.1 MP. Jenis kamera ini seringkali digunakan oleh para pembuat konten video pemula yang ingin membuat konten. Meskipun harganya murah tapi kualitas yang diberikan tidaklah murahan sehingga banyak vlogger yang menyukai kamera ini.

Kamera ini memiliki desain yang simpel dan ukurannya kecil jadi mudah dibawa kemana-mana. Namun walaupun kecil, kamera ini memiliki mode fokus yang cukup mumpuni. Ada mode Multi Point AF, Center Weighted, Tracking Focus, Spot AF, dan Face Tracking Focus. Tidak hanya itu, kamera ini juga memiliki fitur berupa Sweep Panorama sebesar 360 derajat sehingga bisa menangkap objek secara menyeluruh.

3. Canon PowerShot SX430 IS

kamera buat vlog Canon PowerShot SX430 IS

Salah satu kamera buat vlog terbaik buatan Canon adalah series PowerShot SX340 IS. Bahkan kamera series ini juga menjadi salah satu kamera terbaik yang dirilis oleh Canon. Kamera ini mempunyai sensor kamera CMOS yang besar yaitu 20.5 MP. Sementara lensanya memiliki kemampuan zoom optic 45x dengan jangka 35mm.

Canon juga menanamkan Image Stabilizer pada series ini sehingga mampu menghasilkan gambar dan juga video yang jernih. Dilengkapi dengan layar yang berukuran 3 inch sehingga cukup nyaman saat digunakan untuk membuat konten video.

4. Nikon D5600

kamera buat vlog Nikon D5600

Kamera DSLR yang satu ini juga cocok dijadikan kamera buat vlog. Nikon D5600 memiliki ukuran yang lebih kecil dan tentunya ringan untuk kamera sekelas DSLR. Meskipun kecil, kualitas video dan  gambar yang dihasilkan dari kamera ini sangat bagus.

Bagi para pemula yang ingin membuat konten video kamera ini bisa dijadikan pilihan. Hal ini dikarenakan lensanya menggunakan lensa 18-55mm VR dan sudah ada fitur Pluse autofocus, transisi fokus yang sangat halus sehingga hasil video lebih epic. Tipe kamera ini juga sudah memiliki layar yang bisa diputar sehingga bisa mengambil video dari berbagai angel.

5. GoPro Hero 7 (Black)

GoPro Hero 7 (Black)

Kamera action juga bisa dijadikan sebagai kamera buat vlog lho. Salah satu kamera action terbaik yang sudah sering dijadikan kamera untuk membuat sebuah konten video adalah GoPro Hero 7 (Black). Pada kamera ini disematkan fitur HyperSmooth jadi membuat video akan lebih stabil meskipun ada guncangan. Meskipun saat mengambil video dalam keadaan berlari atau dalam kendaraan sekalipun hasilnya akan tetap stabil.

GoPro Hero 7 (Black) memiliki kemampuan merekam sampai 1080p hingga 249 fps. Kualitas audionya pun terbilang jernih sehingga banyak vlogger yang menggunakan kamera action ini untuk membuat konten video. Selain itu, kamera action buatan GoPro ini bisa juga digunakan untuk live streaming di media sosial dan juga Youtube. Menarik, bukan?

Baca juga: 6 Action Camera Terbaik Paling Populer

Itulah 5 kamera buat vlog terbaik yang bisa dipilih untuk membuat konten video. Dengan menggunakan kamera berkualitas baik tentu hasil video akan lebih bagus dan lebih jernih.  Mengabadikan momen sehari-hari pun akan lebih menyenangkan. Apabila kualitas video yang dihasilkan baik, maka akan banyak orang yang tertarik untuk menonton dan melihat berbagai hasil video yang dibuat.

Leave a Reply